Aku Tau Diriku

0
60

🌸🍃🌸🍃🌸🍃🌸🍃🌸🍃🌸🍃

📝Oleh: Tim Psikologi Manis 4 Teen

Assalamualaikum warahmatullohi wabarakatuh
Gimana kabar member group manis 4 teen???

semoga semuanya selalu dalam limpahan Rahmat Allah S.W.T. aamiin

Tahu gak sih…kalau manusia itu akan mengalami perkembangan di setiap rentang usia lhoo…ketika kita lahir kita masuk dalam tahap perkembangan masa bayi kemudian tubuh kita berkembang terus sampai ke masa kanak-kanak. Setelah masa kanak-kanak masuklah ke masa puber,apa itu puber?

Menurut Hurlock,seorang pakar perkembangan psikologi,puber adalah suatu tahap dalam perkembangan dimana terjadi kematangan alat-alat seksual dan tercapainya kemampuan reproduksi. Setiap manusia pasti mengalami masa ini hanya rentang usia berbeda-beda. Umumnya anak perempuan sekitar usia 11-15 tahun dan anak laki2 sekitar usia 12-16 tahun.

Kamu sudah masuk usia ini belum yaaa??atau sudah mengalaminya??
Karena masa puber ini pendekk binggittt….bisa jadi tiap dari kita masuk masa pubernya berbeda-beda. Ketika kamu mengalami haid maka disitulah masuk masa puber. Kemudian di ikuti perubahan-perubahan lainnya pada anggota tubuh,seperti. Proporsi tubuh berubah,pinggul melebar,buah dada mulai mengembang,kulit menjadi lebih berminyak,emosi mulai berubah,Tiba2 merasa marah,khawatir,gelisah bahkan sedih.

Kamu Pernah merasakan?

Islam menaruh  perhatian yang penting lhoo di masa puber ini. Islam menamakan masa ini adalah masa balig. Dimana sudah harus bertanggung jawab pada diri masing-masing atas setiap niat&perbuatan yang dilakukannya. Jika sudah bertanggung jawab dengan diri sendiri berarti segala apa2 yang dilakukan kelak akan diminta pertanggungjawaban di hadapan Allah. Pahami ayat berikut ini

اَلْيَوْمَ  نَخْتِمُ عَلٰٓى اَفْوَاهِهِمْ وَتُكَلِّمُنَاۤ اَيْدِيْهِمْ وَتَشْهَدُ اَرْجُلُهُمْ بِمَا كَانُوْا  يَكْسِبُوْنَ

Pada hari ini Kami tutup mulut mereka; tangan mereka akan berkata kepada Kami dan kaki mereka akan memberi kesaksian terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan.

[QS. Ya Sin: Ayat 65]

Ternyata mulut yang biasa digunakan untuk membela diri ditutup rapat oleh Allah! Yang berbicara adalah anggota tubuh lainnya. Soo…..perlu berhati-hati dalam bertindak..

Trus setelah masa puber masuk masa apa??

Yupp…setelah masa puber masuklah masa remaja atau sering disebut masa muda. Kayak lagu bang Rhoma yaa : darah muda darahnya para remaja….eitss!! Jangan joget sambil pegang hape lhoo…cukup di ingat saja lagunya. Masa remaja adalah masa dimana mulai berintegrasi dengan masyarakat dewasa,dimana pada usia ini muncul keinginan untuk menjadi sosok dewasa. Masa ini dianggap menjadi masa yang paling efektif untuk berkarya karena tubuhnya kuat dan semangat muda bergejolak tinggi. Usia remaja kisaran 15-17 tahun..

ada yang berusia 17 tahun di sini?? Sepertinya ada tuh….

Apa yang seharusnya dilakukan remaja seusia kalian?
1Bertaqwa kepada Allah
2Berbakti pada Orang tua
3Pilih teman yang mengajak kebaikan…apalagi teman yang mengajak selalu dekat dg Al-Qur’an. Keren tuhh…..
4Menjaga kemaluan
5Menahan pandangan dari hal-hal yang tidak bermanfaat

Baiklah….Sekian dulu materi hari ini ketemu lagi jumat depan,insyallah.
============================


Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis

Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial

📱Info & Pendaftaran member : https://bit.ly/gabungmanis

💰 Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/6285279776222
wa.me/6287782223130

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here