Hidayah Wewenang Allah ﷻ, Maksudnya?

0
40

✏Ust. Abdullah Haidir Lc

🌿🌺🍂🍀🌼🍄🌷🍁🌹🌿.                                            📌Assalamualaikum…
terkait pembahasan hidayah dan taufiq.
mohon maaf, pertanyaan saya mungkin seperti menyalahkan Allah, namun dibalik ini. insyaAllah, apapun itu saya percaya qodo dan qodarnya Allah. hanya ilmu saya masih dangkal saja, jadi masih mempertanyakan hal remeh ini.

ini juga mirip pertanyaan sebelumnya, mungkin saya yg kelewat baca jawabannya.
tentang  surat alqashash 56.

dijelaskan bahwa hidayah dan taufiq wewenang  Allah.

nah, seperti halnya paman nabi muhammad. beliau pasti dicintai nabi, dan pasti didoakan nabi agar memeluk islam. namun tidak pernah iya nyatakan masuk islam.

apakah ini juga kuasa Allah yg membiarkannya tetap menjadi kafir? knapa diciptakan surga dan neraka jika  setelah diberitahu masih memilih yg baik dan jahat dan siapa saja yg mendapat hidayah dan taufiq.?

sekali lagi saya mohon maaf, atas pertanyaan ini. hanya untuk ilmu pengetahuan.
astaghfirullahaladziim.

terimakasih.                                
Member Manis Endah 🅰2⃣8⃣.                  

🍁Jawaban nya.                            

🌿Waalaikumussalam…

Allah maha kuasa atas segalaNya. Dia berhak atas segala sesuatu. Tidak satupun pihak yang berhak mempertanyakan mengapa begini dan mengapa begitu…

لَا يُسْأَلُ عَمَّا يَفْعَلُ وَهُمْ يُسْأَلُونَ – الأنبياء : 23

“Dia tidak ditanya apa yang Dia perbuat, sedangkan mereka ditanya (atas perbuatan mereka).” (Al-Anbiya: 23)

Jadi kitalah yang hendaknya mempertanyakan diri kita sebelum ditanya Allah.

Namun, walaupun Allah dapat berbuat sekehendakNya, Dia jauh dari sifat zalim. Dia menjadikan sebab atas setiap peristiwa, walau tidak semua lepas dari kehendak Allah.

Sembuh dan sakit dari Allah, namun kita tahu semua bahwa mengapa orang sembuh, dan mengapa orang sakit, pasti ada sebab2nya. Kadang sebab2 itu sangat tampak, kadang tersembunyi.

 Begitupula halnya dengan hidayah, khususnya yg bersifat taufiq. Dia mutlak hak Allah, tapi pasti di balik itu ada sebab2nya, mengapa ada org yang mendapatkan hidayah taufiq mengapa ada yg tidak, ada yang mudah ditangkap, ada yang tidak. Spt kasus Abu Thalib, betul dia membela Nabi dan melindunginya… tapi mungkin ada yg dia lalai, tidak menghindar dari pergaulan dg org2 kafir yg memsuhi beliau… sehingga mudah dipengaruhi… atau hal lain yg kita tidak ketahui….

Jadi sebab2 org tdk mendapatkan hidayah itu ada saja, apakah ada kesombongan, atau dendam, permusuhan, dll.

Yg penting bagi kita, jalan hidayah sudah jelas, mana yg Allah ridhai sudah jelas, Al- Quran hadits ada di hadapan kita, para ulama masih ada yg menjelaskan. Otak kita masih berfungsi normal utk mencena… itu semua sudah merupakan sarana lengkap utk menerima hidayah Allah… maka tempuhlah. Dan jangan cari2 alasan menghindar darinya dg alasan sudah kehendak Allah…

Jika hidayah Allah sudah kita miliki, maka bersyukurlah, akuilah kemurahan Allah terhadap kita yang memberikan kita hidayah taufiqNya. Jangan sombong, teruslahh rawat, banyaklah berdoa……Karena itu, ketika ada seorang sahabat bertanya ttg masalah ini, ‘Apakah kita diam saja wahai Rasulullah saw (menunggu takdir Allah kepada kita, apakah jadi ahli surga atau neraka)” Beliau jawab, “Beramallah, semua akan dipermudah sesuai tujuann penciptaannya…” Jika kita beramal dg amal2an shaleh.. maka akan dibukakan pintu2 keimanan dan kesalehan….

Hadaanallahu wa iyyakum ajma’iiin.                          
Wallahu A’lam

🌿🌺🍂🍀🌼🍄🌷🍁🌹

Dipersembahkan oleh:
www.iman-islam.com

💼 Sebarkan! Raih pahala…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here