FIQHUD DA’WAH (Bag. 2)

0
58

๐Ÿ“ Pemateri: Farid Nu’man Hasan, SS

Keutamaan-Keutamaan Daโ€™wah

Berbahagialah Para Daโ€™i limpahan fadhilah menanti Anda …

1. Melanjutkan tugas dan perjuangan para Nabi dan Rasul โ€˜alaihimissalam

Ini kemuliaan yang luar biasa. Para daโ€™i menjadi pelanjut estafeta perjuangan para Nabi dan Rasul. Mengajak manusia keluar dari kegelapan menuju cahaya Islam, dari kesyirikan menuju tauhid, dari maksiat menuju taat, dari kemunafikan dan kekufuran  menuju iman.

Allah ๏ทป berfirman:

ูˆูŽู„ูŽู‚ูŽุฏู’ ุจูŽุนูŽุซู’ู†ูŽุง ูููŠ ูƒูู„ู‘ู ุฃูู…ู‘ูŽุฉู ุฑูŽุณููˆู„ู‹ุง ุฃูŽู†ู ุงูุนู’ุจูุฏููˆุง ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ูˆูŽุงุฌู’ุชูŽู†ูุจููˆุง ุงู„ุทู‘ูŽุงุบููˆุชูŽ

Dan sungguhnya Kami telah mengutus Rasul pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan): “Sembahlah Allah (saja), dan jauhilah Thaghut itu.” (QS. AN Nahl: 36)

Setiap umat ada Rasul yang diutusNya, dan para rasul itu sejak Adam โ€˜Alaihissalam sampai Nabi Muhammad ๏ทบ adalah bersaudara, dan agama mereka sama. Sedangkan pasca wafat Rasulullah ๏ทบ tidak ada lagi Nabi dan Rasul setelahnya. Maka, para daโ€™i melanjutkan perjuangan mereka, sejak masa sahabat, tabiโ€™in, tabiโ€™ut tabiโ€™in, dan seterusnya.

Allah ๏ทป berfirman:

ู‚ูู„ู’ ู‡ูŽุฐูู‡ู ุณูŽุจููŠู„ููŠ ุฃูŽุฏู’ุนููˆ ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุจูŽุตููŠุฑูŽุฉู ุฃูŽู†ูŽุง ูˆูŽู…ูŽู†ู ุงุชู‘ูŽุจูŽุนูŽู†ููŠ ูˆูŽุณูุจู’ุญูŽุงู†ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽู…ูŽุง ุฃูŽู†ูŽุง ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ู…ูุดู’ุฑููƒููŠู†ูŽ

Katakanlah: “Inilah jalan (agama) ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujjah yang nyata, Maha suci Allah, dan aku tiada Termasuk orang-orang yang musyrik”. (QS. Yusuf: 108)

Dari Abu Hurairah
Radhiallahu โ€˜Anhu, bahwa Nabi ๏ทบ bersabda:

ูˆูŽุงู„ู’ุฃูŽู†ู’ุจููŠูŽุงุกู ุฅูุฎู’ูˆูŽุฉูŒ ู„ูุนูŽู„ู‘ูŽุงุชูุŒ ุฃูู…ู‘ูŽู‡ูŽุงุชูู‡ูู…ู’ ุดูŽุชู‘ูŽู‰ ูˆูŽุฏููŠู†ูู‡ูู…ู’ ูˆูŽุงุญูุฏูŒ

Para nabi itu bersaudara ayah mereka satu sedangkan ibu-ibu mereka berbeda, dan agama mereka satu (yaitu agama tauhid, Islam). (HR. Al Bukhari No. 3443, Muslim No. 2365)

2. Allah ๏ทป dan seluruh makhluk bershalawat kepada para penyeru kebaikan

Abu Umamah Al Bahili Radhiallahu โ€˜Anhu berkata, bahwa Nabi ๏ทบ bersabda:

ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ูˆูŽู…ูŽู„ูŽุงุฆููƒูŽุชูŽู‡ู ูˆูŽุฃูŽู‡ู’ู„ูŽ ุงู„ุณู‘ูŽู…ูŽูˆูŽุงุชู ูˆูŽุงู„ุฃูŽุฑูŽุถููŠู†ูŽ ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ุงู„ู†ู‘ูŽู…ู’ู„ูŽุฉูŽ ูููŠ ุฌูุญู’ุฑูู‡ูŽุง ูˆูŽุญูŽุชู‘ูŽู‰ ุงู„ุญููˆุชูŽ ู„ูŽูŠูุตูŽู„ู‘ููˆู†ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูุนูŽู„ู‘ูู…ู ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณู ุงู„ุฎูŽูŠู’ุฑูŽ

Sesungguhnya Allah, para malaikatNya, penduduk langit dan bumi, sampai semut-semut di lubangnya dan ikan-ikan di lautan, mereka bershalawat kepada orang yang mengajarkan manusia pada kebaikan. (HR. At Tirmidzi No. 2685, katanya: hasan shahih. Ath Thabarani dalam Al Muโ€™jam Al Kabir No. 7912)

Imam Ibnu Abdil Bar Rahimahullah mengatakan bahwa yang dimaksud โ€œshalawatโ€ dalam hadits ini adalah doa dan istighfar. (Imam Ibnu Abdil Bar, Jamiโ€™ Bayan, 1/174)

Jadi, semua makhluk mendoakan dan memintakan ampunan buat para penyeru dan pengajar kebaikan.
Sedangkan, kata Imam Al Munawi Rahimahullah, makna โ€œshalawatโ€ dari Allah ๏ทป adalah rahmat (kasih sayang). (Imam Al Munawi, Faidhul Qadir, 4/432)

3. Jika manusia dapat hidayah karena perantara seorang daโ€™i maka itu lebih mahal dari Unta Merah

Dari Sahl bin Saโ€™ad As Saโ€™idi Radhiallahu โ€˜Anhu, bahwa Nabi ๏ทบ berkata kepada Ali Radhiallahu โ€˜Anhu:

ููŽูˆูŽุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู„ูŽุฃูŽู†ู’ ูŠูู‡ู’ุฏูŽู‰ ุจููƒูŽ ุฑูŽุฌูู„ูŒ ูˆูŽุงุญูุฏูŒ ุฎูŽูŠู’ุฑูŒ ู„ูŽูƒูŽ ู…ูู†ู’ ุญูู…ู’ุฑู ุงู„ู†ู‘ูŽุนูŽู…ู

Demi Allah, Seseorang mendapatkan hidayah karena kamu, maka itu lebih baik bagimu dibandingkan Unta Merah. (HR. Al Bukhari No. 2942, Muslim No. 2406)

Imam Ibnu Abdil Bar Rahimahullah menjelaskan bahwa bagi orang-orang Arab saat itu tidak ada warna Unta yang lebih baik dibandingkan merah. (Imam Ibnu Abdil Bar, At Tamhid, 24/116)

Syaikh Mushthafa Al Bugha dalam Taโ€™liqnya terhadap Shahih Al Bukhari mengatakan bahwa Humrun Naโ€™am yaitu Unta Merah, pada masa Arab dahulu dia adalah harta yang paling disukai dan dikagumi.

Sementara Abu Bakar Al Anbari mengatakan digunakannya Unta Merah di sini, karena posisinya yang mulia dan tinggi. (Imam Ibnu Baththal, Syarh Shahih Al Bukhari, 5/166)

4. Mendapatkan pahala yang sama dengan orang yang mengikuti kebaikan yang diajarkannya

Dari Abu Masโ€™ud Al Anshari Radhiallahu โ€˜Anhu, bahwa Nabi ๏ทบ bersabda:

ู…ูŽู†ู’ ุฏูŽู„ู‘ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฎูŽูŠู’ุฑู ููŽู„ูŽู‡ู ู…ูุซู’ู„ู ุฃูŽุฌู’ุฑู ููŽุงุนูู„ูู‡ู

Barang siapa yang menunjukkan jalan kebaikan maka dia mendapatkan ganjaran yang sama dengan orang yang melakukan kebaikan itu. (HR. Muslim No. 1893)

Imam An Nawawi Rahimahullah menerangkan:

ููŠู‡ ูุถูŠู„ุฉ ุงู„ุฏู„ุงู„ุฉ ุนู„ู‰ ุงู„ุฎูŠุฑ ูˆุงู„ุชู†ุจูŠู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุงู„ู…ุณุงุนุฏุฉ ู„ูุงุนู„ู‡ ูˆููŠู‡ ูุถูŠู„ุฉ ุชุนู„ูŠู… ุงู„ุนู„ู… ูˆูˆุธุงุฆู ุงู„ุนุจุงุฏุงุช

Dalam hadits ini terdapat keutamaan memberikan petunjuk pada kebaikan dan memberikan peringatan atas hal itu, serta membantu orang yang melakukannya. Juga keutamaan mengajarkan ilmu dan agenda-agenda peribadatan. (Al Minhaj Syarh Shahih Muslim, 13/39)

Bahkan akan menjadi pahala yang tidak putus-putus jika ajakan kebaikannya dilakukan oleh banyak orang dari masa ke masa.

Rasulullah ๏ทบ bersabda:

ู…ูŽู†ู’ ุณูŽู†ู‘ูŽ ูููŠ ุงู„ุฅูุณู’ู„ุงู…ู ุณูู†ู‘ูŽุฉู‹ ุญูŽุณูŽู†ูŽุฉู‹ ููŽู„ูŽู‡ู ุฃูŽุฌู’ุฑูู‡ูŽุง ูˆูŽุฃูŽุฌู’ุฑู ู…ูŽู†ู’ ุนูŽู…ูู„ูŽ ุจูู‡ูŽุง ุจูŽุนู’ุฏูŽู‡ู ู…ูู†ู’ ุบูŽูŠู’ุฑู ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽู†ู’ู‚ูุตูŽ ู…ูู†ู’ ุฃูุฌููˆุฑูู‡ูู…ู’ ุดูŽูŠู’ุกูŒ  ….

โ€œBarangsiapa dalam Islam melakukan kebiasaan baik, maka tercatat baginya pahala dan pahala orang yang mengikutinya setelahnya tanpa mengurangi pahala mereka yang mengikutinya….โ€   (HR. Muslim, No. 1017, At Tirmidzi No. 2675, An Nasaโ€™i No. 2554, Ibnu Majah No. 203)

5. Sarana Menuju Khairu Ummah (Umat Terbaik)

Allah ๏ทป berfirman:

ูƒูู†ู’ุชูู…ู’ ุฎูŽูŠู’ุฑูŽ ุฃูู…ู‘ูŽุฉู ุฃูุฎู’ุฑูุฌูŽุชู’ ู„ูู„ู†ู‘ูŽุงุณู ุชูŽุฃู’ู…ูุฑููˆู†ูŽ ุจูุงู„ู’ู…ูŽุนู’ุฑููˆูู ูˆูŽุชูŽู†ู’ู‡ูŽูˆู’ู†ูŽ ุนูŽู†ู ุงู„ู’ู…ูู†ู’ูƒูŽุฑู ูˆูŽุชูุคู’ู…ูู†ููˆู†ูŽ ุจูุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู

Kalian adalah umat yang terbaik dikeluarkan untuk manusia, memerintahkan yang maโ€™ruf, mencegah yang munkar, dan beriman kepada Allah. (QS. Ali โ€˜Imran: 110)

Siapakah umat terbaik dalam ayat ini? Abdullah bin Abbas Radhiallahu โ€˜Anhuma mengatakan: โ€œMereka adalah para sahabat nabi yang berhijrah bersama Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam dari Mekkah ke Madinah.โ€ (Musnad Ahmad No. 2463. Syaikh Syuโ€™aib Al Arnauth mengatakan: hasan. Al Hakim dalam Al Mustadrak No. 6164, katanya: shahih. Disepakati Adz DZahabi)

Namun, walau ayat ini secara khusus membicarakan kedudukan kaum muhajirin, namun  Imam Ibnu Katsir Rahimahullah mengatakan:

ูˆูŽุงู„ุตู‘ูŽุญููŠุญู ุฃูŽู†ู‘ูŽ ู‡ูŽุฐูู‡ู ุงู„ู’ุขูŠูŽุฉูŽ ุนุงู…ุฉูŒ ูููŠ ุฌูŽู…ููŠุนู ุงู„ู’ุฃูู…ู‘ูŽุฉูุŒ ูƒูู„ู‘ู ู‚ูŽุฑู’ู† ุจูุญูŽุณู’ุจูู‡ูุŒ ูˆูŽุฎูŽูŠู’ุฑู ู‚ูุฑููˆู†ูู‡ูู…ู ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ุจูุนุซูŽ ูููŠู‡ูู…ู’ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽุŒ ุซูู…ู‘ูŽ ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ูŠูŽู„ูˆู†ู‡ู…ุŒ ุซูู…ู‘ูŽ ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ูŠูŽู„ููˆู†ูŽู‡ูู…ู’

Yang benar adalah ayat ini berlaku secara umum bagi semua umat ini (Islam), setiap masing-masing zaman, dan sebaik-baik zaman mereka adalah manusia yang ketika itu pada mereka diutus Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam, kemudian yang mengikuti mereka, kemudian yang mengikuti mereka. (Tafsir Al Quran Al โ€˜Azhim, 2/94)

Demikianlah generasi sahabat, dan kita pun bisa menjadi khairu ummah sebagaimana mereka jika sudah memenuhi syarat-syarat seperti mereka, yaitu menjalankan amar maโ€™ruf, nahi munkar, dan beriman kepada Allah ๏ทป. Imam Ibnu Jarir, meriwayatkan dari Qatadah,  bahwa Umar Radhiallahu โ€˜Anhu berkhutbah ketika haji:

ู…ูŽู†ู’ ุณูŽุฑู‘ูŽู‡ ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽูƒููˆู†ูŽ ู…ูู†ู’ ุชูู„ู’ูƒูŽ ุงู„ู’ุฃูู…ู‘ูŽุฉู ููŽู„ู’ูŠุคุฏู‘ ุดูŽุฑู’ุท ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูููŠู‡ูŽุง

Barang siapa yang ingin menjadi seperti umat tersebut maka penuhilah syarat yang Allah tentukan dalam ayat itu. (Tafsir Ath Thabari, 7/102)

6. Sarana Untuk Menghindar Dari Azab Allah ๏ทป

Allah ๏ทป berfirman:

ูˆูŽุงุชู‘ูŽู‚ููˆุง ููุชู’ู†ูŽุฉู‹ ู„ูŽุง ุชูุตููŠุจูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ุธูŽู„ูŽู…ููˆุง ู…ูู†ู’ูƒูู…ู’ ุฎูŽุงุตู‘ูŽุฉู‹ ูˆูŽุงุนู’ู„ูŽู…ููˆุง ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ุดูŽุฏููŠุฏู ุงู„ู’ุนูู‚ุงุจู

Dan peliharalah dirimu dari pada siksaan yang tidak khusus menimpa orang-orang yang zalim saja di antara kamu. dan ketahuilah bahwa Allah Amat keras siksaan-Nya. (QS. Al Anfal: 25)

Ayat ini menunjukkan bahwa Allah ๏ทป akan memberikan siksaan yang merata, bukan hanya menimpa orang-orang zalim saja. Orang-orang baik juga akan merasakannya. Ini terjadi ketika mereka meninggalkan daโ€™wah dan amar maโ€™ruf nahi munkar, karena sikap diamnya mereka membuat kezaliman merajalela. Akhirnya, layaklah jika orang-orang shalih pun kena dampak keburukannya.

Al Hafizh Ibnu Katsir Rahimahullah menjelaskan:

ูŠุญุฐุฑ ุชุนุงู„ู‰ ุนุจุงุฏู‡ ุงู„ู…ุคู…ู†ูŠู† {ูุชู†ุฉ} ุฃูŠ: ุงุฎุชุจุงุฑุง ูˆู…ุญู†ุฉุŒ ูŠุนู… ุจู‡ุง ุงู„ู…ุณูŠุก ูˆุบูŠุฑู‡ุŒ ู„ุง ูŠุฎุต ุจู‡ุง ุฃู‡ู„ ุงู„ู…ุนุงุตูŠ ูˆู„ุง ู…ู† ุจุงุดุฑ ุงู„ุฐู†ุจุŒ ุจู„ ูŠุนู…ู‡ู…ุงุŒ ุญูŠุซ ู„ู… ุชุฏูุน ูˆุชุฑูุน

โ€œAllah ๏ทป memperingatkan hamba-hambaNya orang beriman dengan adanya fitnah, yaitu ujian dan cobaan yang ditimpakan secara umum baik orang jahat dan selainnya, tidak dikhususkan bagi pelaku maksiat dan orang berdosa saja, tapi ditimpakan merata, ketika mereka tidak mencegah dan menghilangkannya (kemungkaran).โ€ (Tafsir Al Quran Al โ€˜Azhim, 4/37)

Wallahu Aโ€™lam


Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis

Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial

๐Ÿ“ฑInfo & Pendaftaran member : https://bit.ly/Joinmanis

๐Ÿ’ฐ Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/6285279776222
wa.me/6287782223130

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here