Sudahkah Kita Menjadi Orang Tua yang Sholih?

0
57

๐ŸŒฟ๐ŸŒบ๐Ÿ‚๐Ÿ€๐ŸŒผ๐Ÿ„๐ŸŒท๐Ÿ๐ŸŒน

๐Ÿ“ Pemateri: Dra. Indra Asih

Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda,

ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ุนูŽุฒู‘ูŽ ูˆูŽุฌูŽู„ู‘ูŽ ู„ูŽูŠูŽุฑู’ููŽุนู ุงู„ุฏู‘ูŽุฑูŽุฌูŽุฉูŽ ู„ูู„ู’ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ุตู‘ูŽุงู„ูุญู ูููŠ ุงู„ู’ุฌูŽู†ู‘ูŽุฉู ููŽูŠูŽู‚ููˆู„ู ูŠูŽุง ุฑูŽุจู‘ู ุฃูŽู†ู‘ูŽู‰ ู„ููŠ ู‡ูŽุฐูู‡ู ููŽูŠูŽู‚ููˆู„ู ุจูุงุณู’ุชูุบู’ููŽุงุฑู ูˆูŽู„ูŽุฏููƒูŽ ู„ูŽูƒูŽ

โ€œSesunguhnya Allah taโ€™ala akan mengangkat derajat seorang hamba yang shalih di surga. Kemudian dia akan berkata, โ€œWahai Rabb-ku, bagaimana hal ini bisa terjadi padaku?

Maka Allah menjawab, โ€œHal itu dikarenakan doโ€™a yang dipanjatkan anakmu agar kesalahanmu diampuni.โ€ (HR. Ahmad).

Allah taโ€™ala langsung membebankan tanggung jawab pendidikan anak kepada kedua orang tua.

ูŠูŽุง ุฃูŽูŠู‘ูู‡ูŽุง ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ุขู…ูŽู†ููˆุง ู‚ููˆุง ุฃูŽู†ู’ููุณูŽูƒูู…ู’ ูˆูŽุฃูŽู‡ู’ู„ููŠูƒูู…ู’ ู†ูŽุงุฑู‹ุง ูˆูŽู‚ููˆุฏูู‡ูŽุง ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณู ูˆูŽุงู„ู’ุญูุฌูŽุงุฑูŽุฉู (ูฆ)

โ€œHai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu.โ€ (At Tahrim: 6).

Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam juga memikulkan tanggung jawab pendidikan anak ini secara utuh kepada kedua orang tua.

Dari Ibnu radhiallahu โ€˜anhu, bahwa dia berkata, Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda,

ูƒูู„ู‘ููƒูู…ู’ ุฑูŽุงุนู ูˆูŽูƒูู„ู‘ููƒูู…ู’ ู…ูŽุณู’ุฆููˆู„ูŒ ุนูŽู†ู’ ุฑูŽุนููŠู‘ูŽุชูู‡ู ุงู„ู’ุฅูู…ูŽุงู…ู ุฑูŽุงุนู ูˆูŽู…ูŽุณู’ุฆููˆู„ูŒ ุนูŽู†ู’ ุฑูŽุนููŠู‘ูŽุชูู‡ู ูˆูŽุงู„ุฑู‘ูŽุฌูู„ู ุฑูŽุงุนู ูููŠ ุฃูŽู‡ู’ู„ูู‡ู ูˆูŽู‡ููˆูŽ ู…ูŽุณู’ุฆููˆู„ูŒ ุนูŽู†ู’ ุฑูŽุนููŠู‘ูŽุชูู‡ู

โ€œSetiap kalian adalah pemimpin dan akan dimintai pertanggungjawaban atas kepemimpinannya.
Seorang imam adalah pemimpin dan akan dimintai pertanggunjawabannya dan demikian juga seorang pria adalah seorang pemimpin bagi keluarganya dan akan dimintai pertanggungjawaban atas kepemimpinannya.โ€ (HR. Bukhari).

๐Ÿ”‘ Tanggung jawab pendidikan anak ini harus ditangani langsung oleh kedua orang tua.

Sedangkan para pendidik yang mendidik anak di sekolah-sekolah, hanyalah partner bagi orang tua dalam proses pendidikan anak.

Pendidikan yang diberikan orang tua merupakan pemberian yang berharga bagi sang anak, meski terkadang hal itu jarang disadari.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Al-Hakim, Nabi shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda,

ู…ุง ู†ุญู„ ูˆุงู„ุฏ ูˆู„ุฏู‡ ุฃูุถู„ ู…ู† ุฃุฏุจ ุญุณู†

โ€œTiada suatu pemberian yang lebih utama dari orang tua kepada anaknya selain pendidikan yang baik.โ€ (HR. Al Hakim).

ูˆูŽุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ูŠูŽู‚ููˆู„ููˆู†ูŽ ุฑูŽุจู‘ูŽู†ูŽุง ู‡ูŽุจู’ ู„ูŽู†ูŽุง ู…ูู†ู’ ุฃูŽุฒู’ูˆูŽุงุฌูู†ูŽุง ูˆูŽุฐูุฑูู‘ูŠู‘ูŽุงุชูู†ูŽุง ู‚ูุฑู‘ูŽุฉูŽ ุฃูŽุนู’ูŠูู†ู ูˆูŽุงุฌู’ุนูŽู„ู’ู†ูŽุง ู„ูู„ู’ู…ูุชู‘ูŽู‚ููŠู†ูŽ ุฅูู…ูŽุงู…ู‹ุง (ูงูค)

โ€œYa Rabb kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.โ€ (Al Furqan: 74).

๐Ÿ”‘ Jika kita menginginkan anak-anak shalih, maka kita juga harus menjadi orang yang shalih. ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

Ada pepatah Arab yang bagus mengenai hal ini,

ูƒูŠู ุงุณุชู‚ู… ุงู„ุธู„ ูˆ ุนูˆุฏู‡ ุฃุนูˆุฌ

๐Ÿ”…โ€œBagaimana bisa bayangan itu lurus sementara bendanya bengkok?โ€๐Ÿ”…

Kita selaku orang tua adalah bendanya sedangkan anak-anak kita adalah bayangannya. Jika diri kita bengkok, maka anak pun akan bengkok dan rusak. Dan sebaliknya, jika diri kita lurus, maka insya Allah anak-anak akan lurus.

Allah taโ€™ala berfirman,

ุฐูุฑูู‘ูŠู‘ูŽุฉู‹ ุจูŽุนู’ุถูู‡ูŽุง ู…ูู†ู’ ุจูŽุนู’ุถู ูˆูŽุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุณูŽู…ููŠุนูŒ ุนูŽู„ููŠู…ูŒ

โ€œKeturunan itu sebagiannya merupakan (turunan) dari yang lain.โ€ (Ali Imran: 34).

Maksud dari ayat di atas adalah orang tua yang baik, sumber yang baik, insya Allah akan menghasilkan keturunan yang baik pula.

Kelak di surga, Allah taโ€™ala pun akan mengumpulkan sang anak bersama orang tua mereka yang shalih, meskipun amalan sang anak tidak dibanding amalan orang tua.

ูˆูŽุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ุขู…ูŽู†ููˆุง ูˆูŽุงุชู‘ูŽุจูŽุนูŽุชู’ู‡ูู…ู’ ุฐูุฑูู‘ูŠู‘ูŽุชูู‡ูู…ู’ ุจูุฅููŠู…ูŽุงู†ู ุฃูŽู„ู’ุญูŽู‚ู’ู†ูŽุง ุจูู‡ูู…ู’ ุฐูุฑูู‘ูŠู‘ูŽุชูŽู‡ูู…ู’ ูˆูŽู…ูŽุง ุฃูŽู„ูŽุชู’ู†ูŽุงู‡ูู…ู’ ู…ูู†ู’ ุนูŽู…ูŽู„ูู‡ูู…ู’ ู…ูู†ู’ ุดูŽูŠู’ุกู ูƒูู„ู‘ู ุงู…ู’ุฑูุฆู ุจูู…ูŽุง ูƒูŽุณูŽุจูŽ ุฑูŽู‡ููŠู†ูŒ (ูขูก)

โ€œDan orang-orang yang beriman, dan anak cucu mereka yang mengikuti mereka dalam keimanan, Kami hubungkan anak cucu mereka dengan mereka, dan Kami tiada mengurangi sedikitpun dari pahala amal mereka. tiap-tiap manusia terikat dengan apa yang dikerjakannya.โ€ (Ath Thuur: 21).

Allah taโ€™ala memasukkan anak-anak orang mukmin ke dalam surga dengan syarat mereka juga beriman.

Betapa menyenangkannya, jika kita berkumpul bersama keluarga kita di surga sebagaimana kita berkumpul di dunia ini.

Meskipun amal ibadah sang anak tidak sepadan dengan kedua orang tuanya, amalnya kurang daripada orang tuanya, namun Allah tetap memasukkan keturunannya ke dalam surga.

Mengapa? Karena keshalehan kedua orang tuanya.

Betapa penting menjadikan pribadi kita, yaitu orang tua, menjadi pribadi yang shalih, sampai-sampai salah seorang yang shalih pernah mengatakan,

ูŠุง ุจู†ูŠ ุฅู†ูŠ ู„ุฃุณุชูƒุซุฑ ู…ู† ุงู„ุตู„ุงุฉ ู„ุฃุฌู„ูƒ

โ€œWahai anakku, sesungguhnya aku memperbanyak shalat karenamu (dengan harapan Allah akan menjagamu).โ€

Ada seorang tabiโ€™in yang bernama Saโ€™id ibn al-Musayyib rahimahullah juga pernah berkata,

ุฅู†ูŠ ู„ุฃุตู„ูŠ ูุฃุฐูƒุฑ ูˆู„ุฏูŠ ูุฃุฒูŠุฏ ููŠ ุตู„ุงุชูŠ

โ€œAda kalanya ketika aku shalat, aku teringat akan anakku, maka aku pun menambah shalatku (agar anak-anakku dijaga oleh Allah taโ€™ala).โ€

๐Ÿ‚Semoga Allah mudahkan kita untuk mampu menjadi pribadi yang baik, taat kepada Allah dan shalih, kita jalankan perintah-perintah Allah dan meninggalkan larangan-larangan-Nya dengan harapan nantinya Allah taโ€™ala menjaga dan memelihara anak-anak kita.๐Ÿ‚

Aamiin Ya Mujiibassaailiin..

๐ŸŒฟ๐ŸŒบ๐Ÿ‚๐Ÿ€๐ŸŒผ๐Ÿ„๐ŸŒท๐Ÿ๐ŸŒน


Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis

Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial

๐Ÿ“ฑInfo & Pendaftaran member : https://bit.ly/Joinmanis

๐Ÿ’ฐ Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/6285279776222
wa.me/6287782223130

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here