Korelasi Penciptaan antara Nabi Adam dan Nabi Isa

0
53

Pertanyaan

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ustadz saya mau bertanya, dalam penciptaan adam sebagai manusia allah menciptakan dengan kedua tanganya dari bahan tanah(Tolong dikoreksi jika salah) ..lalu berbeda dengan nabi Isya yang terlahir dari rahim ibunda maryam dengan kalam Allah KUN. bagaimana korelasinya ustadz antara penciptaan adam(manusia pada umumnya) yang dari tanah dengan nabi Isa yang dengan perkataan KUN?

🍃🍃🌸🍃🍃🌸🍃🍃


Jawaban

Oleh: Ustadz Farid Nu’man Hasan

‌و عليكم السلام و رحمة الله و بركاته

Penciptaan Nabi Adam ‘Alaihissalam dari tanah dengan kalam Allah “Kun”.. Adalah sama dengan penciptaan Nabi Isa ‘Alaihissalam. Tidak ada yang beda.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

اِنَّ مَثَلَ عِيْسٰى عِنْدَ اللّٰهِ كَمَثَلِ اٰدَمَ ۗ خَلَقَهٗ مِنْ تُرَا بٍ ثُمَّ قَا لَ لَهٗ كُنْ فَيَكُوْنُ

“Sesungguhnya perumpamaan (penciptaan) ‘Isa bagi Allah, seperti (penciptaan) Adam. Dia menciptakannya dari tanah, kemudian Dia berkata kepadanya, “Jadilah!” Maka jadilah sesuatu itu.” (QS. Ali ‘Imran 3: Ayat 59)

Perbedaan mereka adalah Nabi Isa ada ibu yang melahirkan tanpa ayah yaitu Allah tiupkan ruh ke rahim Maryam, sedangkan Nabi Adam tanpa ayah dan ibu.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

وَمَرْيَمَ ابْنَتَ عِمْرٰنَ الَّتِيْۤ اَحْصَنَتْ فَرْجَهَا فَنَفَخْنَا فِيْهِ مِنْ pp0 وَصَدَّقَتْ بِكَلِمٰتِ رَبِّهَا وَكُتُبِهٖ وَكَا نَتْ مِنَ الْقٰنِتِيْنَ

“dan Maryam putri ‘Imran yang memelihara kehormatannya, maka Kami tiupkan ke dalam rahimnya sebagian dari roh (ciptaan) Kami; dan dia membenarkan kalimat-kalimat Tuhannya dan Kitab-kitab-Nya; dan dia termasuk orang-orang yang taat.” (QS. At-Tahrim 66: Ayat 12)

Demikian. Wallahu A’lam

🍃🍃🌺🍃🍃🌺🍃🍃


Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis

Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial

📱Info & Pendaftaran member : https://bit.ly/Joinmanis

💰 Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/6285279776222
wa.me/6287782223130

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here