Penghalang- Penghalang Mengenal Allah( Lanjutan)

0
47

๐ŸŒคโ›ฑ๐ŸŒคโ›ฑ๐ŸŒคโ›ฑ๐ŸŒคโ›ฑ๐ŸŒคโ›ฑ๐ŸŒค

๐Ÿ“ Pemateri: Prima Eyza 

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

ุงูŽู„ู’ู…ูŽูˆูŽุงู†ูุนู ู…ูู† ู…ูŽุนู’ุฑูููŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู

๐ŸŒคPenghalang-Penghalang Mengenal Allah๐ŸŒค
-Lanjutan-

Assalaamu’alaikum wrwb

๐ŸŒคAdik-adik pemuda Islam kebanggaan umat, mudah-mudahan hari ini senantiasa dalam kebaikan iman dan kemuliaan Islam serta senantiasa dalam limpahan hidayah dari Allah SWT. Aamiin..

Pada rangkaian pembahasan-pembahasan sebelumnya tentang penghalang-penghalang mengenal Allah SWT, kita telah selesai mengupas satu per satu tentang lima jenis penyakit yang termasuk ke dalam kategori penyakit yang disebabkan oleh dorongan hawa nafsu (ู…ูŽุฑูŽุถู ุงู„ุดู‘ูŽู‡ู’ูˆูŽุฉู).

Kelima penyakit tersebut adalah
Kefasikan (ุงู„ู’ููุณู’ู‚ู)
Sombong (ุงู„ู’ูƒูุจู’ุฑู)
Zhalim/aniaya (ุงู„ุธู‘ูู„ู’ู…ู)
Kedustaan (ุงู„ู’ูƒูŽุฐูุจู)
Dan banyak maksiat (ูƒูŽุซู’ุฑูŽุฉู ุงู„ู’ู…ูŽุนูŽุงุตููŠ).

Dan kita telah pula tuntas mengkaji satu per satu tentang empat jenis yang termasuk ke dalam kategori penyakit yang disebabkan karena kecurigaan/keragu-raguan (ู…ูŽุฑูŽุถู ุงู„ุดู‘ูุจู’ู‡ูŽุฉู). Keempat jenis penyakit tersebut adalah kebodohan (ุงู„ู’ุฌูŽู‡ู’ู„ู), ragu-ragu (ุงู„ู’ุฅูุฑู’ุชููŠูŽุงู), menyimpang (ุงู„ู’ุฅูู†ู’ุญูุฑูŽุงูู), dan lalai (ุงู„ู’ุบูŽูู’ู„ูŽุฉู).

Maka hari ini mari kita lanjutkan tema ini dengan pembahasan tentang akibat buruk dari kedua penyakit ini.

โ–ช Dua Akibat

Kedua penyakit ini –penyakit syahwat dan penyakit syubhat– jika terdapat pada diri seseorang, baik sebagiannya, apalagi keseluruhannya, maka akan mengantarkan kepada dua akibat besar yang sangat buruk bahayanya bagi diri orang tersebut.
Penyakit syahwat (dengan kelima macamnya) menyebabkan manusia tersebut DIMURKAI OLEH ALLAH SWT ( ุงูŽู„ู’ู…ูŽุบู’ุถููˆู’ุจู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูู…ู’ ).
Sedangkan penyakit syubhat (dengan keempat macamnya) menyebabkan manusia tersebut TERSESAT ( ุงูŽู„ุถู‘ูŽุงู„ู‘ููˆู’ู†ูŽ ) dari jalan kebenaran.

โ–ชMana yang Lebih Berat ?

Tentu penyakit syahwat (penyakit yang disebabkan oleh dorongan hawa nafsu) dalam mengenal Allah SWT (ma’rifatullaah) jauh lebih berat daripada penyakit syubhat (penyakit yang disebabkan karena keragu-raguan).
Sebab, kadangkala seseorang bisa saja tidak terkena penyakit syubhat (keragu-raguan) disebabkan mereka sudah berilmu dan tetap berada pada jalan-jalan menuntut ilmu, namun dikarenakan masih ada penyakit syahwat (dorongan hawa nafsu) dalam mengenal/memahami Allah SWT, maka tetap saja mengakibatkan mereka menjadi jauh dari hidayah (petunjuk kebenaran) dan dimurkai oleh Allah ‘Azza wa Jalla.

Oleh karena itu :

โ–บ Orang yang terkena penyakit syahwat (hawa nafsu) menyebabkan dirinya DIMURKAI ALLAH SWT (ุงูŽู„ู’ู…ูŽุบู’ุถููˆู’ุจูŒ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูู…ู’).
Firman Allah SWT dalam QS. Al Fatihah [1] ayat 7,

ุตูุฑูŽุงุทูŽ ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ุฃูŽู†ู’ุนูŽู…ู’ุชูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูู…ู’ ุบูŽูŠู’ุฑู ุงู„ู’ู…ูŽุบู’ุถููˆุจู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูู…ู’ …

“(Yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai …”
   
โ–บ Sedangkan yang terkena penyakit syubhat (keragu-raguan) menyebabkan dirinya TERSESAT (ุงูŽู„ุถู‘ูŽุงู„ู‘ููˆู’ู†ูŽ).
Firman Allah SWT di ayat yang sama dalam QS. Al Fatihah [1] ayat 7,

ุตูุฑูŽุงุทูŽ ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ุฃูŽู†ู’ุนูŽู…ู’ุชูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูู…ู’ ุบูŽูŠู’ุฑู ุงู„ู’ู…ูŽุบู’ุถููˆุจู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูู…ู’ ูˆูŽู„ูŽุง ุงู„ุถู‘ูŽุงู„ู‘ููŠู†ูŽ

“(Yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.”

Na’udzubillaah tsumma na’udzubillaah… Kita berlindung kepada Allah dari hal yang demikian…

Dan mudah-mudahan kita semua terhindar serta mampu menjauhkan diri dari dua akibat besar tersebut yang akan menyeret diri kita pada keburukan dan kerugian.
Senantiasa kita memohon kepada Allah SWT dalam setiap lafazh surah Al Fatihah ayat 7 tersebut, agar Allah Ta’ala senantiasa menunjuki kita kepada jalan yang lurus, bukan jalan orang-orang yang dimurkai dan bukan pula jalan orang-orang yang sesat. Aamiiin…

Wallaahu a’lam bishshowab…
Bersambung…

๐ŸŒคโ›ฑ๐ŸŒคโ›ฑ๐ŸŒคโ›ฑ๐ŸŒคโ›ฑ๐ŸŒคโ›ฑ๐ŸŒค


Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis

Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial

๐Ÿ“ฑInfo & Pendaftaran member : https://bit.ly/Joinmanis

๐Ÿ’ฐ Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/6285279776222
wa.me/6287782223130

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here