Bolehkah Pria Terlihat Lekuk Tubuhnya?

0
52

๐ŸŒฟ๐ŸŒบ๐Ÿ‚๐Ÿ€๐ŸŒผ๐Ÿ„๐ŸŒท๐Ÿ๐ŸŒน

Pertanyaan

Assalamualaikum.
Ust saya ijin bertanya.
Di sekolah kami ada peraturan memasukkan baju bagi yg ikhwan. Nah ada seorang guru yg menolak kesepakatan tsb dg alasan bahwa jika memasukan baju maka bentuk tubuhnya/uaratnya nampak. Dia menyamakan dg wanita yg dilarang menampakkan bentuk tubuhnya.
Bagaimana menyikapi ini ust, karena beberapa siswa (SD) yg melanggar tidak memasukkan baju seragamnya beralasan bahwa bpk itu aja gak masukin baju dan kata beliau gak papa g dimasukin.

Jawaban

โœ Oleh: Ust. Farid Nu’man Hasan

Wa’alaikumussalam wa rahmatullah .., Bismillah wal Hamdulillah ..

Masalah ini perlu diperjelas batasan aurat laki-laki dulu, bahwa jumhur ulama mengatakan dari pusar ke lutut. Lengkapnya buka link berikut ini:

Batalkah Shalat Jika Aurat Tersingkap?

Jadi, jika laki-laki sudah menutup bagian auratnya dengan baik maka itu sudah cukup.

Ada pakaian seragam saat ini tdk ada yang ย hanya menutup pas auratnya saja, tapi atasan bawahan sekaligus.

Ada pun memasukan baju, tidak apa-apa, apalagi jika ย pakaiannya longgar dan mereka masih SD, ย sebab ini tidak bisa disamakan dengan lekuk tubuh wanita. Tidak ada dasarnya, dan tidak benar diqiyaskan dengan wanita.

Justru Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam pernah buka baju di hadapan sahabatnya, dan ini sudah pasti terlihat lekuk tubuhnya.

Berikut ini kisahnya:

ุญูŽุฏู‘ูŽุซูŽู†ูŽุง ุนูŽู…ู’ุฑููˆ ุจู’ู†ู ุนูŽูˆู’ู†ูุŒ ุฃูŽุฎู’ุจูŽุฑูŽู†ูŽุง ุฎูŽุงู„ูุฏูŒุŒ ุนูŽู†ู’ ุญูุตูŽูŠู’ู†ูุŒ ุนูŽู†ู’ ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ุฑู‘ูŽุญู’ู…ูŽู†ู ุจู’ู†ู ุฃูŽุจููŠ ู„ูŽูŠู’ู„ูŽู‰ุŒ ุนูŽู†ู’ ุฃูุณูŽูŠู’ุฏู ุจู’ู†ู ุญูุถูŽูŠู’ุฑูุŒ ุฑูŽุฌูู„ู ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ุฃูŽู†ู’ุตูŽุงุฑู ู‚ูŽุงู„ูŽ: ุจูŽูŠู’ู†ูŽู…ูŽุง ู‡ููˆูŽ ูŠูุญูŽุฏู‘ูุซู ุงู„ู’ู‚ูŽูˆู’ู…ูŽ ูˆูŽูƒูŽุงู†ูŽ ูููŠู‡ู ู…ูุฒูŽุงุญูŒ ุจูŽูŠู’ู†ูŽุง ูŠูุถู’ุญููƒูู‡ูู…ู’ ููŽุทูŽุนูŽู†ูŽู‡ู ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูููŠ ุฎูŽุงุตูุฑูŽุชูู‡ู ย ุจูุนููˆุฏู ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ: ุฃูŽุตู’ุจูุฑู’ู†ููŠ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ: ยซุงุตู’ุทูŽุจูุฑู’ยป ู‚ูŽุงู„ูŽ: ุฅูู†ู‘ูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูŽ ู‚ูŽู…ููŠุตู‹ุง ูˆูŽู„ูŽูŠู’ุณูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู‘ูŽ ู‚ูŽู…ููŠุตูŒุŒ ยซููŽุฑูŽููŽุนูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุนูŽู†ู’ ู‚ูŽู…ููŠุตูู‡ูุŒ ููŽุงุญู’ุชูŽุถูŽู†ูŽู‡ู ูˆูŽุฌูŽุนูŽู„ูŽ ูŠูู‚ูŽุจู‘ูู„ู ูƒูŽุดู’ุญูŽู‡ูยปุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฅูู†ู‘ูŽู…ูŽุง ุฃูŽุฑูŽุฏู’ุชู ู‡ูŽุฐูŽุง ูŠูŽุง ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู

Berkata kpd kami โ€˜Amru bin โ€˜Aun, mengabarkan kami Khalid, dari Hushain, dari Abdurrahman bin Abi Laila, dari USAID BIN HUDHAIR, dia seorang laki-laki dari Anshar: โ€œKetika dia (Usaid bin Hudhair) sedang berbicara dengan kaumnya dan di dalamnya ada canda yang membuat mereka tertawa, maka Nabi ย ๏ทบ memukul pinggangnya ย dengan sebatang kayu. Maka dia (USAID) berkata, โ€˜Beri saya kesempatan untuk qishash (membalas setimpal).โ€ Beliau bersabda, โ€œSilakan membalas.โ€ Dia berkata, โ€œEngkau memakai baju, sedangkan saya (ketika engkau pukul) tidak memakai baju.โ€ Maka Rasulullah ย ๏ทบ mengangkat bajunya. Maka dia (Usaid bin Khudair) langsung memeluknya dan mencium pinggangnya. Lalu dia berkata, โ€˜Inilah yang aku inginkan wahai Rasulullah.โ€ (HR. Abu Daud No. ย 5224, Ath Thabarani, Al Muโ€™jam Al Kabir No. 556, ย Al Baihaqi, Syuโ€™abul Iman, No. 13586, ย Al Baghawi, ย 10/169, ย Al Hakim, Al Mustadrak โ€˜Alash Shahihain, 3/288)

Syaikh Syuโ€™aib Al Arnauth mengatakan: โ€œIsnadnya shahih sesuai syarat Syaikhain/Al Bukhari dan Muslim.โ€ (Lihat Taโ€™liq Musnad Ahmad, 17/329. Cat kaki hadits No. 11229)

Juga Syaikh Al Albani (Lihat Misykah No. 4675, Shahih wa Dhaif Sunan Abi Daud No. 2554).

Maka, pelarangan memasukan baju buat anak-anak SD selain sikap kelewat batas, dan menunjukkan minimnya pemahaman syariah.

Wallahu A’lam


Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis

๐Ÿ“ฑInfo & Pendaftaran member : https://bit.ly/Joinmanis

๐Ÿ’ฐ Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
+62 852-7977-6222
+62 822-9889-0678

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here