KEUTAMAAN BULAN RAJAB

0
48

๐ŸŒฟ๐ŸŒบ๐Ÿ‚๐Ÿ€๐ŸŒผ๐Ÿ„๐ŸŒท๐ŸŒน

๐Ÿ“ Khutbah Jum’at Oleh: Ust. Umar Mujtahid (IKADI DIY)

ุงูŽู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏู ู„ูู„ู‘ูŽู‡ู ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู’ ููŽุถู‘ูŽู„ูŽ ุจูŽุนู’ุถูŽ ุงู„ู’ุฃูŽูŠู‘ูŽุงู…ู ู„ูู†ููƒู’ุซูุฑูŽ ู…ูู†ูŽ ุงู„ุทู‘ูŽุงุนูŽุงุชุŒ ูˆูŽู†ูŽุจู’ุชูŽุนูุฏูŽ ุนูŽู†ู ุงู„ู’ู…ูŽุนูŽุงุตููŠ ูˆูŽุงู„ู’ู…ูู†ู’ูƒูŽุฑูŽุงุช
ูˆูŽุฃูŽุดู’ู‡ูŽุฏู ุฃูŽู†ู’ ู„ูŽุง ุฅูู„ูŽู‡ูŽ ุฅูู„ู‘ูŽุง ุงู„ู„ู‡ูŽ ูˆูŽุญู’ุฏูŽู‡ู ู„ูŽุง ุดูŽุฑููŠู’ูƒูŽ ู„ูŽู‡ุŒ ุฎูŽุงู„ูู‚ู ุงู„ู’ุฃูŽุฑู’ุถู ูˆูŽุงู„ุณู‘ูŽู…ูŽุงูˆูŽุงุชุŒ ูˆูŽุฃูŽุดู’ู‡ูŽุฏู ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุณูŽูŠู‘ูุฏูŽู†ูŽุง ู…ูุญูŽู…ู‘ูŽุฏู‹ุง ุนูŽุจู’ุฏูู‡ู ูˆูŽุฑูŽุณููˆู’ู„ูู‡ุŒ ุตูŽุงุญูุจู ุงู„ู’ูƒูŽุฑูŽุงู…ูŽุงุชู ูˆูŽุงู„ู’ู…ูุนู’ุฌูุฒูŽุงุช
ุงู„ู„ู‘ูฐู‡ูู…ู‘ูŽ ุตูŽู„ูู‘ ุนูŽู„ู‰ ุนูŽุจู’ุฏููƒูŽ ุณูŽูŠูู‘ุฏูู†ูŽุง ูˆูŽุฑูŽุณููˆู’ู„ููƒูŽ ู…ูุญูŽู…ู‘ูŽุฏู ูˆุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ูู‡ู ูˆูŽุตูŽุญู’ุจูู‡ู ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ุชูŽุจูุนูŽู‡ูู…ู’ ุฅูู„ูŽู‰ ูŠูŽูˆู’ู…ู ุชูุฌู’ุฒูŽู‰ ุงู„ู’ุญูŽุณูŽู†ูŽุงุชู ูˆูŽุงู„ุณู‘ูŽูŠูู‘ุฆูŽุงุช.
ุฃูŽู…ู‘ูŽุง ุจูŽุนู’ุฏูุ›
ููŽูŠูŽุง ุนูุจูŽุงุฏูŽ ุงู„ู„ู‡ุŒ ุงูุชู‘ูŽู‚ููˆู’ุง ุงู„ู„ู‡ูŽ ุญูŽู‚ู‘ูŽ ุชูู‚ูŽุงุชูู‡ู ูˆูŽู„ูŽุงุชูŽู…ููˆู’ุชูู†ู‘ูŽ ุงูู„ู‘ูŽุง ูˆูŽุฃูŽู†ู’ุชูู…ู’ ู…ูุณู’ู„ูู…ููˆู’ู†ูŽ. ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ู„ู‡ ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰: ุฃูŽุนููˆู’ุฐู ุจูุงู„ู„ู‡ู ู…ูู†ูŽ ุงู„ุดู‘ูŽูŠู’ุทูŽุงู†ู ุงู„ุฑู‘ูŽุฌููŠู’ู…ู: ยซูŠูŽุฃูŽูŠู‘ูู‡ูŽุง ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู’ู†ูŽ ุกูŽุงู…ูŽู†ููˆู’ุง ุฅูุชู‘ูŽู‚ููˆุง ุงู„ู„ู‡ูŽ ุญูŽู‚ู‘ูŽ ุชูู‚ูŽุงุชูู‡ู ูˆูŽู„ุงูŽุชูŽู…ููˆู’ุชูู†ู‘ูŽ ุฅูู„ู‘ูŽุง ูˆูŽุฃู‘ู†ู’ุชูู…ู’ ู…ูุณู’ู„ูู…ููˆู’ู†ูŽยป

Hadirin Jamaah Jumat Rahimakumullah
Dalam tahun Hijriah, terdapat bulan-bulan yang disucikan dan diagungkan oleh Allah Swt. Sebagian bulan tersebut, dimuliakan karena adanya ibadah tertentu yang mempunyai kedudukan yang tinggi seperti bulan Ramadhan dan Bulan Dzulhijjah. Sebagian bulan dimuliakan hingga diharamkan berperang pada bulan-bulan tersebut. Maka kemudian bulan-bulan tersebut diberi nama al-Asyhur al-Hurum, atau bulan-bulan yang haram. Haram di sini bermakna dimuliakan, yaitu dari kata al-Hurmah yang berarti kemuliaan. Atau disebut bulan haram karena di dalamnya diharamkan melakukan peperangan. Bulan-bulan tersebut adalah bulan Dzulqaidah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab. Allah Swt. berfirman dalam Alquran surah at-Taubah ayat 36:

ุฅูู†ู‘ูŽ ุนูุฏู‘ูŽุฉูŽ ุงู„ุดู‘ูู‡ููˆุฑู ุนูู†ู’ุฏูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุงุซู’ู†ูŽุง ุนูŽุดูŽุฑูŽ ุดูŽู‡ู’ุฑู‹ุง ูููŠ ูƒูุชูŽุงุจู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุฎูŽู„ูŽู‚ูŽ ุงู„ุณู‘ูŽู…ูŽุงูˆูŽุงุชู ูˆูŽุงู„ู’ุฃูŽุฑู’ุถูŽ ู…ูู†ู’ู‡ูŽุง ุฃูŽุฑู’ุจูŽุนูŽุฉูŒ ุญูุฑูู…ูŒ ุฐูŽู„ููƒูŽ ุงู„ุฏูู‘ูŠู†ู ุงู„ู’ู‚ูŽูŠูู‘ู…ู ููŽู„ูŽุง ุชูŽุธู’ู„ูู…ููˆุง ูููŠู‡ูู†ู‘ูŽ ุฃูŽู†ู’ููุณูŽูƒูู…ู’

โ€Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu dia menciptakan langit dan bumi, diantaranya ada empat bulan haram (untuk perang). Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu…โ€ (Q.s. At-Taubah: 36)

Rasulullah Saw. Juga bersabda:

ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ุฒู‘ูŽู…ูŽุงู†ูŽ ู‚ูŽุฏู ุงุณู’ุชูŽุฏูŽุงุฑูŽ ูƒูŽู‡ูŽูŠู’ุฆูŽุชูู‡ู ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุฎูŽู„ูŽู‚ูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุงู„ุณู‘ูŽู…ูŽุงูˆูŽุงุชู ูˆุงู„ุฃูŽุฑู’ุถูŽ: ุงูŽู„ุณู‘ูŽู†ูŽุฉู ุงูุซู’ู†ูŽุง ุนูŽุดูŽุฑูŽ ุดูŽู‡ู’ุฑู‹ุงุŒ ู…ูู†ู’ู‡ูŽุง ุฃูŽุฑู’ุจูŽุนูŽุฉูŒ ุญูุฑูู…ูŒ: ุซูŽู„ูŽุงุซูŒ ู…ูุชูŽูˆูŽุงู„ููŠูŽุงุชูŒ: ุฐููˆ ุงู„ู‚ูŽุนู’ุฏูŽุฉูุŒ ูˆูŽุฐููˆ ุงู„ุญูุฌู‘ูŽุฉูุŒ ูˆูŽุงู„ู’ู…ูุญูŽุฑู‘ูŽู…ูุŒ ูˆุฑูŽุฌูŽุจู ู…ูุถูŽุฑูŽ ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู’ ุจูŽูŠู’ู†ูŽ ุฌูู…ูŽุงุฏูŽู‰ ูˆูŽุดูŽุนู’ุจูŽุงู†ูŽ

“Sesungguhnya zaman telah berputar sebagaimana ketika Allah menciptakan langit dan bumi. Setahun itu ada dua belas bulan, diantaranya terdapat empat bulan yang dimuliakan, tiga bulan berturut-turut; Dzulqaโ€™dah, Dzulhijjah, dan Muharram serta Rajab Mudhar, yang terdapat diantara bulan Jumadil Akhirah dan Syaโ€™ban.” (Muttafaq โ€˜Alaih)

Ibnu Katsir menjelaskan dalam tafsirnya bahwa kezaliman pada bulan-bulan haram dosanya lebih besar dibandingkan perbuatan zalim pada bulan lainnya. Walaupun pada dasarnya kezaliman sendiri adalah sebuah dosa besar, akan tetapi jika dilakukan pada bulan-bulan haram maka dosanya menjadi lebih besar di sisi Allah. Dan adalah menjadi hak Allah untuk mengagungkan ciptaan-ciptaan-Nya sebagaimana yang Ia kehendaki. Hal ini seperti ketika Allah memilih diantara malaikat-malaikatnya seorang malaikat yang menjadi perantara antara Dia dan para Rasul. Demikian juga Allah memilih sebagian manusia untuk mengemban risalah-Nya. Allah juga memilih masjid sebagai tempat yang paling disukai-Nya dan sebagainya. (Tafsir Ibnu Katsir: 4/148)

Maโ€™asyiral Muslimin Rahimakumullah
Dalam khutbah Jumat hari ini, khatib akan menyampaikan fadhilah atau keutamaan salah satu bulan haram yaitu bulan Rajab.  

Bulan Rajab ialah bulan yang ketujuh dari bulan Hijriah. Pada Jumat  ini kita telah sampai ke tanggal 12 Rajab. Ibnu Katsir menjelaskan, kata Rajab diambil dari kata at-Tarjib yang berarti mengagungkan.

Selain menjadi salah satu dari al-Asyhur al-Hurum, bulan Rajab juga merupakan bulan yang dekat dengan bulan Ramadhan, dimana dahulu Rasulullah dan para shahabat telah menyiapkan diri untuk menyambutnya. Oleh karena itu, Ibnu Rajab al-Hambali menyatakan bahwa bulan Rajab adalah pintu menuju bulan yang penuh berkah dan kebaikan. Demikian juga Abu Bakar al-Warraq, seorang ulama abad ketiga Hijriah berkata: Bulan Rajab adalah bulan menanam, bulan Syaโ€™ban adalah bulan menyirami dan bulan Ramadhan adalah bulan memanen. (Lathaif al-Maโ€™arif: 121)

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Imam Ahmad disebutkan bahwa ketika memasuki bulan Rajab, Rasulullah berdoa: 

ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ุจูŽุงุฑููƒู’ ู„ูŽู†ูŽุง ูููŠ ุฑูŽุฌูŽุจู ูˆูŽุดูŽุนู’ุจูŽุงู†ูŽ ูˆูŽุจูŽุงุฑููƒู’ ู„ูŽู†ูŽุง ูููŠ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ

“Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Syaโ€™ban dan juga berkahilah kami di bulan Ramadhan.” (Musnad Ahmad, 5/260)

Walaupun hadist ini lemah menurut para ulama, akan tetapi ulama sepakat bahwa kita boleh berdoa meminta apapun kepada Allah selama tidak mengandung kemaksiatan. Maka, alangkah baiknya jika kita juga mulai menyiapkan diri untuk menyongsong bulan Ramadhan sejak hari ini, diantaranya dengan memohon kepada Allah agar diberikan umur panjang agar sampai pada bulan Ramadhan tahun ini. 

Diantara keutamaan bulan Rajab yang lain adalah adanya peristiwa agung yaitu Israโ€™ Miโ€™raj. Rasulullah diperjalankan pada malam hari dari Makkah menuju Baitul Maqdis di Palestina, dan kemudian dibawa ke langit hingga Sidratul Muntaha untuk menerima perintah kewajiban shalat bagi umat Islam. Allah menyebutkn peristiwa ini dalam Surah Al-Israโ€™ ayat 1:

ุณูุจู’ุญูŽุงู†ูŽ ุงู„ู‘ูŽุฐููŠ ุฃูŽุณู’ุฑูŽู‰ ุจูุนูŽุจู’ุฏูู‡ู ู„ูŽูŠู’ู„ู‹ุง ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ู…ูŽุณู’ุฌูุฏู ุงู„ู’ุญูŽุฑูŽุงู…ู ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู’ู…ูŽุณู’ุฌูุฏู ุงู„ู’ุฃูŽู‚ู’ุตูŽู‰ ุงู„ู‘ูŽุฐููŠ ุจูŽุงุฑูŽูƒู’ู†ูŽุง ุญูŽูˆู’ู„ูŽู‡ู ู„ูู†ูุฑููŠูŽู‡ู ู…ูู†ู’ ุขูŠูŽุงุชูู†ูŽุง ุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ู‡ููˆูŽ ุงู„ุณู‘ูŽู…ููŠุนู ุงู„ู’ุจูŽุตููŠุฑู

โ€œMahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hambanya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidil haram ke Masjidil Aqsa yang telah kami berkahi sekelilingnya agar kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda tanda (kebesaran) kami. Sesungguhnya dia Maha Mendengar, Maha Melihat.โ€ (Al Israโ€™: 1)

Para ulama berbeda pendapat mengenai kapan dan pada bulan apa peristiwa Israโ€™ dan Miโ€™raj terjadi. Ada sebagian yang berpendapat di bulan Dzulqaโ€™dah, bulan Rabiโ€™ul Awwal dll. Akan tetapi, al-Hafidz Abdul Ghani al-Maqdisi dan juga Imam an-Nawawi berpendapat bahwa Israโ€™ Miโ€™raj terjadi pada bulan Rajab. Pendapat ini juga dipilih oleh Darul Iftaโ€™ al-Misriyyah yang merupakan lembaga fatwa tertinggi di Mesir.
Bagi seorang Muslim, peristiwa Isrโ€™a dan Miโ€™raj merupakan peristiwa agung yang mengandung banyak hikmah. Pada malam itu, Allah memperlihatkan kekuasaannya dengan menganugerahkan mukjizat kepada Nabi Muhammad yang dapat menempuh perjalanan lebih dari 1500 Km dalam satu malam, yang jika ditempuh dengan unta memakan waktu 40 hari. Bahkan Nabi juga menembus langit ketujuh untuk berbicara langsung dengan Allah dan menerima perintah shalat. Beliau juga sempat bertemu para Nabi dan Rasul sebelumnya dan menjadi imam shalat bagi mereka.

Maโ€™asyiral Muslimin Rahimakumullah
Mengenai ibadah tertentu seperti shalat dan puasa di bulan Rajab, Ibnu Rajab al-Hambali dalam kitabnya Lathaif al-Maโ€™arif menegaskan bahwa tidak ada hadist shahih yang menyuruh atau memotivasi kaum muslimin untuk melakukan shalat atau puasa sunnah tertentu pada bulan Rajab. Walaupun demikian, terdapat sebuah hadist yang bisa digunakan dalil untuk memperbanyak puasa sunnah di bulan Rajab yang merupakan salah satu bulan haram yaitu sabda Nabi: 

ุตูู…ู’ ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ุญูุฑูู…ู ูˆูŽุงุชู’ุฑููƒู’

“Puasalah dari bulan-bulan haram, atau tinggalkanlah.” (Hr. Abu Dawud)

Sabda Nabi ini menunjukkan bahwa Nabi membolehkan umatnya untuk melakukan puasa sunnah pada bulan Rajab dengan pengertian memperbanyak melakukan puasa sunnah, karena bulan Rajab termasuk diantara bulan-bulan haram. Oleh karena itu, dahulu shahabat Ibnu Umar dan beberapa ulama salaf seperti al-Hasan al-Bashri, Abu Ishaq as-Sabiโ€™i dll melakukan banyak puasa pada bulan-bulan haram tersebut.

Demikian juga seorang ulama tabiโ€™it tabiโ€™in yang bernama Sufyan ats-Tsauri pernah berkata: Aku lebih menyukai untuk berpuasa pada bulan-bulan haram. Akan lebih baik lagi jika memperbanyak puasa sunnah di bulan Rajab diteruskan hingga bulan Syaโ€™ban sehingga menjadi salah satu sarana untuk menyiapkan diri memasuki bulan Ramadhan. Karena sebagaimana hadist yang disampaikan oleh โ€˜Aisyah, Rasulullah dahulu banyak melakukan puasa pada bulan Syaโ€™ban.

Adapun puasa-puasa sunnah yang bisa dilakukan pada bulan Rajab diantaranya adalah puasa hari senin dan kamis. Nabi bersabda: 

ุชูุนู’ุฑูŽุถู ุงู„ู’ุฃูŽุนู’ู…ูŽุงู„ู ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ูุงุซู’ู†ูŽูŠู’ู†ู ูˆูŽุงู„ู’ุฎูŽู…ููŠุณู ููŽุฃูุญูุจู‘ู ุฃูŽู†ู’ ูŠูุนู’ุฑูŽุถูŽ ุนูŽู…ูŽู„ููŠ ูˆูŽุฃูŽู†ูŽุง ุตูŽุงุฆูู…ูŒ

“Amalan-amalan diangkat (kepada Allah) pada hari Senin dan Kamis. Dan aku ingin amalanku diangkat ketika aku sedang berpuasa.” (Hr. At-Tirmidzi)

Demikian juga puasa Ayyamul Bidh, yaitu berpuasa pada tiga hari di tengah bulan hijriah yang bertepatan pada tanggal 13, 14, dan 15. Puasa ini juga sudah diterangkan dalam beberapa hadis, dintaranya yang disampaikan oleh shahabat Abu Hurairah, ia berkata:

ุฃูŽูˆู’ุตูŽุงู†ููŠู’ ุฎูŽู„ููŠู’ู„ูู‰ ุจูุซูŽู„ุงูŽุซู ู„ุงูŽ ุฃูŽุฏู’ุนูู‡ูู†ู‘ูŽ ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ุฃูŽู…ููˆู’ุชูŽ ุตูŽูˆู’ู…ู ุซูŽู„ุงูŽุซูŽุฉู ุฃูŽูŠู‘ูŽุงู…ู ู…ูู†ู’ ูƒูู„ูู‘ ุดู‡ู’ุฑูุŒ ูˆูŽุตูŽู„ุงูŽุฉู ุงู„ุถู‘ูุญูŽู‰ุŒ ูˆูŽู†ูŽูˆู’ู…ู ุนูŽู„ูŽู‰ ูˆูŽุชู’ุฑู

โ€œKekasihku (yaitu Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam) mewasiatkan padaku tiga nasehat  yang aku tidak meninggalkan hingga aku mati : Berpuasa tiga hari setiap bulanya, mengerjakan shalat Dhuha, mengerjakan shala witir sebelum tidur.โ€ (Hr. Al-Bukhari)

Juga hadis yang diriwayatkan oleh โ€˜Abdullah bin โ€˜Amr bin Al โ€˜Ash, bahwasanya Rasulullah Saw. bersabda,

ุตูŽูˆู’ู…ู ุซูŽู„ุงูŽุซูŽุฉู ุฃูŽูŠู‘ูŽุงู…ู ุตูŽูˆู’ู…ู ุงู„ุฏู‘ูŽู‡ู’ุฑู ูƒูู„ู‘ูู‡ู

โ€œPuasa pada tiga hari setiap bulanya adalah seperti puasa sepanjang tahun.โ€ (Hr. Al-Bukhari)

Maโ€™asyiral Muslimin Rahimakumullah
Demikianlah beberapa fadhilah dan keutamaan dari bulan Rajab. Semoga Allah senantiasa memberikan karunia-Nya kepada kita semua agar mampu memanfaatkan setiap momen dan waktu yang diberikan keutamaan oleh Allah untuk  melakukan sebanyak-banyaknya ibadah dan pengabdian kepada Allah, Amin Ya Rabbal โ€˜Alamin.

ุจูŽุงุฑูŽูƒูŽ ุงู„ู„ู‡ ู„ููŠ ูˆูŽู„ูŽูƒูู…ู’ ูููŠู’ ูˆูŽ ู„ูŽูƒูู…ู’ ููู‰ ุงู„ู‚ูุฑู’ุงู†ู ุงู„ุนูŽุธููŠู’ู…ู , ูˆูŽู†ูŽููŽุนูŽู†ููŠู’ ูˆูŽุงููŠู‘ูŽุง ูƒูู…ู’ ุจูู…ูŽุง ูููŠู’ู‡ู ู…ูู†ูŽ ุงู„ุงูŽูŠูŽุงุชู ูˆูŽุงู„ุฐูู‘ูƒู’ุฑู ุงู„ุญูŽูƒููŠู’ู…ู ูˆูŽุชูŽู‚ูŽุจู‘ูŽู„ูŽ ู…ูู†ู‘ููŠู’ ูˆูŽู…ูู†ู’ูƒูู…ู’ ุชูู„ูŽุงูˆูŽุชู‡ู ุงูู†ู‘ูŽู‡ู ู‡ููˆูŽ ุงู„ุบูŽูููˆู’ุฑู ุงู„ุฑู‘ูŽุญููŠู’ู…ู

Khutbah Kedua

ุงูŽู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏู ู„ูู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุฅูุญู’ุณูŽุงู†ูู‡ูุŒ ูˆูŽุงู„ุดู‘ููƒู’ุฑู ู„ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุชูŽูˆู’ูููŠู’ู‚ูู‡ู ูˆูŽุงู…ู’ุชูู†ูŽุงู†ูู‡ุŒ ูˆูŽุฃูŽุดู‡ูŽุฏู ุฃูŽู†ู’ ู„ูŽุง ุฅูู„ูŽู‡ูŽ ุฅูู„ู‘ูŽุง ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽุญู’ุฏูŽู‡ู ู„ูŽุง ุดูŽุฑููŠูƒูŽ ู„ูŽู‡ู ุชูŽุนู’ุธููŠู’ู…ู‹ุง ู„ูุดูŽุฃู’ู†ูู‡ุŒ ูˆุฃูŽุดู‡ุฏู ุฃู†ู‘ูŽ ู†ูŽุจููŠู‘ูŽู†ูŽุง ู…ูุญู…ู‘ูŽุฏู‹ุง ุนูŽุจุฏูู‡ู ูˆูŽุฑูŽุณููˆู„ูู‡ู ุงู„ุฏู‘ูŽุงุนููŠ ุฅูู„ูฐู‰ ุฑูุถู’ูˆูŽุงู†ูู‡ุŒ ุฃูŽู…ู‘ูŽุง ุจูŽุนู’ุฏู:
ููŽูŠูŽุง ุนูุจูŽุงุฏูŽ ุงู„ู„ู‡ุŒ ุงูุชู‘ูŽู‚ููˆุง ุงู„ู„ู‡ูŽ ุญูŽู‚ู‘ูŽ ุงู„ุชู‘ูŽู‚ู’ูˆูŽู‰ุŒ ูˆูŽุฃูŽุทููŠู’ุนููˆู’ู‡ู ูููŠ ุงู„ุณูู‘ุฑูู‘ ูˆูŽุงู„ู†ู‘ูŽุฌู’ูˆูŽู‰.
ุซูู…ู‘ูŽ ุตูŽู„ู‘ููˆุง ูˆูŽุณูŽู„ูู‘ู…ููˆุง ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู’ู‡ูŽุงุฏููŠ ุงู„ู’ุจูŽุดููŠู’ุฑุŒ ูˆูŽุงู„ุณูู‘ุฑูŽุงุฌู ุงู„ู’ู€ู€ู€ู…ูู†ููŠู’ุฑุŒ ู†ูŽุจููŠูู‘ู†ูŽุง ู…ูุญูŽู…ู‘ูŽุฏู ุตูŽุงุญูุจู ุงู„ู’ููŽุถู’ู„ู ุงู„ู’ูƒูŽุจููŠู’ุฑ. ููŽู‚ูŽุฏู’ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ ูููŠ ูƒูุชูŽุงุจูู‡ู: ๏ดฟุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ูˆูŽู…ูŽู„ูŽุงุฆููƒูŽุชูŽู‡ู ูŠูุตูŽู„ู‘ููˆู†ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠูู‘ ูŠูŽุง ุฃูŽูŠู‘ูู‡ูŽุง ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ุขู…ูŽู†ููˆุง ุตูŽู„ู‘ููˆุง ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูู‘ู…ููˆุง ุชูŽุณู’ู„ููŠู…ุงู‹๏ดพ
ุงูŽู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ุตูŽู„ูู‘ ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูุญูŽู…ู‘ูŽุฏู ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุขู„ู ู…ูุญูŽู…ู‘ูŽุฏู ูƒูŽู…ุงูŽ ุตูŽู„ู‘ูŽูŠู’ุชูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฅูุจู’ุฑูŽุงู‡ููŠู’ู…ูŽ ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุขู„ู ุฅูุจู’ุฑูŽุงู‡ููŠู’ู…ูŽ ุฅู†ู‘ูŽูƒูŽ ุญูŽู…ููŠู’ุฏูŒ ู…ู‘ูŽู€ุฌููŠู’ุฏุŒ ูˆูŽุงุฑู’ุถูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ุนูŽู†ู ุงู„ู’ู€ุฎูู„ูŽููŽุงุกู ุงู„ุฑู‘ูŽุงุดูุฏููŠู’ู†ุŒ ุฃูŽุจููŠู’ ุจูŽูƒู’ุฑู ูˆูŽุนูู…ูŽุฑูŽ ูˆูŽุนูุซู’ู…ูŽุงู†ูŽ ูˆูŽุนูŽู„ููŠู‘ุŒ ูˆูŽุนูŽู†ู ุงู„ุตู‘ูŽุญูŽุงุจูŽุฉู ุฃูŽุฌู’ู…ูŽุนูŽูŠู’ู†ุŒ ูˆูŽุนูŽู†ู‘ูŽุง ู…ูŽุนูŽู‡ูู…ู’ ุจูู…ูŽู†ูู‘ู€ูƒูŽ ูˆูŽูƒูŽุฑูู…ููƒูŽ ูŠูŽุง ุฃูŽูƒู’ุฑูŽู…ูŽ ุงู„ู’ุฃูŽูƒู’ุฑูŽู…ููŠู’ู†.
ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ุฃูŽุนูุฒู‘ูŽ ุงู„ู’ุฅุณูŽู„ูŽุงู…ูŽ ูˆูŽุงู„ู’ู€ู…ูุณู’ู„ูู…ููŠู’ู†ุŒ ูˆูŽุฃูŽุฐูู„ู‘ูŽ ุงู„ุดูู‘ุฑู’ูƒูŽ ูˆูŽุงู„ู’ู€ู…ูุดู’ุฑููƒููŠู’ู†ุŒ ูˆูŽุฏูŽู…ูู‘ุฑู’ ุฃูŽุนู’ุฏูŽุงุกูŽ ุงู„ุฏูู‘ูŠู’ู†.
ุงูŽู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ุฃูŽู‡ู’ู„ููƒู ุงู„ุธู‘ูŽุงู„ูู€ู€ู…ููŠู’ู† ุจูุงู„ุธู‘ูŽุงู„ูู€ู€ู…ููŠู’ู† ูˆูŽุฃูŽุฎู’ุฑูุฌู’ู†ูŽุง ู…ูู†ู’ ุจูŽูŠู’ู†ูู‡ูู…ู’ ุณูŽุงู„ูู€ู€ู…ููŠู’ู†.
ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ุขู…ูู†ู‘ูŽุง ูููŠ ุฃูŽูˆู’ุทูŽุงู†ูู†ูŽุงุŒ ูˆูŽุฃูŽุตู’ู„ูุญู’ ุฃูŽุฆูู…ู‘ูŽุชูŽู†ูŽุง ูˆูŽูˆูู„ุงูŽุฉูŽ ุฃูู…ููˆุฑูู†ูŽุง.
ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ุฅูู†ู‘ูŽุง ู†ูŽุดู’ูƒููˆู’ ุฅูู„ูŽูŠู’ูƒูŽ ุถูŽุนู’ููŽ ู‚ููˆู‘ูŽุชูู†ูŽุงุŒ ูˆูŽู‚ูู„ู‘ูŽุฉูŽ ุญููŠู’ู„ูŽุชูู†ูŽุงุŒ ูˆูŽู‡ูŽูˆูŽุงู†ูู†ูŽุง ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณูุŒ ูŠูŽุง ุฃูŽุฑู’ุญูŽู…ูŽ ุงู„ุฑู‘ูŽุงุญูู…ููŠู’ู†ูŽุŒ ุฃูŽู†ู’ุชูŽ ุฑูŽุจู‘ู ุงู„ู’ู…ูุณู’ุชูŽุถู’ุนูŽูููŠู’ู†ูŽ ูˆูŽุฃูŽู†ู’ุชูŽ ุฑูŽุจู‘ูู†ูŽุง ููŽู„ุงูŽ ุชูŽูƒูู„ู’ู†ูŽุง ุฅูู„ูŽู‰ ุฃูŽู†ู’ููุณูู†ูŽุง. ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ู„ุงูŽ ุชูŽูƒูู„ู’ู†ูŽุง ุฅูู„ูŽู‰ ุฃูŽู†ู’ููุณูู†ูŽุง ุทูŽุฑู’ููŽุฉูŽ ุนูŽูŠู’ู†ูุŒ ูˆูŽู„ุงูŽ ุฅูู„ูŽู‰ ุฃูŽุญูŽุฏู ู…ูู†ู’ ุฎูŽู„ู’ู‚ููƒูŽ ูŠูŽุง ู†ูุนู’ู…ูŽ ุงู„ู’ู…ูุฌููŠู’ุจู.
ุฑูŽุจู‘ูŽู†ูŽุง ุงุบู’ููุฑู’ ู„ูŽู†ูŽุง ูˆูŽู„ูุฅูุฎู’ูˆูŽุงู†ูู†ูŽุง ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ุณูŽุจูŽู‚ููˆู†ูŽุง ุจูุงู„ู’ุฅููŠู…ูŽุงู†ูุŒ ูˆูŽู„ูŽุง ุชูŽุฌู’ุนูŽู„ู’ ูููŠ ู‚ูู„ููˆุจูู†ูŽุง ุบูู„ู‘ู‹ุง ู„ูู‘ู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ุขู…ูŽู†ููˆุง ุฑูŽุจู‘ูŽู†ูŽุง ุฅูู†ู‘ูŽูƒูŽ ุฑูŽุคููˆููŒ ุฑู‘ูŽุญููŠู….
ุฑูŽุจู‘ูŽู†ูŽุง ุธูŽู„ูŽู…ู’ู†ูŽุง ุฃูŽู†ู’ููุณูŽู†ูŽุง ูˆูŽุฅูู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ุชูŽุบู’ููุฑู’ ู„ูŽู†ูŽุง ูˆูŽุชูŽุฑู’ุญูŽู…ู’ู†ูŽุง ู„ูŽู†ูŽูƒููˆู†ูŽู†ู‘ูŽ ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ุฎูŽุงุณูุฑููŠู†ูŽ.
ุฑูŽุจู‘ูŽู†ูŽุง ุชูŽู‚ูŽุจู‘ูŽู„ู’ ู…ูู†ู‘ูŽุง ุฅูู†ู‘ูŽูƒูŽ ุฃูŽู†ู’ุชูŽ ุงู„ุณู‘ูŽู…ููŠุนู ุงู„ู’ุนูŽู„ููŠู…ู ูˆูŽุชูุจู’ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู†ูŽุง ุฅูู†ู‘ูŽูƒูŽ ุฃูŽู†ู’ุชูŽ ุงู„ุชู‘ูŽูˆู‘ูŽุงุจู ุงู„ุฑู‘ูŽุญููŠู…ู.
ุฑูŽุจู‘ูŽู†ูŽุง ู‡ูŽุจู’ ู„ูŽู†ูŽุง ู…ูู†ู’ ุฃูŽุฒู’ูˆูŽุงุฌูู†ูŽุง ูˆูŽุฐูุฑู‘ููŠู‘ูŽุงุชูู†ูŽุง ู‚ูุฑู‘ูŽุฉูŽ ุฃูŽุนู’ูŠูู†ู ูˆูŽุงุฌู’ุนูŽู„ู’ู†ูŽุง ู„ูู„ู’ู…ูุชู‘ูŽู‚ููŠู†ูŽ ุฅูู…ูŽุงู…ู‹ุง.
ุฑูŽุจู‘ูŽู†ูŽุง ุขุชูู†ูŽุง ูููŠ ุงู„ุฏู‘ูู†ู’ูŠูŽุง ุญูŽุณูŽู†ูŽุฉู‹ ูˆูŽูููŠ ุงู„ู’ุขุฎูุฑูŽุฉู ุญูŽุณูŽู†ูŽุฉู‹ ูˆูŽู‚ูู†ูŽุง ุนูŽุฐูŽุงุจูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุฑู.
ูˆุงู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏู ู„ูู„ู‘ูŽู‡ู ุฑูŽุจู‘ู ุงู„ู’ุนูŽุงู„ูŽู…ููŠู†ูŽุŒ ุฃูŽู‚ููŠู’ู…ููˆุง ุงู„ุตู‘ูŽู„ูŽุงุฉ…

๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒบ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒบ๐Ÿƒ๐Ÿƒ


Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis

Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial

๐Ÿ“ฑInfo & Pendaftaran member : https://bit.ly/Joinmanis

๐Ÿ’ฐ Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/6285279776222
wa.me/6287782223130

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here