Bicara Berasa Dunia Akhirat

0
82

๐Ÿ“ Pemateri: Ustadz Umar Hidayat, M.Ag

๐ŸŒฟ๐ŸŒบ๐Ÿ‚๐Ÿ€๐ŸŒผ๐Ÿ„๐ŸŒท๐ŸŒน

Bicara itu mudah, mudah membahagiakan. Mudah menyakitkan. Kadang ada orang yang bicaranya sedikit tapi menyakitkan. Ada benarnya orang jawa suka berungkap: “Omongmu koyo telo, sithik tapi nyereti.”

Kadang pula ada orang yang banyak bicara tapi tak ada isinya. Banyak omongnya tapi satupun tak ada maknanya. Boros kata kehilangan makna lagi.

Bicaralah dengan hati agar engkau mudah dipahami dan tak menyakiti. Bicaralah dengan jiwa agar engkau lapang dada. Bicaralah dengan cermin agar engkau tahu apa efek dari ucapanmu. Bicaralah dengan kepala dingin agar engkau menyejukkan. Bicaralah seperlunya agar engkau tak semaunya.

Bicaralah dengan iman agar orang yang mendengar terasa aman. Bicaralah dengan tawadhu’ agar engkau lebih merunduk. Bicaralah dengan adab agar engkau terhindar dari adzab.

Lidah tak bertulang. Sekali bicara luka makin menganga. Padahal luka yang diakibatkan lidah bisa lebih parah dari pada oleh pisau. Padahal kita sering lupa bahwa semua akan ada pertanggung
jawabannya.

Maka mari kita bicara sepenuh adab. Hendaknya semua pembicaran selalu dalam kebaikan. Hindari najwa yang negatif. Allah mengingatkan kita:

โ€œTidak ada kebaikan pada kebanyakan bisik-bisikan mereka, kecuali bisik-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah atau berbuat ma`ruf, atau mengadakan perdamaian diantara manusia.” (QS. An-Nisa : 114)

Patut kiranya kita menghindari perkataan yang tak berguna.

ูˆูŽุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ู‡ูู…ู’ ุนูŽู†ู ุงู„ู„ู‘ูŽุบู’ูˆู ู…ูุนู’ุฑูุถููˆู†

โ€Dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna โ€ (QS. Al-Muโ€™minun : 3)

Bahkan Rasulullah mewanti kita untuk memilih diam atau berkata yang baik.

ู…ูŽู†ู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูุคู’ู…ูู†ู ุจูุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽุงู„ู’ูŠูŽูˆู’ู…ู ุงู„ู’ุขุฎูุฑู ููŽู„ู’ูŠูŽู‚ูู„ู’ ุฎูŽูŠู’ุฑู‹ุง ุฃูŽูˆู’ ู„ููŠูŽุตู’ู…ูุชู’

โ€œBarangsiapa yang beriman pada Allah dan hari akhir maka hendaklah berkata baik atau lebih baik diam.โ€ (HR Bukhari 6018 Muslim 47)

Bagaimana dengan kita?????

๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒบ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒบ๐Ÿƒ๐Ÿƒ


Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis

๐Ÿ“ฑInfo & Pendaftaran member : https://bit.ly/Joinmanis

๐Ÿ’ฐ Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
+62 852-7977-6222
+62 822-9889-0678

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here