๐ Senin, 7 Shafar 1438H / 7 November 2016
๐ *HADITS DAN FIQIH*
๐ Pemateri: *Ustadz Farid Nu’man Hasan.S.S.*
Siapakah Pemimpin yang adil itu? Al Hafizh Ibnu Hajar Rahimahullah menjelaskan tentang pemimpin yang adil:
ูุฃุญุณู ู ุง ูุณุฑ ุจู ุงูุนุงุฏู ุฃูู ุงูุฐู ูุชุจุน ุฃู ุฑ ุงููู ุจูุถุน ูู ุดูุก ูู ู ูุถุนู ู ู ุบูุฑ ุฅูุฑุงุท ููุง ุชูุฑูุท
๐Tafsir terbaik tentang pemimpin yang adil adalah orang yang mengikuti perintah Allah dengan meletakkan segala sesuatu pada tempatnya tanpa berlebihan dan menguranginya. (Fathul Bari, 2/145, 1379H. Darul Maโrifah Beirut)
Jadi, syarat utama pemimpin adil (Al Imam Al โAadil) adalah mengikuti perintah Allah ๏ทป, dan perintah Allah ๏ทป yang paling utama adalah iman kepadaNya, mentauhidkanNya, bukan kufur kepadaNya, dan menyembah selainNya, apalagi menista wahyuNya. Di sisi ini, maka pemimpin kafir itu tidak mungkin adil, justru Allah ๏ทป menyebut mereka sebagai orang-orang zalim, sebagaimana Allah ๏ทป berfirman:
ููุงููููุงููุฑูููู ููู ู ุงูุธููุงููู ูููู
๐Dan orang-orang kafir itulah orang-orang yang zalim. (QS. Al Baqarah: 254)
๐ *Islam Memuliakan Mereka*
Dari Abu Hurairah Radhiallahu ‘Anhu, bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:
ุณูุจูุนูุฉู ููุธููููููู ู ุงูููููู ููู ุธููููููุ ููููู ู ูุงู ุธูููู ุฅููููุง ุธูููููู:ุงูุฅูู ูุงู ู ุงูุนูุงุฏููู ….
๐Ada tujuh manusia yang akan Allah naungi dalam naunganNya di hari yang tidak ada naungan selain naunganNya, yaitu: pemimpin yang adil … (HR. Muttafaq ‘Alaih)
Dari Abu Hurairah Radhiallahu ‘Anhu, bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:
ุซูููุงุซูุฉู ููุง ุชูุฑูุฏูู ุฏูุนูููุชูููู ู: ุงููุฅูู ูุงู ู ุงููุนูุงุฏูููุ ููุงูุตููุงุฆูู ู ุญูุชููู ููููุทูุฑูุ ููุฏูุนูููุฉู ุงููู ูุธููููู ู
๐Ada tiga manusia yang doanya tidak ditolak, yaitu pemimpin yang adil, orang berpuasa sampai dia berbuka, dan doa orang teraniaya. (HR. Ahmad No. 8043. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan: shahih. Ta’liq Musnad Ahmad No. 8043)
๐Oleh karena itu, di antara ajaran para salafus shalih adalah mendoakan para pemimpin agar tetap on the track, yaitu hidayah Allah, kebaikan, dan memimpin dengan keadilan. Dan, sumber keadilan yang tertinggi itu adalah Al Quran dan As Sunnah.
Oleh karena itu, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah Rahimahullah menjelaskan dengan begitu apik:
ูุฌุจ ุฃู ูุนุฑู ุฃู ููุงูุฉ ุฃู
ุฑ ุงููุงุณ ู
ู ุฃุนุธู
ูุงุฌุจุงุช ุงูุฏูู ุจู ูุง ููุงู
ููุฏูู ููุง ููุฏููุง ุฅูุง ุจูุง . ูุฅู ุจูู ุขุฏู
ูุง ุชุชู
ู
ุตูุญุชูู
ุฅูุง ุจุงูุงุฌุชู
ุงุน ูุญุงุฌุฉ ุจุนุถูู
ุฅูู ุจุนุถ ุ ููุง ุจุฏ ููู
ุนูุฏ ุงูุงุฌุชู
ุงุน ู
ู ุฑุฃุณ ุญุชู ูุงู ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
: ยซ ุฅุฐุง ุฎุฑุฌ ุซูุงุซุฉ ูู ุณูุฑ ูููุคู
ูุฑูุง ุฃุญุฏูู
ยป . ุฑูุงู ุฃุจู ุฏุงูุฏ ุ ู
ู ุญุฏูุซ ุฃุจู ุณุนูุฏ ุ ูุฃุจู ูุฑูุฑุฉ .
ูุฑูู ุงูุฅู
ุงู
ุฃุญู
ุฏ ูู ุงูู
ุณูุฏ ุนู ุนุจุฏ ุงููู ุจู ุนู
ุฑู ุ ุฃู ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
ูุงู : ยซ ูุง ูุญู ูุซูุงุซุฉ ูููููู ุจููุงุฉ ู
ู ุงูุฃุฑุถ ุฅูุง ุฃู
ุฑูุง ุนูููู
ุฃุญุฏูู
ยป . ูุฃูุฌุจ ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
ุชุฃู
ูุฑ ุงููุงุญุฏ ูู ุงูุงุฌุชู
ุงุน ุงููููู ุงูุนุงุฑุถ ูู ุงูุณูุฑ ุ ุชูุจููุง ุจุฐูู ุนูู ุณุงุฆุฑ ุฃููุงุน ุงูุงุฌุชู
ุงุน . ููุฃู ุงููู ุชุนุงูู ุฃูุฌุจ ุงูุฃู
ุฑ ุจุงูู
ุนุฑูู ูุงูููู ุนู ุงูู
ููุฑ ุ ููุง ูุชู
ุฐูู ุฅูุง ุจููุฉ ูุฅู
ุงุฑุฉ . ููุฐูู ุณุงุฆุฑ ู
ุง ุฃูุฌุจู ู
ู ุงูุฌูุงุฏ ูุงูุนุฏู ูุฅูุงู
ุฉ ุงูุญุฌ ูุงูุฌู
ุน ูุงูุฃุนูุงุฏ ููุตุฑ ุงูู
ุธููู
. ูุฅูุงู
ุฉ ุงูุญุฏูุฏ ูุง ุชุชู
ุฅูุง ุจุงูููุฉ ูุงูุฅู
ุงุฑุฉ ุ ูููุฐุง ุฑูู : ยซ ุฅู ุงูุณูุทุงู ุธู ุงููู ูู ุงูุฃุฑุถ ยป ูููุงู ” ุณุชูู ุณูุฉ ู
ู ุฅู
ุงู
ุฌุงุฆุฑ ุฃุตูุญ ู
ู ูููุฉ ูุงุญุฏุฉ ุจูุง ุณูุทุงู ” . ูุงูุชุฌุฑุจุฉ ุชุจูู ุฐูู . ูููุฐุง ูุงู ุงูุณูู – ูุงููุถูู ุจู ุนูุงุถ ูุฃุญู
ุฏ ุจู ุญูุจู ูุบูุฑูู
ุง- ูููููู : ูู ูุงู ููุง ุฏุนูุฉ ู
ุฌุงุจุฉ ูุฏุนููุง ุจูุง ููุณูุทุงู
๐ โWajib diketahui, bahwa kekuasaan kepemimpinan yang mengurus urusan manusia termasuk kewajiban agama yang paling besar, bahkan agama dan dunia tidaklah tegak kecuali dengannya. Segala kemaslahatan manusia tidaklah sempurna kecuali dengan memadukan antara keduanya (agama dan kekuasaan), di mana satu sama lain saling menguatkan. Dalam perkumpulan seperti inilah diwajibkan adanya kepemimpinan, sampai-sampai Nabi Shallallahu โAlaihi wa Sallam mengatakan: โJika tiga orang keluar bepergian maka hendaknya salah seorang mereka menjadi pemimpinnya.โ Diriwayatkan Abu Daud dari Abu Said dan Abu Hurairah.
Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dalam Musnadnya dari Abdullah bin Amru, bahwa Nabi Shallallahu โAlaihi wa Sallam bersabda: โTidak halal bagi tiga orang yang berada di sebuah tempat di muka bumi ini melainkan mereka menunjuk seorang pemimpin di antara mereka.โ
Rasulullah mewajibkan seseorang memimpin sebuah perkumpulan kecil dalam perjalanan, demikian itu menunjukkan juga berlaku atas berbagai perkumpulan lainnya. Karena Allah Taโala memerintahkan amar maโruf dan nahi munkar, dan yang demikian itu tidaklah sempurna melainkan dengan kekuatan dan kepemimpinan.
Demikian juga kewajiban Allah lainnya seperti jihad, menegakkan keadilan, haji, shalat Jumat hari raya, menolong orang tertindas, dan menegakkan hudud. Semua ini tidaklah sempurna kecuali dengan kekuatan dan imarah (kepemimpinan). Oleh karena itu diriwayatkan: โSesungguhnya sultan adalah naungan Allah di muka bumi.โ
Juga dikatakan: โEnam puluh tahun bersama pemimpin zalim masih lebih baik disbanding semalam saja tanpa pemimpin.โ Pengalaman membuktikan hal itu. Oleh karena itu, para salaf โ seperti Al Fudhail bin โIyadh dan Ahmad bin Hambal serta yang lain- mengatakan: โSeandainya kami memiliki doa yang mustajab, niscaya akan kami doakan pemimpin.โ (Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, As Siyasah Asy Syarโiyyah, Hal. 169. Mawqiโ Al Islam)
Wallahu A’lam