Apakah Anak Adopsi Bisa Memberi Mahkota Cahaya Bagi Orang Tua Angkatnya?

0
256

Pertanyaan

السلام عليكم ورحمة الله وبركاتة

Ustadz… Saya mau bertanya, apakah anak adopsi bisa beri mahkota cahaya bagi ortu angkatnya? (Giri-Jawa Tengah)

🍃🍃🌸🍃🍃🌸🍃🍃🌸🍃🍃


Jawaban

Oleh: Ustadz Farid Nu’man Hasan

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاتة

Bismillahirrahmanirrahim..

Salah satu manfaat anak yang dekat dengan Al-Qur’an, dia membacanya, mengamalkan isinya, terdidik dan terbina dengan nilai-nilai Al-Qur’an bukan sekadar hapal, Allah Ta’ala berikan mahkota kehormatan kepada kedua orang tuanya.

Hal ini berdasarkan hadits berikut:

عَنْ سَهْلِ بْنِ مُعَاذٍ الْجُهَنِيِّ عَنْ أَبِيهِ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ قَرَأَ الْقُرْآنَ وَعَمِلَ بِمَا فِيهِ أُلْبِسَ وَالِدَاهُ تَاجًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ ضَوْءُهُ أَحْسَنُ مِنْ ضَوْءِ الشَّمْسِ فِي بُيُوتِ الدُّنْيَا لَوْ كَانَتْ فِيكُمْ فَمَا ظَنُّكُمْ بِالَّذِي عَمِلَ بِهَذَا

Dari Sahl bin Muadz Al Juhani dari ayahnya bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, “Barang siapa yang membaca Al-Qur’an dan melaksanakan apa yang terkandung di dalamnya, maka kedua orang tuanya pada hari kiamat nanti akan dipakaikan mahkota yang sinarnya lebih terang daripada sinar matahari di dalam rumah-rumah di dunia, jika matahari tersebut ada diantara kalian, maka bagaimana perkiraan kalian dengan orang yang melaksanakan isi Al-Qur’an?” (HR. Abu Daud no. 1453)

Hadits ini dhaif (lemah). Imam Al ‘Aini menjelaskan: sanad hadits ini cacat karena ada perawi bernama Bazban dan Sahl, keduanya dhaif. (Syarh Sunan Abi Daud, 5/366)

Namun ada dalam hadits lain dengan sanad hasan :

فيُعْطى المُلكَ بيَمينِه، والخُلدَ بشمالِه، ويُوضَعُ على رأسِه تاجُ الوقارِ، ويُكْسَى والداهُ حُلَّتَينِ لا يقومُ لهما أهلُ الدُّنيا، فيقولانِ: بما كُسِينا هذا؟ فيُقال: بأخْذِ ولدِكما القُرآنَ

“Kemudian dia diberi kerajaan di tangan kanannya dan keabadian di tangan kirinya, di kepalanya dikenakan mutiara kemuliaan dan kedua orang tuanya diberi pakaian dan perhiasan kehormatan yang sangat mewah. Keduanya berkata: Mengapa saya memakai perhiasan ini? Dikatakan kepada mereka berdua karena kedua anakmu sedang belajar Al-Qur’an.” (HR. Ahmad no. 21872. Syaikh Syu’aib al Arnauth mengatakan: hasan)

Secara zahir tentang makna anak di sini adalah anak kandung, bukan anak adopsi. Namun demikian jika ada seorang anak adopsi yang didik dengan baik oleh ayah angkatnya dan anak itu menjadi Ahlul Quran tentu ayah angkat tersebut juga mendapatkan nilai kebaikan yang begitu banyak dan kedudukan yang tinggi karena dia memiliki saham atau kontribusi atas terwujudnya anak tersebut menjadi Ahlul Quran.

Sebagaimana hadits Rasulullah ﷺ:

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

“Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya.” (HR. Muslim).

Demikian. Wallahu A’lam

🍃🍃🌸🍃🍃🌸🍃🍃🌸


Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis

Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial

📱Info & Pendaftaran member : https://bit.ly/Joinmanis

💰 Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/6285279776222
wa.me/6287782223130

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here