Kapan Shalat Rawatib Dilakukan?

0
62

Pertanyaan

Assalamuallaikum  wr wb, ustadz  mau bertanya berkaitan pelaksanaan shalat rawatib ( yang apabila dilaksanakan saat akan shalat sendiri) dan kapan saja shalat rawatib itu (soalnya ada sya denger shalat sunnah sebelum shalat ashar tidak ada, tapi beberapa buku ada).
Mohon penjelasannya.
Syukron. Member๐Ÿ…ฐ2โƒฃ8โƒฃ.

๐ŸŒฟ๐ŸŒบ๐Ÿ‚๐Ÿ€๐ŸŒผ๐Ÿ„๐ŸŒท      


Jawaban

โœOleh: Ust. Abdullah Haidir Lc

Wa’alaikum salam wr wb,
Sholat sunah rawatib maksudnya adalah shalat sunah yang mendampingi shalat fardhu, baik sebelumnya (sering diistilahkan dg qabliah) atau sesudahnya (sering diistilahkan dg ba’diah) dan sifatnya sangat ditekankan… kalau bisa jangan ditinggal, krn Nabi biasanya melakukan hal tsb dan memberi penekanan khusus. 

Jumlahnya memang ada perselisihan, meskipun dpt dikompromikan…. ada dua riwayat; Yg satu menyebutkan 10 rakaat, yg satu lagi 12 rakaat.kedua2anya ada haditsnya… meskipun yg menyatakan 12 rakaat lebih kuat, yaitu: 2 rakaat sebelum shubuh, 4 rakaat sebelum zuhur, 2 rakaat sesudahnya, 2 rakaat sesudah maghrib dan 2 rakaat sesudah Isya..Adapun shalat sunah 4 rakaat sebelum Ashar, para ulama juga berbeda pendapat, antara yg menyatakan sbg rawatib, dan tidak… akan tetapi lebih kuat bukan rawatib, namun dia tetap sunah, bagus kalau dilaksanakan…. karena hadits yg menjadi landasannay diperdebatkan keshahihannya, walaupun dikuatkan keshahihannya…. 

 ุฑูŽุญูู…ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุงู…ู’ุฑูŽุฃู‹ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ู‚ูŽุจู’ู„ูŽ ุงู„ู’ุนูŽุตู’ุฑู ุฃูŽุฑู’ุจูŽุนู‹ุง . ” ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุชุฑู…ุฐูŠ

Semoga Allah merahmati seseorang yang shalat empat rakaat sebelum Ashar.. (HR. Tirmizi)

Wallahu a’lam


Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis

Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial

๐Ÿ“ฑInfo & Pendaftaran member : https://bit.ly/Joinmanis

๐Ÿ’ฐ Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/6285279776222
wa.me/6287782223130

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here