Fikih I’tikaf (Bag. 7)

1
363

๐ŸŒฟ๐ŸŒบ๐Ÿ‚๐Ÿ€๐ŸŒผ๐Ÿ„๐ŸŒท๐Ÿ

๐Ÿ“ Ustadz Farid Nu’man Hasan

๐Ÿ“š Makna Masjid dan Batasannya

Secara bahasa (lughah) masjid adalah:

ุจูŽูŠู’ุชู ุงู„ุตู‘ูŽู„ุงูŽุฉู ุŒ ูˆูŽู…ูŽูˆู’ุถูุนู ุงู„ุณู‘ูุฌููˆุฏู ู…ูู†ู’ ุจูŽุฏูŽู†ู ุงู„ุฅู’ูู†ู’ุณูŽุงู†ู ูˆูŽุงู„ู’ุฌูŽู…ู’ุนู ู…ูŽุณูŽุงุฌูุฏู

Rumah untuk shalat, dan tempat sujud bagi badan manusia, jamaknya adalah masajid. (Al Mausuโ€™ah Al Fiqhiyah Al Kuwaitiyah, 37/194)

Sedangkan, secara istilah terdapat pendefinisian yang banyak dari para ulama, di antaranya:

 ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ูŽุง ุงู„ู’ุจููŠููˆุชู ุงู„ู’ู…ูŽุจู’ู†ููŠู‘ูŽุฉู ู„ูู„ุตู‘ูŽู„ุงูŽุฉู ูููŠู‡ูŽุง ู„ูู„ู‘ูŽู‡ู ููŽู‡ููŠูŽ ุฎูŽุงู„ูุตูŽุฉูŒ ู„ูŽู‡ู ุณูุจู’ุญูŽุงู†ูŽู‡ู ูˆูŽู„ูุนูุจูŽุงุฏูŽุชูู‡ู

โ€œRumah-rumah yang yang dibangun untuk shalat di dalamnya, ikhlas hanya untuk Allah semata dan untuk mengibadahi Nya.โ€ ( Imam An Nasafi, Madarik At Tanzil, 4/1-3. Darl Kutub Al โ€˜Arabi, Beirut)

ูˆูŽูƒูู„ ู…ูŽูˆู’ุถูุนู ูŠูู…ู’ูƒูู†ู ุฃูŽู†ู’ ูŠูุนู’ุจูŽุฏูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูููŠู‡ู ูˆูŽูŠูุณู’ุฌูŽุฏูŽ ู„ูŽู‡ู ู„ูู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ : ุฌูุนูู„ูŽุชู’ ู„ููŠ ุงู„ุฃู’ูŽุฑู’ุถู ู…ูŽุณู’ุฌูุฏู‹ุง ูˆูŽุทูŽู‡ููˆุฑู‹ุง

โ€œSetiap tempat yang memungkinkan di dalamnya untuk menyembah Allah dan bersujud kepadaNya, sebab sabdanya Shallallahu โ€˜Alaihiwa Sallam: โ€œDijadikan bagiku bumi sebagai masjid dan suci.โ€   ( Imam Al Qurthubi, Al Jamiโ€™ Li Ahkamil Quran, 2/78. Darul Kutub Al Mishriyah)

Berkata Syaikh Nashir bin Abdul Karim Al โ€˜Aql* Hafizhahullah, sebagai berikut:

ุงู„ู…ุณุฌุฏ ู‡ูˆ ู…ูƒุงู† ุงู„ุตู„ุงุฉ ู„ู„ุฌู…ุงุนุฉ ูˆู„ู„ุฌู…ุนุฉ ุŒ ูˆูƒู„ ู…ุง ุงุชุฎุฐู‡ ุงู„ู†ุงุณ ู…ุตู„ู‰ ูู‡ูˆ ู…ุณุฌุฏ ุ› ู„ุฃู† ุงู„ู†ุจูŠ -ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…- ู‚ุงู„ : ยซ ูˆุฌูุนู„ูŽุช ู„ูŠ ุงู„ุฃุฑุถ ู…ุณุฌุฏุง ูˆุทู‡ูˆุฑุง ยป ุŒ ูˆุฅู† ูƒุงู† ู…ุณู…ู‰ ุงู„ู…ุณุฌุฏ ุตุงุฑ ุฃุฎุต ู…ู† ุณุงุฆุฑ ุงู„ุฃุฑุถ . ูˆุงู„ู…ุณุฌุฏ ููŠ ุงู„ุฅุณู„ุงู… ุŒ ูˆูƒู…ุง ูƒุงู† ููŠ ุนู‡ุฏ ุงู„ู†ุจูŠ -ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…- ู„ูŠุณ ู…ูƒุงู† ุฅู‚ุงู…ุฉ ุงู„ุตู„ุงุฉ ูุญุณุจ ุŒ ุจู„ ูƒุงู† ู…ู†ุทู„ู‚ ุฃู†ุดุทุฉ ูƒุซูŠุฑุฉ . . . ููƒุงู† ุงู„ู†ุจูŠ -ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…- ูŠุนู‚ุฏ ููŠู‡ ุงู„ุงุฌุชู…ุงุนุงุช ุŒ ูˆูŠุณุชู‚ุจู„ ููŠู‡ ุงู„ูˆููˆุฏ ุŒ ูˆูŠู‚ูŠู… ููŠู‡ ุญู„ู‚ ุงู„ุฐูƒุฑ ูˆุงู„ุนู„ู… ูˆุงู„ุฅุนู„ุงู… ุŒ ูˆู…ู†ุทู„ู‚ ุงู„ุฏุนูˆุฉ ูˆุงู„ุจุนูˆุซ ุŒ ูˆูŠุจุฑู… ููŠู‡ ูƒู„ ุฃู…ุฑ ุฐูŠ ุจุงู„ ููŠ ุงู„ุณู„ู… ูˆุงู„ุญุฑุจ . ูˆุฃูˆู„ ุนู…ู„ ุฐูŠ ุจุงู„ ุจุฏุฃู‡ ุงู„ู†ุจูŠ -ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…- ุญูŠู† ู‚ุฏู… ุงู„ู…ุฏูŠู†ุฉ ู…ู‡ุงุฌุฑุง ุฃู† ุดุฑุน ููŠ ุจู†ุงุก ุงู„ู…ุณุฌุฏ ุŒ ูˆูƒุงู† ุงู„ู†ุจูŠ -ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…- ุฅุฐุง ู‚ุฏู… ุฃู† ุณูุฑ ุจุฏุฃ ุจุงู„ู…ุณุฌุฏ ุŒ ูƒู…ุง ูˆุฑุฏ ููŠ ุงู„ุตุญูŠุญ

โ€œMasjid adalah tempat shalat bagi (shalat) jamaah dan shalat jumat, dan setiap tempat yang dijadikan oleh manusia sebagai tempat shalat maka itu adalah masjid.

Karena Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam bersabda: โ€œDijadikan untukku bumi sebagai masjid yang suci.โ€ Sesungguhnya penamaan masjid merupakan sesuatu yang lebih khusus dibanding semua bagian bumi. Dan, masjid dalam Islam, sebagaimana pada masa Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam bukanlah hanya tempat shalat semata, bahkan di sana menjadi titik tolak aktifitas yang banyak …

Dahulu Nabi Shallalahu โ€˜Alaihi wa Sallam pernah mengikat (mengadakan) berbagai perkumpulan, menerima utusan, dan mendirikan berbagai halaqah dzikir, ilmu, dan informasi, mengirim daโ€™i dan utusan, memperkuat segala urusan yang terkait hal perdamaian dan perang.

Aktifitas pertama yang dimulai oleh Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam ketika datang hijrah ke Madinah adalah menetapkan pembangunan masjid, dan Nabi Shallalahu โ€˜Alaihi wa Sallam, jika datang dari berpergian juga mampir ke masjid dulu, sebagaimana diriwayatkan dari hadits shahih.โ€ ( Syaikh Nashir bin Abdul Karim Al โ€˜Aql, Atsarul โ€˜Ulama fi Tahqiqi Risalatil Masjid, Hal. 12. Mawqiโ€™ Al Islam)

Ada pun yang menjadi batasan masjid telah terjadi perbedaan para ulama, namun pandangan yang lebih mengena adalah ruang apa pun yang padanya jamaah sudah layak melakukan shalat tahiyatul masjid, maka dia termasuk bagian masjid.

Maka, taman masjid, parkiran, ruang perpustakaan, aula yang disewakan, bukanlah termasuk masjid walau mereka di lingkungan sekitar atau area masjid.

Sebab, tempat-tempat ini tidak lazim digunakan untuk tahiyatul masjid, dan biasanya manusia tidak akan berfikir tahiyatul masjid di dalamnya. Sehingga jika muโ€™takif (orang yang Iโ€™tikaf) ke tempat-tempat ini tanpa hajat yang syarโ€™i, maka Iโ€™tikafnya terputus.

Wallahu Aโ€™lam

๐Ÿ”นBersambung๐Ÿ”น

๐ŸŒฟ๐ŸŒบ๐Ÿ‚๐Ÿ€๐ŸŒผ๐Ÿ„๐ŸŒท๐Ÿ๐ŸŒน


Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis

Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial

๐Ÿ“ฑInfo & Pendaftaran member : https://bit.ly/Joinmanis

๐Ÿ’ฐ Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/6285279776222
wa.me/6287782223130

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here