Menasihati Anak

0
95

πŸŒΏπŸŒΊπŸ‚πŸ€πŸŒΌπŸ„πŸŒ·πŸ

πŸ“ Pemateri: Ustadz Bendri Jaisyurrahman

Banyak orang tua saat ini yang terlalu mudah mengobral nasehat jika dekat dengan anak. Sampai-sampai anak melabel jika bersama ortunya pastilah keluar beberapa ayat.

Salah ngomong sedikit, ortu berucap, “Nak, ingat ya! Allah berfirman dalam Al Qur’an….” kemudian terdengar lantunan ayat yang dibacakan dengan irama yang dipaksakan mirip kayak bacaan hafizh ternama. Padahal tajwidnya orang tua masih kayak orang ngemil. Bikin ill feel. Dan sang anak pun hanya bisa berucap dalam hati, “Yah, diruqyah lagi deh gue. Panaaaassss….!!!”

Atau muncul kalimat-kalimat nasehat yang khas dari orang tua, “Kamu tuh yah, harusnya… bla bla bla”. Kemudian keluarlah ceramah yang mengcopas nasehat Ust. Adi Hidayat atau Ust. Abdusshomad di Youtube. Udah kayak peserta pildacil lagi ngafalin teks. Begitu anak berulah dikit, hafalan ceramah orang tua buyar. Ujung-ujungnya ngomel. Gak asyik kan?

Menasehati tidaklah salah. Tapi itu bukan satu-satunya cara untuk menyampaikan pesan ke anak tentang nilai-nilai yang mau kita ajarkan. Terlalu sering menasehati bikin hati anak bisa resisten. Bahkan cenderung menolak.

Makanya sebagai orang tua, butuh strategi agar nasehat sampai ke anak tanpa harus menggurui. Harus kuliah di IKIP dan ambil program Akta IV.

Metode yang diajarkan Rasul agar bisa menasehati dengan cara yang halus, di antaranya lewat lewat do’a di depan anak. Ada 3 hikmah:
1. Sebagai bentuk pengajaran Tauhid.
2. Sebagai bentuk kepedulian dan cinta kasih orang tua terhadap anak.
3. Memberi tahu harapan orang tua kepada anak.

Contohnya saat anak mau berangkat ke sekolah. Orang tua bisa berdoa di hadapan anak dengan kalimat, “Ya Allah, jadikanlah anakku anak yang pemberani dan suka menolong temannya, aaamiiin.” Anak tahu doa itu sekaligus nasehat untuknya.

Tapi ingat, agar doa ini diucapkan singkat saja. Kalau terlalu panjang, anak pikir ini doa tahlilan. Alhasil anak malah kesal. Metode ini bisa dipakai ke siapa saja.

Wallahu a’lam bish showab

Wasalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

πŸŒΏπŸŒΊπŸ‚πŸ€πŸŒΌπŸ„πŸŒ·πŸ

Sebarkan! Raih Pahala

πŸƒπŸƒπŸŒΊπŸƒπŸƒπŸŒΊπŸƒπŸƒ


Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis

Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial

πŸ“±Info & Pendaftaran member : https://bit.ly/Joinmanis

πŸ’° Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/6285279776222
wa.me/6287782223130

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here