Hukum Makan Tulang

0
39

๐ŸŒฟ๐ŸŒบ๐Ÿ‚๐Ÿ€๐ŸŒผ๐Ÿ„๐ŸŒท๐ŸŒน

๐Ÿ“ Pemateri: Ustadz Syahroni Mardani

Larangan istinja (cebok) menggunakan tulang, sebab tulang makanan jin. Tapi kalau manusia mau makan tulang hukumnya boleh boleh saja, selama tidak merusak kesehatan.

Suatu hari sahabat Abลซ Hurairah raแธiyallฤhu โ€˜anhu diperintahkan untuk mencari bebatuan yang akan digunakan oleh Nabi ๏ทบ untuk beristinja dan beliau melarang Abลซ Hurairah untuk tidak mengambil kotoran hewan yang kering atau tulang.
Setelah Rasullullah ๏ทบ selesai dengan hajatnya, Abลซ Hurairah raแธiyallฤhu โ€˜anhu pun bertanya mengapa tidak boleh bersuci dengan tulang dan kotoran kering hewan, Rasulullah ๏ทบ bersabda,

((ู‡ูู…ูŽุง ู…ูู†ู’ ุทูŽุนูŽุงู…ู ุงู„ุฌูู†ู‘ูุŒ ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ุฃูŽุชูŽุงู†ููŠ ูˆูŽูู’ุฏู ุฌูู†ู‘ู ู†ูŽุตููŠุจููŠู†ูŽุŒ ูˆูŽู†ูุนู’ู…ูŽ ุงู„ุฌูู†ู‘ูุŒ ููŽุณูŽุฃูŽู„ููˆู†ููŠ ุงู„ุฒู‘ูŽุงุฏูŽุŒ

ููŽุฏูŽุนูŽูˆู’ุชู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ู„ูŽู‡ูู…ู’ ุฃูŽู†ู’ ู„ุงูŽ ูŠูŽู…ูุฑู‘ููˆุง ุจูุนูŽุธู’ู…ูุŒ ูˆูŽู„ุงูŽ ุจูุฑูŽูˆู’ุซูŽุฉู ุฅูู„ู‘ูŽุง ูˆูŽุฌูŽุฏููˆุง ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูŽุง ุทูŽุนูŽุงู…ู‹ุง)).

Keduanya adalah makanan kaum Jin, telah datang sekelompok utusan kaum Jin Naแนฃฤซbฤซn (sebaik-baiknya kaum Jin), mereka meminta kepada saya bekal (makanan), maka saya berdoa kepada Allah U agar dalam perjalanan mereka mendapatkan makanan pada tulang dan kotoran hewan yang mereka lewati.โ€ (HR Bukhari)

#ngajisatumenit
@syahronimardani

Wallahu A’lam

๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒบ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒบ๐Ÿƒ๐Ÿƒ


Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis

Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial

๐Ÿ“ฑInfo & Pendaftaran member : https://bit.ly/Joinmanis

๐Ÿ’ฐ Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/6285279776222
wa.me/6287782223130

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here