Pertanyaan
Assalamu’alaikum Wr wb
Mohon izin bertanya..
Ada seorang wanita yg dahulu ketika masih pelajar bernazar akan puasa 2 pekan jika diterima masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Tapi nazar tersebut belum sempat dilaksanakan hingga sekarang sudah menikah dan punya anak. (Sekarang sedang masa menyusui).
Pertanyaannya : apakah nazar tersebut bisa digantikan dengan membayar kafarat? Mengingat keadaan sekarang yg belum mampu melaksanakan puasa karena sedang menyusui. Khawatir jika tidak ada umur, maka apakah diperkenankan membayar kafarat?
Mohon penjelasannya. Jazakalloh khoiron.Wassalamu’alaikum.wr.wb.
#i 09
๐ฟ๐บ๐๐ป๐ผ๐ธ๐๐ท๐น
Jawaban
โOleh: Ustadz Farid Nu’man Hasan
Wa’alaikumussalam wa Rahmatullah wa Barakatuh. Bismillah wal hamdulillah wash shalatu was Salamu ‘ala Rasulillah wa Ba’d:
Sebaiknya nadzar dengan yang mudah dan mungkin dilaksanakan seperti menyembelih qurban, hindari dengan yang berat dan menyulitkan, tetapi jika dia merasa mampu menjalankannya silahkan saja.
Hal ini sesuai riwayat berikut:
ููุนููู ุฌูุงุจูุฑู – ุฑุถู ุงููู ุนูู – – ุฃูููู ุฑูุฌููุงู ููุงูู ููููู ู ุงูููููุชูุญู: ููุง ุฑูุณูููู ุงููููููู! ุฅููููู ููุฐูุฑูุชู ุฅููู ููุชูุญู ุงููููููู ุนููููููู ู ููููุฉู ุฃููู ุฃูุตูููููู ููู ุจูููุชู ุงูููู ูููุฏูุณู, ููููุงูู: “ุตูููู ููุง ููููุง” . ููุณูุฃููููู, ููููุงูู: “ุตูููู ููุง ููููุง”. ููุณูุฃููููู, ููููุงูู: “ุดูุฃููููู ุฅูุฐูุง” – ุฑูููุงูู ุฃูุญูู ูุฏู, ุฃูุจูู ุฏูุงููุฏู, ููุตูุญููุญููู ุงูููุญูุงููู ู
Dari Jabir Radhiallahu โAnhu, bahwa ada seorang laki-laki berkata pada hari Fathul Makkah: โWahai Rasulullah, aku telah bernadzar jila Allah menaklukan kota Mekkah untukmu, aku akan shalat di Baitul Maqdis (Masjidil Aqsha).โ Nabi bersabda: โShalat di sini saja.โ Orang itu meminta lagi. Nabi menjawab: โShalat di sini saja.โ Orang itu masih meminta lagi. Maka Nabi menjawab: โKalau begitu terserah kamu.โ
(HR. Ahmad, Abu Daud, dan dishahihkan oleh Al Hakim)
Jika akhirnya tidak mampu melaksanakan nadzarnya, dia boleh membatalkan nadzarnya dengan melakukan Kaffarat Nadzar sebagaimana kaffarat sumpah, sebagaimana hadits:
ูููููุงุฑูุฉู ุงููููุฐูุฑู ูููููุงุฑูุฉู ุงููููู ูููู
Kaffarat nadzar itu sama dengan kaffarat sumpah.
(HR. Muslim No. 1645)
๐Bagaimana caranya?
1. Dengan memberikan makan kepada 10 fakir miskin masing-masing sebanyak satu mud gandum (atau disesuaikan dengan makanan dan takaran masing-masing negeri), atau mengundang mereka semua dalam jamuan makan malam atau siang sampai mereka puas dan kenyang, dengan makanan yang biasa kita makan.
2. Atau memberikan pakaian yang sah untuk shalat. jika fakir miskin itu seorang wanita, maka sebagusnya mesti dengan kerudungnya juga.
3. Atau memerdekakan seorang budak
4. Jika semua tidak sanggup, maka shaum selama tiga hari, boleh berturut-turut atau tidak.
Ketetapan ini sesuai firman Allah Taโala sebagai berikut:
Maka kaffarat (melanggar) sumpah itu, ialah memberi Makan sepuluh orang miskin, Yaitu dari makanan yang biasa kamu berikan kepada keluargamu, atau memberi pakaian kepada mereka atau memerdekakan seorang budak. barang siapa tidak sanggup melakukan yang demikian, Maka kaffaratnya puasa selama tiga hari. yang demikian itu adalah kaffarat sumpah-sumpahmu bila kamu bersumpah (dan kamu langgar). dan jagalah sumpahmu. Demikianlah Allah menerangkan kepadamu hukum-hukum-Nya agar kamu bersyukur (kepada-Nya). (QS. Al Maidah: 89)
Kaffarat ini bukan hanya bagi orang yang tidak sanggup menjalankan nadzarnya, tetapi juga bagi orang yang masih bingung menentukan nadzarnya mau ngapain lalu dia putuskan membatalkannya, juga bagi yang nadzar dengan maksiat.
Hal ini sebagaimana hadits berikut dari Ibnu Abbas secara marfuโ:
ู ููู ููุฐูุฑู ููุฐูุฑูุง ููู ู ููุณูู ููููุ ูููููููุงุฑูุชููู ูููููุงุฑูุฉู ููู ููููุ ููู ููู ููุฐูุฑู ููุฐูุฑูุง ููู ู ูุนูุตูููุฉูุ ูููููููุงุฑูุชููู ูููููุงุฑูุฉู ููู ููููุ ููู ููู ููุฐูุฑู ููุฐูุฑูุง ููุง ููุทูููููู ูููููููุงุฑูุชููู ูููููุงุฑูุฉู ููู ููููุ ููู ููู ููุฐูุฑู ููุฐูุฑูุง ุฃูุทูุงูููู ูููููููู ุจูููยป
Barang siapa yang bernadzar dan dia belum tentukan, maka kafaaratnya sama dnegan kaffarat sumpah. Barang siapa yang bernadzar dalam hal maksiat, maka kaffaratnya sama dengan kaffarat sumpah, dan barang siapa yang nadzar dengan hal yang dia tidak sanggup maka kaffaratnya sama dengan kaffarat sumpah, dan siapa yang nadzarnya dengan sesuatu yang dia mampu, maka hendaknya dia penuhi nadzarnya.
(HR. Abu Daud No. 3322. Hadits ini didhaifkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih wa Dhaif Sunan Abi Daud No. 3322. Sementara Imam Ibnu Hajar mengatakan dalam Bulughul Maram: โIsnadnya shahih, hanya saja para huffazh lebih menguatkan bahwa ini hanyalah mauquf.โ Mauquf maksudnya terhenti sebagai ucapan sahabat nabi saja, yakni Ibnu Abbas, bukan marfuโ /ucapan nabi. )
Wallahu Aโlam
๐ท๐ธ๐ท๐ธ๐ท๐ธ๐ท๐ธ
Dipersembahkan oleh : www.manis.id
Follow IG MANIS : https://www.instagram.com/majelis_manis/?igshid=YmMyMTA2M2Y%3D
Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial
๐ฑInfo & Pendaftaran member : https://bit.ly/gabungmanis
๐ฐ Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/6285279776222
wa.me/6287782223130