Sejauh Mana Toleransi untuk Menghormati Non Muslim

0
56
 

โœUst. Farid Nu’man Hasan

๐ŸŒฟ๐ŸŒบ๐Ÿ‚๐Ÿ€๐ŸŒผ๐Ÿ„๐ŸŒท๐Ÿ๐ŸŒน

๐Ÿ“ŒAssalamualaikum ustadz
1. Apakah boleh menghadiri kebaktian utk orang yg meninggal, pada saat akan dikuburkan..?
(org yg mninggalnya itu papahnya sendiri)
2. Sejauhmana toleransi yg dibolehkan dlm Islam, utk menghormati peribadatan non Islam, posisi kita sbg anak/mantu nya, yg tdk enak kalau tdk menghadiri..
Pertanyaan ๐Ÿ…ฐ0โƒฃ9โƒฃ

๐ŸŒฟ๐ŸŒบ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒบ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ

Jawaban nya.          

 1โƒฃ ๐ŸBoleh ta’ziyah kepada non muslim yang wafat apalagi keluarga sendiri , dan itu merupakan pendapat mayoritas ulama.

Demikian ini keterangannya:

ูŠุฌูˆุฒ ู„ู„ู…ุณู„ู… ุฃู† ูŠุนุฒูŠ ุบูŠุฑ ุงู„ู…ุณู„ู… ููŠ ู…ูŠุชู‡ ูˆู‡ุฐุง ู‚ูˆู„ ุฌู…ู‡ูˆุฑ ุฃู‡ู„ ุงู„ุนู„ู… ูˆุฐูƒุฑ ุงู„ุนู„ู…ุงุก ุนุฏุฉ ุนุจุงุฑุงุช ุชู‚ุงู„ ููŠ ู‡ุฐู‡ ุงู„ุชุนุฒูŠุฉ ู…ู†ู‡ุง :

– ุฃุฎู„ู ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠูƒ ูˆู„ุง ู†ู‚ุต ุนุฏุฏูƒ .

– ุฃุนุทุงูƒ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ู‰ ู…ุตูŠุจุชูƒ ุฃูุถู„ ู…ุง ุฃุนุทู‰ ุฃุญุฏุงู‹ ู…ู† ุฃู‡ู„ ุฏูŠู†ูƒ . ุงู„ู…ุบู†ูŠ 2/46 .

– ุฃู„ู‡ู…ูƒ ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุตุจุฑ ูˆุฃุตู„ุญ ุจุงู„ูƒ ุŒ ูˆู…ู†ู‡ุง : ุฃูƒุซุฑ ุงู„ู„ู‡ ู…ุงู„ูƒ ูˆุฃุทุงู„ ุญูŠุงุชูƒ ุฃูˆ ุนู…ุฑูƒ

– ูˆู…ู†ู‡ุง ู„ุง ูŠุตูŠุจูƒ ุฅู„ุง ุฎูŠุฑ . ุฃุญูƒุงู… ุฃู‡ู„ ุงู„ุฐู…ุฉ 1/161 .

Boleh bagi seorang muslim bertaโ€™ziyah kepada mayat non muslim. Ini adalah pendapat jumhur ulama. Para ulama menyebutkan beberapa ucapan yang bisa diucapkan ketika bertaโ€™ziyah kepada mereka. Di antaranya:

๐Ÿ”ธ Semoga Allah menggantikan untukmu dan tidak mengurangi jumlahmu (maksudnya supaya tetap ada harta untuk membayar jizyah, pen)

๐Ÿ”น Semoga Allah memberikan kepadamu hal yang lebih baik dibanding pemberian seorang dari pemeluk agamamu. (Al Mughni, 2/46)

๐Ÿ”ธ Semoga Allah memberikanmu kesabaran dan memperbaiki keadaanmu, dan di antaranya juga: semoga Allah memperbanyak hartamu dan memanjangkan hidup dan usiamu.

๐Ÿ”น Juga: semoga tidak ada yang menimpamu kecuali kebaikan. (Ahkam Ahludz Dzimmah, 1/161).

๐Ÿ“š Lihat Al Khulashah fi Ahkam Ahli Adz Dzimmah, 3/149

Tapi, kebolehannya memiliki beberapa patokan:

1โƒฃ Tidak ikut pada acara ritualnya, maka ambil posisi yang selamat ketika kebaktian dimulai, seperti di luar area acara.

2โƒฃ Tidak mendoakan ampunan bagi mereka

3โƒฃ Tidak merendahkan diri di sana seakan mereka adalah kelompok yang benar

Jika kita tidak mampu menjaga hal-hal ini, maka sebaiknya tidak bertaโ€™ziyah, demi menjaga keselamatan aqidah kita.                                            
2โƒฃ๐Ÿ Kita diperintah untuk berbuat baik dan adil kepada mereka, non muslim, yang bukan harbi (memerangi kaum muslimin).

Allah Ta’ala berfirman:

Allah tidak melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil. (QS. Al Mumtahanah: 8)

Silahkan kita menyapa, memberikan makan, dan kebaikan lainnya. Ada pun zona aqidah, seperti peribadatan, kita dibatasi oleh “Lakum Diinukum wa liyaddiin” ..

Keperluan ortu non muslim yang sedang sakit, pengobatannya, diantarkan ke RS, mendoakan kesembuhan, adalah al birr, kebaikan yang dianjurkan kepada mereka juga.

Wallahu a’lam

 ๐ŸŒฟ๐ŸŒบ๐Ÿ‚๐Ÿ€๐ŸŒผ๐Ÿ„๐ŸŒท๐Ÿ๐ŸŒน

Dipersembahkan:
www.iman-islam.com

๐Ÿ’ผ Sebarkan! Raih pahala…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here