Tidak Ada Pilihan Lain Selain Berpihak dan Membantu Palestina

0
167

🌿🌺🍂🍀🌼🍄🌷🌹

📝 Khutbah Jum’at Oleh: Ust Abdullah Haidir, Lc

الحمد لله ، الحمد لله الذي ألف بين قلوبنا فأصبحنا بنعمته إخوانا
أشهدأن لا إله إلا الله واحده لا شريك له وأشهد أن محمدا عبده ورسوله لا نبي بعده.
اللهم صل وسلم على سيدنا وحبيبنا محمد المهداه وعلى آلهوصحبه ومن والاه أما بعد.
أيها المسلمون، أوصي نفسي وإياكم بتقوى الله فقد فاز المتقون:

Kaum muslimin jemaah Salat Jumat yang dimuliakan Allah. Marilah kita nasehati diri kita untuk selalu menghadirkan, merawat dan menjaga, menumbuhkan dan menyuburkan, keimanan ketakwaan kepada Allah Taala hingga akhir hayat kita.

Allah taala berfirman:

یَـٰۤأَیُّهَا ٱلَّذِینَ ءَامَنُوا۟ ٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِۦ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنتُم مُّسۡلِمُونَ

Maasyirol muslimin, jemaah salat Jumat yang dimulaikan Allah.

Media masa di seluruh dunia hari-hari ini dipenuhi oleh berita perang yang terjadi di Palestina. Tayangan dan berita pilu tak dapat kita hindari untuk kita lihat atau kita baca. Bangunan yang roboh dan korban-korban yang berjatuhan kita saksikan dengan penuh keprihatinan dan kepedihan. Banyak yang bertanya-tanya, Apakah yang sebenarnya terjadi? Mengapa sering terdengar berita terjadinya peperangan di bumi Palestina?

Di luar berbagai analisa rumit, yang sebenarnya terjadi sekaligus akar permasalahannya adalah, penjajahan satu bangsa atas bangsa lainnya. Dalam hal ini kaum zionis yang dibantu kekuatan-kekuatan global menjajah bangsa Palestina yang tak berdaya.

Bayangkan, di abad yang katanya moderen ini ada bangsa yang terjajah. Dan itu terjadi Palestina. Tanah mereka dirampas, mereka diusir dari rumahnya sendiri. Dan yang lebih penting lagi, Masjidilaqsa, kiblat pertama kaum muslimin, negeri para Nabi, tempat Isra Mikrajnya Rasulullah Saw, juga dikuasai kaum zionis dan tidak jarang mendapatkan perlakuan jahat mereka.

Ini semua sudah terjadi berpuluh-puluh tahun, penindasan, pengusiran, penahanan hingga pembunuhan adalah perkara yang selalu dialami bangsa Palestina dari kaum zionis. Semua itu tak lain merupakan wujud nyata dari adanya penjajahan zionis Yahudi terhadap mereka.

Maasyirol muslimin rahimakumullah.

Karenanya kita dapati pemerintahan negeri kita bersikap tegas dan jelas terhadap perang di Palestina seperti sebelum-sebelumnya, yaitu mengutuk kejahatan dan agresi zionis atas bangsa Palestina dan menuntut diambil tindakan tegas terhadap mereka.

Ini tentu bukan hal yang berlebihan, bahkan memang sudah seharusnya. Karena ini amanat UUD negara kita yang dalam pembukaannya, bahkan di alinea pertama, menyatakan dengan tegas bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa dan bahwa penjajahan di muka bumi harus dihapuskan karena bertentangan dengan perikeadilan dan perikemanusiaan.

Karenanya, semestinya atas nama wawasan kebangsaan, juga atas nama kemanusiaan tidak ada pilihan lagi bagi siapapun kecuali dia membela rakyat Palestina yang sedang menuntut kemerdekaannya, sebagaimana dahulu bangsa kita memperjuangkannya walau harus jatuh sekian banyak korban rakyat Indonesia. Dan jangan lupa, bangsa Palestina kala itu termasuk negara yang support kemerdekaan negara kita setelah diproklamirkan.

Apalagi bagi orang beriman, membela saudaranya yang tertindas dan terjajah adalah bagian dari keimanan. Ini sudah jadi kaidah dasar iman kita. Allah taala berfirman

إِنَّمَا ٱلۡمُؤۡمِنُونَ إِخۡوَةࣱ

“Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara.” {QS. Al Hujurat: 10]

Apalagi Rasulullah Saw dalam hadis muttafaq alaih mengingatkan kita bahwa orang-orang beriman dalam kasih sayang dan solidaritasnya bagaikan satu tubuh, jika ada satu anggota tubuh yang merasa kesakitan, maka anggota tubuh lainnya akan ikut merasa kesakitan pula.

مَثلُ المؤمنينَ في تَوادِّهم، وتَعاطُفِهم، وتَراحُمِهم، مَثلُ الجَسدِ، إذا اشتَكى منه عُضوٌ تَداعى سائرُ الجَسدِ بالسَّهرِ والحُمّى

Kita bantu mereka dengan doa-doa kita, kita bantu mereka dengan opini kita, kita bantu mereka dengan harta kita, atau dengan apa saja yang dapat kita lakukan. Kita juga menuntut pemerintah untuk terus membantu perjuangan Palestina agar segera merdeka dan berdaulat seutuhnya.

Perkara bahwa saudara-saudara kita di Palestina jauh dari kita, dan bahwa kita sendiri sedang mengalami banyak kesulitan mestinya tidak menjadi halangan bagi kita untuk tetap memabantu perjuangan saudara-saudara kita di sana. Karena persaudaraan Islam tidak mengenal batas negara dan jarak, ras dan wana kulit atau batas-batas lainnya. Apalagi di sana ada Masjidilaqsa yang bukan hanya kewajiban bangsa Palestina dan bangsa Arab saja untuk menjaganya, tapi juga mewajiban seluruh kaum muslimin dimana saja berada.

Orang yang peduli dengan nasib saudaranya yang jauh, Insyaallah dia lebih peduli dengan nasib saudaranya yang dekat. Sudah terbukti, kaum muslimin yang peduli dengan saudara-saudaranya di tempat yang jauh, mereka pulalah yang terdepan ketika saudara-saudaranya di tanah air terkena musibah dan bencana. Karunia Allah sangat banyak dan luas tak pernah berkurang.

Dan Insyaallah, ketika kita bantu kesulitan saudara kita, itu dapat menjadi sebab turunnya bantuan Allah kepada kita. Sebagaimana sabda Rasulullah Saw dalam hadis riwayat Muslim:

واللَّهُ في عونِ العبدِ ما كانَ العبدُ في عونِ أخيهِ

“Allah akan selalu menolong seorang hamba apabila hamba tersebut selalu menolong saudaranya.”

Jemaah salat Jumat yang dimuliakan Allah, boleh jadi di tengah umat Islam boleh banyak perbedaan, namun ketika ada saudara kita tertindas dan terjajah, kita harus bersatu untuk membelanya. Dan jangan sekali-kali ada sikap dan ucapan, baik langsung ataupun tidak langsung, yang berikan pembenaran penjajahan kaum zionis terhadap bangsa Palestina.

بارك الله لي ولكم في القرآن العظيم ونفعني وإياكم بما فيه من الآيات والذكر الحكيم أقول ما تسمعون وأستغفر الله لي ولكم إنه هو العصفور الرحيم

Khutbah kedua

الحمد لله الذي هدانا لهذا وما كنا لنهتدي لولا أن هدانا الله.
أشهدأن لا إله إلا الله وأشهد أن محمدا رسول الله.
اللهم صل على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد. أما بعد.
إن الله وملائكته يصلون على النبي يا أيها الذين آمنوا صلوا عليه وسلمواوتسليما
اللهم صل على سيدنا محمد عبدك ورسولك النبي الأمي وعلى آله وصحبه وسلم تسليما عدد ما أحاط به علمك وخط به قلمك وأحصله كتابك وارض اللهمعن الخلفاء الراشدين ساداتنا أبي بكروعمروعثمانوعلي وعن الصحابة والتابعين وتابعي التابعين ومن تبعهم بإحاسندان إلى يوم الدين وعنامعهم برحمتك يا أرحم الراحمين.
اللهم اغفر المسلمين والمسلمات والمؤمنين والمؤمنات الأحياء منهم والأموات إنك سميع قريب مجيب الدعوات يا قاضي الحاجات
اللهم انصر المسلمين في كل مكان اللهم انصرهم على أعدائهم
اللهم انصر إخواننا المسلمين في فلسطين اللهم انصرهم على اليهودي الغاصبين اللهم عليك باليهودي الغاصبين اللهم عليك بهم فإنهم لا يعجزونك اللهم فرق شملهم وشتت جمعهم ومزقهم كل ممزق يا عزيز يا جبار. اللهم حرر المسجد الاقصى من أيدي اليهود
اللهم ارزقنا زيارته محررا من أيدي اليهود يا ذا الجلال والاكرام

Ya Allah ya Tuhan kami, tolonglah saudara kami di Palestina. Tolonglah mereka terhadap penjajah zionis Yahudi. Berikan mereka kemerdekaan dan kebebasan dari penjajahan zionis Yahudi.

Ya Allah, berikan saudara-saudara kami di Palestina kesabaran, keteguhan, sembuhkan yang sakit, rahmati yang gugur dan bebaskan yang dipenjara.

Ya Allah binasakanlah kaum penjajah zionis Yahudi, cerai beraikan mereka dan hancurkan lah mereka sehancur-hancurnya. Ya Allah yang maha perkasa dan maha kuat.

Ya Allah merdekakanlah Masjidilaqsa dari tangan kaum Yahudi.

Ya Allah berikan kami kesempatan berziarah ke sana dalam keadaan merdeka dari penjajah zionis. Ya Allah yang maha agung dan maha Mulia.

ربنا آتنا في الدنيا حسنة وفي الآخرة حسنة وقنا عذاب النار
سبحان ربك رب العزة هما يصفون وسلام على المرسلين والحمد لله رب العالمين

🍃🍃🌺🍃🍃🌺🍃🍃


Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis

Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial

📱Info & Pendaftaran member : https://bit.ly/gabungmanis

💰 Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/6285279776222
wa.me/6287782223130

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here