Mulianya Pemimpin Yang Adil

0
34

๐Ÿ“† Senin,  7 Shafar 1438H / 7 November 2016

๐Ÿ“š *HADITS DAN FIQIH*

๐Ÿ“ Pemateri: *Ustadz Farid Nu’man Hasan.S.S.*

Siapakah Pemimpin yang adil itu? Al Hafizh Ibnu Hajar Rahimahullah menjelaskan tentang pemimpin yang adil:

ูˆุฃุญุณู† ู…ุง ูุณุฑ ุจู‡ ุงู„ุนุงุฏู„ ุฃู†ู‡ ุงู„ุฐูŠ ูŠุชุจุน ุฃู…ุฑ ุงู„ู„ู‡ ุจูˆุถุน ูƒู„ ุดูŠุก ููŠ ู…ูˆุถุนู‡ ู…ู† ุบูŠุฑ ุฅูุฑุงุท ูˆู„ุง ุชูุฑูŠุท

๐Ÿ“ŒTafsir terbaik tentang pemimpin yang adil adalah orang yang mengikuti perintah Allah dengan meletakkan segala sesuatu pada tempatnya tanpa berlebihan dan menguranginya. (Fathul Bari, 2/145, 1379H. Darul Maโ€™rifah Beirut)

Jadi, syarat utama pemimpin adil (Al Imam Al โ€˜Aadil) adalah mengikuti perintah Allah ๏ทป, dan perintah Allah ๏ทป yang paling utama adalah iman kepadaNya, mentauhidkanNya, bukan kufur kepadaNya, dan menyembah selainNya, apalagi menista wahyuNya. Di sisi ini, maka pemimpin kafir itu tidak mungkin adil, justru Allah ๏ทป menyebut mereka sebagai orang-orang zalim, sebagaimana Allah ๏ทป berfirman:

ูˆูŽุงู„ู’ูƒูŽุงููุฑููˆู†ูŽ ู‡ูู…ู ุงู„ุธู‘ูŽุงู„ูู…ููˆู†ูŽ

๐Ÿ“ŒDan orang-orang kafir itulah orang-orang yang zalim. (QS. Al Baqarah: 254)

๐Ÿ“š *Islam Memuliakan Mereka*

Dari Abu Hurairah Radhiallahu ‘Anhu, bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

ุณูŽุจู’ุนูŽุฉูŒ ูŠูุธูู„ู‘ูู‡ูู…ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูููŠ ุธูู„ู‘ูู‡ูุŒ ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ู„ุงูŽ ุธูู„ู‘ูŽ ุฅูู„ู‘ูŽุง ุธูู„ู‘ูู‡ู:ุงู„ุฅูู…ูŽุงู…ู ุงู„ุนูŽุงุฏูู„ู ….

๐Ÿ“ŒAda tujuh manusia yang akan Allah naungi dalam naunganNya di hari yang tidak ada naungan selain naunganNya, yaitu: pemimpin yang adil … (HR. Muttafaq ‘Alaih)

 Dari Abu Hurairah Radhiallahu ‘Anhu, bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

 ุซูŽู„ูŽุงุซูŽุฉูŒ ู„ูŽุง ุชูุฑูŽุฏู‘ู ุฏูŽุนู’ูˆูŽุชูู‡ูู…ู’: ุงู„ู’ุฅูู…ูŽุงู…ู ุงู„ู’ุนูŽุงุฏูู„ูุŒ ูˆูŽุงู„ุตู‘ูŽุงุฆูู…ู ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ูŠููู’ุทูุฑูŽุŒ ูˆูŽุฏูŽุนู’ูˆูŽุฉู ุงู„ู’ู…ูŽุธู’ู„ููˆู…ู

๐Ÿ“ŒAda tiga manusia yang doanya tidak ditolak, yaitu pemimpin yang adil, orang berpuasa sampai dia berbuka, dan doa orang teraniaya. (HR. Ahmad No. 8043. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan: shahih. Ta’liq Musnad Ahmad No. 8043)

๐Ÿ”‘Oleh karena itu, di antara ajaran para salafus shalih adalah mendoakan para pemimpin agar tetap on the track, yaitu hidayah Allah, kebaikan, dan memimpin dengan keadilan. Dan,  sumber keadilan yang tertinggi itu adalah Al Quran dan As Sunnah.

Oleh karena itu,  Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah Rahimahullah menjelaskan dengan begitu apik:

ูŠุฌุจ ุฃู† ูŠุนุฑู ุฃู† ูˆู„ุงูŠุฉ ุฃู…ุฑ ุงู„ู†ุงุณ ู…ู† ุฃุนุธู… ูˆุงุฌุจุงุช ุงู„ุฏูŠู† ุจู„ ู„ุง ู‚ูŠุงู… ู„ู„ุฏูŠู† ูˆู„ุง ู„ู„ุฏู†ูŠุง ุฅู„ุง ุจู‡ุง . ูุฅู† ุจู†ูŠ ุขุฏู… ู„ุง ุชุชู… ู…ุตู„ุญุชู‡ู… ุฅู„ุง ุจุงู„ุงุฌุชู…ุงุน ู„ุญุงุฌุฉ ุจุนุถู‡ู… ุฅู„ู‰ ุจุนุถ ุŒ ูˆู„ุง ุจุฏ ู„ู‡ู… ุนู†ุฏ ุงู„ุงุฌุชู…ุงุน ู…ู† ุฑุฃุณ ุญุชู‰ ู‚ุงู„ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… : ยซ ุฅุฐุง ุฎุฑุฌ ุซู„ุงุซุฉ ููŠ ุณูุฑ ูู„ูŠุคู…ู‘ุฑูˆุง ุฃุญุฏู‡ู… ยป . ุฑูˆุงู‡ ุฃุจูˆ ุฏุงูˆุฏ ุŒ ู…ู† ุญุฏูŠุซ ุฃุจูŠ ุณุนูŠุฏ ุŒ ูˆุฃุจูŠ ู‡ุฑูŠุฑุฉ .
ูˆุฑูˆู‰ ุงู„ุฅู…ุงู… ุฃุญู…ุฏ ููŠ ุงู„ู…ุณู†ุฏ ุนู† ุนุจุฏ ุงู„ู„ู‡ ุจู† ุนู…ุฑูˆ ุŒ ุฃู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู‚ุงู„ : ยซ ู„ุง ูŠุญู„ ู„ุซู„ุงุซุฉ ูŠูƒูˆู†ูˆู† ุจูู„ุงุฉ ู…ู† ุงู„ุฃุฑุถ ุฅู„ุง ุฃู…ุฑูˆุง ุนู„ูŠู‡ู… ุฃุญุฏู‡ู… ยป . ูุฃูˆุฌุจ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุชุฃู…ูŠุฑ ุงู„ูˆุงุญุฏ ููŠ ุงู„ุงุฌุชู…ุงุน ุงู„ู‚ู„ูŠู„ ุงู„ุนุงุฑุถ ููŠ ุงู„ุณูุฑ ุŒ ุชู†ุจูŠู‡ุง ุจุฐู„ูƒ ุนู„ู‰ ุณุงุฆุฑ ุฃู†ูˆุงุน ุงู„ุงุฌุชู…ุงุน . ูˆู„ุฃู† ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ุฃูˆุฌุจ ุงู„ุฃู…ุฑ ุจุงู„ู…ุนุฑูˆู ูˆุงู„ู†ู‡ูŠ ุนู† ุงู„ู…ู†ูƒุฑ ุŒ ูˆู„ุง ูŠุชู… ุฐู„ูƒ ุฅู„ุง ุจู‚ูˆุฉ ูˆุฅู…ุงุฑุฉ . ูˆูƒุฐู„ูƒ ุณุงุฆุฑ ู…ุง ุฃูˆุฌุจู‡ ู…ู† ุงู„ุฌู‡ุงุฏ ูˆุงู„ุนุฏู„ ูˆุฅู‚ุงู…ุฉ ุงู„ุญุฌ ูˆุงู„ุฌู…ุน ูˆุงู„ุฃุนูŠุงุฏ ูˆู†ุตุฑ ุงู„ู…ุธู„ูˆู… . ูˆุฅู‚ุงู…ุฉ ุงู„ุญุฏูˆุฏ ู„ุง ุชุชู… ุฅู„ุง ุจุงู„ู‚ูˆุฉ ูˆุงู„ุฅู…ุงุฑุฉ ุ› ูˆู„ู‡ุฐุง ุฑูˆูŠ : ยซ ุฅู† ุงู„ุณู„ุทุงู† ุธู„ ุงู„ู„ู‡ ููŠ ุงู„ุฃุฑุถ ยป ูˆูŠู‚ุงู„ ” ุณุชูˆู† ุณู†ุฉ ู…ู† ุฅู…ุงู… ุฌุงุฆุฑ ุฃุตู„ุญ ู…ู† ู„ูŠู„ุฉ ูˆุงุญุฏุฉ ุจู„ุง ุณู„ุทุงู† ” . ูˆุงู„ุชุฌุฑุจุฉ ุชุจูŠู† ุฐู„ูƒ . ูˆู„ู‡ุฐุง ูƒุงู† ุงู„ุณู„ู – ูƒุงู„ูุถูŠู„ ุจู† ุนูŠุงุถ ูˆุฃุญู…ุฏ ุจู† ุญู†ุจู„ ูˆุบูŠุฑู‡ู…ุง- ูŠู‚ูˆู„ูˆู† : ู„ูˆ ูƒุงู† ู„ู†ุง ุฏุนูˆุฉ ู…ุฌุงุจุฉ ู„ุฏุนูˆู†ุง ุจู‡ุง ู„ู„ุณู„ุทุงู†

  ๐Ÿ“Œ          โ€œWajib diketahui, bahwa kekuasaan kepemimpinan yang mengurus urusan manusia termasuk kewajiban agama yang paling besar, bahkan agama dan dunia tidaklah tegak kecuali dengannya. Segala kemaslahatan manusia tidaklah sempurna kecuali dengan memadukan antara keduanya (agama dan kekuasaan),  di mana satu sama lain saling menguatkan. Dalam perkumpulan seperti inilah diwajibkan adanya kepemimpinan, sampai-sampai Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam mengatakan: โ€œJika tiga orang keluar bepergian maka hendaknya salah seorang mereka menjadi pemimpinnya.โ€ Diriwayatkan Abu Daud dari Abu Said dan Abu Hurairah.  

            Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dalam Musnadnya dari Abdullah bin Amru, bahwa Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam bersabda: โ€œTidak halal bagi tiga orang yang berada di sebuah tempat di muka bumi ini melainkan mereka menunjuk seorang pemimpin di antara mereka.โ€

Rasulullah mewajibkan seseorang memimpin sebuah perkumpulan kecil dalam perjalanan, demikian itu menunjukkan juga berlaku atas  berbagai perkumpulan lainnya. Karena Allah Taโ€™ala memerintahkan amar maโ€™ruf dan nahi munkar, dan yang demikian itu tidaklah sempurna melainkan dengan kekuatan dan kepemimpinan.

Demikian juga kewajiban Allah lainnya seperti jihad, menegakkan keadilan, haji, shalat Jumat hari raya, menolong orang tertindas, dan menegakkan hudud. Semua ini tidaklah sempurna kecuali dengan kekuatan dan imarah (kepemimpinan). Oleh karena itu diriwayatkan: โ€œSesungguhnya sultan adalah naungan Allah di muka bumi.โ€

 Juga dikatakan: โ€œEnam puluh tahun bersama pemimpin zalim masih lebih baik disbanding semalam saja tanpa pemimpin.โ€ Pengalaman membuktikan hal itu. Oleh karena itu, para salaf โ€“ seperti Al Fudhail bin โ€˜Iyadh dan Ahmad bin Hambal serta yang lain- mengatakan: โ€œSeandainya kami memiliki doa yang mustajab, niscaya akan kami doakan pemimpin.โ€ (Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, As Siyasah Asy Syarโ€™iyyah, Hal. 169. Mawqiโ€™ Al Islam)

Wallahu A’lam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here