Pertanyaan
Assalamualaikum. Bagaimana hukum bagi orang yang dalam sholatnya kurang khusyu? [Manis A40]
๐ฟ๐บ๐๐ป๐๐ธ๐ผ๐ท๐น
Jawaban
Oleh: Ustadzah Sri Wisnu Karang Seto
ู ุนูููู ุงูุณูุงู ู ุฑุญู ุฉ ุงููู ู ุจุฑูุงุชู ุ
Pendapat pertama, menurut jumhur ulama khusyuโ bukan syarat sah shalat atau rukunnya. Ia hanya sunnah dalam shalat. Jika tidak ada khusyuโ di dalam shalat, maka tidak ada kewajiban menggantinya (mengqadla) atau mengulangnya. Namun pahalanya berkurang. Jadi tidak khusyuโ itu tidak membatalkan shalat.
Menurut Imam Nawawi, ijma ulama menyatakan khusyuโ tidak wajib, karena tidak ada ulama yang menyatakan wajibnya khusyuโ. Ibnu Hajar menambahkan, khusyuโ merupakan penyempurna shalat dan sunnah dalam shalat.
Ada juga pendapat cabang dari pendapat jumhur yakni Ar-Razi yang menyatakan, khusyuโ adalah syarat sah dan bukan syarat diterimanya.
Pendapat kedua, menurut Imam Al-Ghazali, Ibnu Hamid (pengikut Imam Ahmad), Ibnu Taimiyah, khusyuโ hukumnya wajib dalam shalat. Pendapat ini berdasarkan sejumlah dalil:๏ฟผ
Firman Allah,
{ุฃููุง ูุชุฏุจุฑูู ุงููุฑุขู} (ุงููุณุงุก: 82)
โMaka apakah mereka tidak mentadabburkan (memperhatikan) Al-Quran? Kalau sekiranya Al-Quran itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya,โ
(QS An-Nisaโ: 82).
Tadabbur hanya bisa dengan khusyuโ.
{ุฃูู ุงูุตูุงุฉ ูุฐูุฑู} (ุทู: 14)
โSesungguhnya Aku Ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang haq) selain aku, Maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku,โ (QS Thaha: 14).
Tujuan shalat adalah untuk mengingat Allah dan itu hanya bisa dicapai dengan khusyuโ.
{ููุง ุชูู ู ู ุงูุบุงูููู} (ุงูุฃุนุฑุงู: 205)
โDan sebutlah (nama) Tuhannmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai,โ(QS Al-Aโraf: 205).
Dalam ayat ini Allah melarang Rasulullah agar tidak menjadi orang yang lalai, terutama dalam shalat. Sementara lalai notabene bertentangan dengan khusyuโ. Dalil lain adalah beberapa hadits Nabi. Di antaranya;
ุฑูู ุนู ุงููุจู ( ุตูู ุงููู ุนููู ูุขูู ูุณูู ) ู ุณูุฏุง :ยซุฅู ุงูุนุจุฏ ููุตูู ุงูุตูุงุฉ ูุง ููุชุจ ูู ุณุฏุณูุง ููุง ุนุดุฑูุงุ ูุฅูู ุง ููุชุจ ููุนุจุฏ ู ู ุตูุงุชู ู ุง ุนูู ู ููุง
Rasulullah bersabda, โSungguh seorang hamba shalat dengan satu shalat, tidak ditulis baginya (pahala) seperenam atau sepersepuluhnya. Namun shalatnya ditulis apa yang dipahaminya,โ (Hilyatul auliyaโ).
ุนู ู ุนุงุฐ ุจู ุฌุจู: ู ู ุนุฑู ู ู ุนูู ูู ููู ูุดู ุงูู ู ุชุนู ุฏุงู ููู ูู ุงูุตูุงุฉ ููุง ุตูุงุฉ ูู
Dari Muadz bin Jabal, ia berkata,โBarangsiapa yang mengetahui orang di sebelah kanan atau kirinya dalam shalat secara sengaja maka dia tidak shalat.โ
ุนู ุงูุญุณู ุฑุญู ู ุงููู: โ ูู ุตูุงุฉ ูุง ูุญุถุฑ ูููุง ุงูููุจ ููู ุฅูู ุงูุนููุจุฉ ุฃุณุฑุน โ
Hasan Al-Bashri berkata, โSetiap shalat yang tidak ada hati yang hadir di dalamnya, maka dia lebih cepat mendapatkan siksa.โ
ููุงู ุนุจุฏ ุงููุงุญุฏ ุจู ุฒูุฏ: โ ุฃุฌู ุนุช ุงูุนูู ุงุก ุนูู ุฃูู ููุณ ููุนุจุฏ ู ู ุตูุงุชู ุฅูุง ู ุง ุนููโ
Abdul Wahid bin Zaid, โUlama sepakat bahwa seseorang tidak mendapatkan dari shalatnya kecuali yang dia pahami.โ
๏ฟผIbnu Taimiyah menegaskan,
โ({ ูุงุณุชุนูููุง ุจุงูุตุจุฑ ูุงูุตูุงุฉ ูุฅููุง ููุจูุฑุฉ ุฅูุง ุนูู ุงูุฎุงุดุนูู )
โDan mintalah tolong dengan kesabaran dan shalat karena sesungguhnya itu berat kecuali bagi orang-orang yang khusyuโ,โ
(QS Al-Baqarah: 45).
Ayat ini menyatakan celaan bagi orang yang tidak khusyuโ, seperti halnya celaan dalam ayat lainnya tentang kiblat.
{ูู ุง ุฌุนููุง ุงููุจูุฉ ุงูุชู ููุช ุนูููุง ุฅูุง ููุนูู ู ู ูุชุจุน ุงูุฑุณูู ู ู ู ููููุจ ุนูู ุนูุจูู ูุฅู ูุงูุช ููุจูุฑุฉ ุฅูุง ุนูู ุงูุฐูู ูุฏู ุงููู }
โDan Kami tidak menetapkan kiblat yang menjadi kiblatmu (sekarang) melainkan agar Kami mengetahui (supaya nyata) siapa yang mengikuti Rasul dan siapa yang membelot. Dan sungguh (pemindahan kiblat) itu terasa amat berat, kecuali bagi orang-orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah,โ
(QS Al-Baqarah: 143).
Celaan dalam ayat ini terjadi karena mereka meninggalkan hal yang wajib. Ayat lain menegaskan,
{ูุฏ ุฃููุญ ุงูู ุคู ููู * ุงูุฐูู ูู ูู ุตูุงุชูู ุฎุงุดุนูู โ
“Sungguh bahagia orang-orang beriman yang mereka dalam shalatnya khusyuโ,โ
(QS Al-Mukminun: 1-2).
Artinya, surga Firdaus hanya diwarisi oleh mereka yang memiliki sifat-sifat yang disebutkan di antaranya khusyuโ dalam shalat. Surga diperoleh dengan hal-hal yang wajib bukan yang mustahab
(dianjurkan).โ
Selain itu menurut pendapat ini, dalil khusyuโ itu ada dua: lahir dan batin. Karenanya, Umar pernah melihat seseorang yang mempermainkan sesuatu dalam shalatnya, maka beliau mengatakan, โJika hatinya khusyuโ maka organnya juga khusyuโ.โ
Dalil Khusyuโ Hanya Sunnah Bukan Wajib
Rasulullah
memerintahkan orang yang lupa shalat untuk sujud sahwi dan tidak memerintahkan untuk mengulang.
ุฅูููู ุงููุนูุจูุฏู ููููููุตูุฑููู ู ููู ุตูููุงุชููู , ููู ูุง ููุชูุจู ูููู ู ูููููุง ุฅููููุง ุนูุดูุฑูููุง ุฃููู ุชูุณูุนูููุง ุฃููู ุซูู ูููููุง ุฃููู ุณูุจูุนูููุง ุฃููู ุณูุฏูุณูููุง ุฃููู ุฎูู ูุณูููุง ุฃููู ุฑูุจูุนูููุง ุฃููู ุซูููุซูููุง ุฃููู ููุตูููููุง
Rasulullah Sallallu โAlaihi wa Sallambersabda,
โSesungguhnya seorang hamba selesai dari shalatnya dan dia tidak mendapatkan dari shalatnya kecuali sepersepuluhnya, sepersembilannya, seperdelapannya, sepertujuhnya, seperenamnya, seperlimanya, seperempatnya, atau setengahnya,โ (Musykilul atsar).
Selain itu, ijmaโ ulama menyatakan bahwa khusyuโ bukan syarat shalat.๏ฟผ
Dalam hadits lain ditegaskan,
ุนููู ุฃูุจูู ููุฑูููุฑูุฉู ุฑูุถููู ุงูููููู ุนูููููุ ููุงูู: ููุงูู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููู ุนููููููู ููุณููููู ู: โ ุฅูุฐูุง ูููุฏููู ุจูุงูุตูููุงูุฉู ุฃูุฏูุจูุฑู ุงูุดููููุทูุงูู ูููููู ุถูุฑูุงุทูุ ููุฅูุฐูุง ููุถููู ุฃูููุจูููุ ููุฅูุฐูุง ุซููููุจู ุจูููุง ุฃูุฏูุจูุฑูุ ููุฅูุฐูุง ููุถููู ุฃูููุจูููุ ุญูุชููู ููุฎูุทูุฑู ุจููููู ุงูุฅูููุณูุงูู ููููููุจูููุ ููููููููู: ุงุฐูููุฑู ููุฐูุง ููููุฐูุงุ ุญูุชููู ูุงู ููุฏูุฑููู ุฃูุซููุงูุซูุง ุตููููู ุฃูู ู ุฃูุฑูุจูุนูุงุ ููุฅูุฐูุง ููู ู ููุฏูุฑู ุซููุงูุซูุง ุตููููู ุฃููู ุฃูุฑูุจูุนูุงุ ุณูุฌูุฏู ุณูุฌูุฏูุชููู ุงูุณูููููู โ
Dari Abu Hurairah, Rasulullah Sallallu โAlaihi wa Sallam bersabda,โJika adzan shalat dikumandangkan, setan mundur dengan terkentut-kentut sehingga dia tidak mendengar adzan. Jika adzan selesai, dia datang lagi. Jika diiqamati dia mundur lagi. Jika selesai iqamah, dia datang lagi sehingga mengganggu antara manusia dengan dirinya. Setan berkata, โIngat ini ingat itu.โ Sampai dia (manusia) tidak ingat hingga berapa rakaat dia shalat. Jika seseorang mendapatkan seperti itu, maka hendaklah dia sujud dua kali pada saat dia dalam keadaan duduk,โ(HR Bukhari, Muslim dll).
Karena itu, dalam Al-Minhaj dan sharahnya oleh Ibnu Hajar ditegaskan, disunnahkan khusyuโ dalam shalat dengan hatinya dimana tidak menghadirkan apapun selain shalat.
Jadi shalat tetap sah dan cukup, dan ini bukan masalah pahala dan diterimanya. Ar-Razi berkata, โKehadiran hati menurut kami adalah syarat kecukupan sahnya (ijzaโ) dan bukan syarat diterimanya. Yang dimaksud ijzaโadalah tidak wajib diqadla dan yang dimaksud syarat diterima adalah hukum pahalanya.โ
Al-Alusi berkata, โBerdasarkan pendapat ini maka khusyuโ adalah syarat sah namun hanya di sebagian shalat. Jika tidak bisa sama sekali maka shalatnya batal. Sebab ruh shalat adalah khusyuโ. Jika shalat tidak ada ruhnya, maka dia ditolak.โ
Perkataan Al-Alusi ini agaknya merupakan usaha kompromi dari kedua pendapat antara yang mewajibkan dan menyunnahkan. Pernyataan itu juga berusaha menekan pentingnya khusyuโ dalam shalat.
Terdapat banyak kesimpulan yang kita dapat dari keterangan Al Quran dan Hadits diatas yang pada hakekatnya adalah Islam adalah agama yang mudah dan sangat memudahkan , tidak berat dan memberatkan , karena itu permudahlah jangan kamu persulit , berilah sesuatu yang menggembirakan dan jangan membuat mereka lari.
Wallahu aโlam.
๐ฟ๐บ๐๐ป๐๐ธ๐ผ๐ท๐น
Dipersembahkan oleh : www.manis.id
Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis
Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial
๐ฑInfo & Pendaftaran member : https://bit.ly/Joinmanis
๐ฐ Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/6285279776222
wa.me/6287782223130