๐ฟ๐บ๐๐๐ผ๐๐ท๐
๐ Ustadz Farid Nu’man Hasan
๐ Iโtikaf Kaum Wanita
Dari โAisyah Radiallahu โAnha:
ุฃูููู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููุงูู ููุนูุชููููู ุงููุนูุดูุฑู ุงููุฃูููุงุฎูุฑู ู ููู ุฑูู ูุถูุงูู ุญูุชููู ุชููููููุงูู ุงูููููู ุซูู ูู ุงุนูุชููููู ุฃูุฒูููุงุฌููู ู ููู ุจูุนูุฏููู
๐Bahwasanya Nabi Shallallahu โAlaihi wa Sallam beriโtikaf pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan sampai beliau diwafatkan Allah, kemudian istri-istrinya pun Iโtikaf setelah itu.(HR. Bukhari, No. 2026, Muslim No. 1171, Abu Daud No. 2462. Ahmad No. 24613, dan lainnya)
Syaikh Al Albani Rahimahullah mengomentari hadits ini:
ูููู ุฏููู ุนูู ุฌูุงุฒ ุงุนุชูุงู ุงููุณุงุก ุฃูุถุง ููุง ุดู ุฃู ุฐูู ู ููุฏ ุจุฅุฐู ุฃูููุงุฆูู ุจุฐูู ูุฃู ู ุงููุชูุฉ ูุงูุฎููุฉ ู ุน ุงูุฑุฌุงู ููุฃุฏูุฉ ุงููุซูุฑุฉ ูู ุฐูู ูุงููุงุนุฏุฉ ุงูููููุฉ : ุฏุฑุก ุงูู ูุงุณุฏ ู ูุฏู ุนูู ุฌูุจ ุงูู ุตุงูุญ
๐Dalam hadits ini terdapat dalil bolehnya Iโtikaf bagi wanita juga, dan tidak ragu bahwa kebolehan itu terikat dengan izin para walinya, atau aman dari fitnah, dan aman dari berduaan dengan laki-laki lantaran banyak dalil yang menunjukkan hal itu, juga kaidah fiqih: menolak kerusakan lebih diutamakan dibanding mengambil maslahat. (Qiyamur Ramadhan, Hal. 35. Cet. 2. Maktabah Islamiyah, โAmman. Jordan)
Selain itu, hendaknya wanita Iโtikaf di masjid yang memungkinkan dan kondusif bagi mereka.
Berkata Syaikh Wahbah Az Zuhaili Hafizhahullah:
ูุฅุฐุง ุงุนุชููุช ุงูู ุฑุฃุฉ ูู ุงูู ุณุฌุฏุ ุงุณุชุญุจ ููุง ุฃู ุชุณุชุชุฑ ุจุดูุกุ ูุฃู ุฃุฒูุงุฌ ุงููุจู ุตููู ุงููู ุนููู ูุณูู ูู ุง ุฃุฑุฏู ุงูุงุนุชูุงู ุฃู ุฑู ุจุฃุจููุชููุ ูุถุฑุจู ูู ุงูู ุณุฌุฏุ ููุฃู ุงูู ุณุฌุฏ ูุญุถุฑู ุงูุฑุฌุงูุ ูุฎูุฑ ููู ููููุณุงุก ุฃูุง ูุฑูููู ููุง ูุฑูููู .
๐โJika wanita Iโtikaf di masjid, dianjurkan dia membuat penutup dengan sesuatu, karena para isteri Nabi Shallallahu โAlaihi wa Sallam ketika hendak iโtikaf, Beliau memerintahkan mereka untuk menjaga diri, lalu mereka mendirikan kemah di masjid, karena masjid dihadiri kaum laki-laki, dan itu lebih baik bagi mereka (kaum laki-laki) dan bagi wanita, sehingga kaum laki-laki tidak melihat mereka dan sebaliknya.โ (Al Fiqhul Islami wa Adillatuhu, 3/125)
๐ Keutamaannya
Tidak ada riwayat shahih yang mendefinitkan keutamaan Iโtikaf secara khusus. Namun, adanya berita shahih bahwa nabi, para isterinya, dan para sahabat yang senantiasa melakukannya setiap Ramadhan menunjukkan keutamaan Iโtikaf. Sebab, tidak mungkin mereka merutinkan amalan yang dianggap โbiasa saja.โ
Syaikh Sayyid Sabiq Rahimahullah menulis sbb:
ูุงู ุฃุจูุฏุงูุฏ: ููุช ูุงุญู ุฏ ุฑุญู ู ุงููู: ุชุนุฑู ูู ูุถู ุงูุงุนุชูุงู ุดูุฆุงุ ูุงู: ูุงุ ุฅูุง ุดูุฆุง ุถุนููุง.
๐ Berkata Abu Daud: Saya berkata kepada Ahmad Rahimahullah: โApakah engkau mengatahui tentang keutamaan Iโtikaf?โ Beliau berkata: โTidak, kecuali suatu riwayat yang dhaif.โ (Fiqhus Sunnah, 1/475)
๐ Syarat-Syarat Iโtikaf
ููุดุชุฑุท ูู ุงูู ุนุชูู ุฃู ูููู ู ุณูู ุงุ ู ู ูุฒุง ุทุงูุฑุง ู ู ุงูุฌูุงุจุฉ ูุงูุญูุถ ูุงูููุงุณุ ููุง ูุตุญ ู ู ูุงูุฑ ููุง ุตุจู ุบูุฑ ู ู ูุฒ ููุงุฌูุจ ููุงุญุงุฆุถ ููุง ููุณุงุก.
๐Syarat bagi orang yang beriโtikaf adalah: muslim, mumayyiz (sudah mampu membedakan salah benar, baik buruk), suci dari junub, haid, dan nifas, tidak sah jika kafir, anak-anak yang belum mumayyiz, junub, haid, dan nifas. (Fiqhus Sunnah, 1/477)
๐ Rukun-Rukun Iโtikaf
Berikut ini keterangannya:
ุฃุฑูุงูู: ุญูููุฉ ุงูุงุนุชูุงู ุงูู ูุซ ูู ุงูู ุณุฌุฏ ุจููุฉ ุงูุชูุฑุจ ุฅูู ุงููู ุชุนุงููุ ููู ูู ููุน ุงูู ูุซ ูู ุงูู ุณุฌุฏ ุฃู ูู ุชุญุฏุซ ููุฉ ุงูุทุงุนุฉ ูุง ููุนูุฏ ุงูุงุนุชูุงู.
๐Rukun-rukunnya: hakikat dari Iโtikaf adalah tinggal di masjid dengan niat taqarrub ilallah Taโala. Seandainya tidak menetap di masjid atau tidak ada niat melaksanakan ketaatan, maka tidak sah disebut iโtikaf . (Ibid)
๐Jadi, ada dua rukun: niat untuk ibadah dan menetap di masjid.
๐ธBersambung ๐ธ
๐ฟ๐บ๐๐๐ผ๐๐ท๐๐น
Dipersembahkan oleh : www.manis.id
Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis
Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial
๐ฑInfo & Pendaftaran member : https://bit.ly/Joinmanis
๐ฐ Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/6285279776222
wa.me/6287782223130







