Membaca Amalan Wirid Ketika Haid

0
99

Pertanyaan         

Assalamuallaikum. Bagaimana hukumnya seorang wanita yang sedang haid apabila ia memiliki amalan selama 40 hari baca surah alwaqiah atau surah lain.  Apakah ketika haid boleh dibaca juga? Terima kasih. (member 🅰0⃣8⃣😊)

🌿🌺🍂🍀🌼🍄🌷


Jawaban

✏Oleh: Ustadzah Nurdiana S.Pd.I

Wa alaikumsalam wr wb.                                                    
Akhwat fillah kita simak firman Allah QS 17:36 “janganlah kamu melakukan sesuatu kecuali kamu punya pengetahuan tentangnya, karena sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati akan di minta pertanggungjawaban nya”.                                  

Nabi  shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang membuat perkara yang baru dalam urusan agama kami ini sesuatu yang bukan bagian darinya, maka ia tertolak” (HR. Bukhari dan Muslim)

Syaikh ‘Abdul Muhsin Al ‘Abbad mengomentari hadits ini, “Hadits ini secara mutlak menunjukkan bahwa semua amal yang tidak sesuai syari’at itu tertolak, meskipun tujuan pelakunya baik”.              

Untuk amalan membaca qur’an jelas ini merupakan amalan yang baik tapi untuk jumlah 40 harinya ini tidak ada dasarnya, sebaik baca qur’an tdk hanya 40 hari tapi sebaiknya jadi amalan harian yang dia lakukan terus menerus sampai maut menjemput, dan saat kita melakukan amal sholeh hal yang harus di perhatikan agar amal diterima Allah

1.Niat ikhlas, di qs 11:15-16, barang siapa di dalam beramal, niatnya mencari kehidupan dunia dan perhiasannya, pasti kami berikan balasan mereka di dunia dengan sempurna dan mereka di dunia tidak akan di rugikan. Itulah orang-orang yang tidak memperoleh sesuatu di akhirat kecuali neraka danm sia sialah disana apa yang telah mereka usahakan di dunia dan terhapuslah apa yang mereka kerjakan. Di hadits yang sangat populer ditegaskan “sesungguhnya amal itu tergantung niatnya”.                      

2. Harus sesuai syariat ,hal ini sudah di kuatkan dengan hadits diatas. Adapun baca qur’an dalam kondisi haid sebagian besar ulama sepakat melarangnya kecuali dalam keadaan belajar dan mengajar.

Wa Allahu a’lam.              

🌷🌹🌻🍁🍄🌷🌸🌹


Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis

Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial

📱Info & Pendaftaran member : https://bit.ly/gabungmanis

💰 Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/6285279776222
wa.me/6287782223130

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here