Ustadzah Nurdiana
Assalamu’alaikum ustadz/ah, mau tanya batasan panjang rambut akhwat sampai mana? syukron Jazakallah. ๐ ฐ0โฃ6โฃ
Jawaban
————–
ู ุนูููู
ุงูุณูุงู
ู ุฑุญู
ุฉ ุงููู ู ุจุฑูุงุชู
Dari Abu Salamah bin Abdurrahman rahimahullah beliau mengatakan,
ููุงูู ุฃูุฒูููุงุฌู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููุฃูุฎูุฐููู ู ููู ุฑูุกููุณูููููู ุญูุชููู ุชูููููู ููุงููููููุฑูุฉู
โPara istri Nabi shallallahu โalaihi wa sallam memotong rambut mereka, hingga panjangnya seperti al-wafrah.โ (HR. Muslim 320).
Al-wafrah adalah rambut yang panjangnya sampai daun telinga, namun tidak melebihi daun telinga. (Syarh Shahih Muslim, an-Nawawi, 4:4).
An-Nawawi menukil keterangan al-Qodhi Iyadh:
ููุนููููููู ุจูุนูุฏู ููููุงุชููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ูุงูู ุญูููุงุชููู โฆ ูููููู ู ูุชูุนูููููู ููุงูุธู ุจูููููู ููุนููููู ููู ุญูููุงุชููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู
โMereka (para istri Nabi) melakukan hal itu setelah wafatnya Nabi shallallahu โalaihi wa sallam dan bukan ketika beliau masih hidupโฆ itulah yang pasti. Tidak mungkin kita berprasangka bahwa mereka melakukan hal itu ketika Nabi shallallahu โalaihi wa sallam masih hidup.โ (Syarh Shahih Muslim an-Nawawi, 4:5).
Kemudian an-Nawawi juga menegaskan,
ููููููู ุฏูููููู ุนูููู ุฌูููุงุฒู ุชูุฎูููููู ุงูุดููุนููุฑู ููููููุณูุงุกู
โHadis ini merupakan dalil bolehnya memangkas rambut bagi wanita.โ (Syarh Shahih Muslim, an-Nawawi, 4:5).
Berdasarkan hadis di atas, potong rambut bagi wanita hukumnya boleh, sebagaimana yang disimpulkan an-nawawi. Hanya saja, para ulama memberikan batasan lain, sebagai berikut:
Pertama, tidak boleh menyerupai wanita kafir
Dari Ibnu Umar, Nabi shallallahu โalaihi wa sallam bersabda:
ู ููู ุชูุดูุจูููู ุจูููููู ู ูููููู ู ูููููู ู
โSiapa yang meniru suatu kaum maka dia termasuk kaum itu.โ (HR. Abu daud, Ibn Abi Syaibah dan dishahihkan
Kedua, tidak boleh menyerupai laki-laki. Dari Ibnu Abbas radhiyallahu โanhu, beliau mengatakan,
ููุนููู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ุงููู ูุชูุดูุจููููููู ู ููู ุงูุฑููุฌูุงูู ุจูุงููููุณูุงุกู ููุงููู ูุชูุดูุจููููุงุชู ู ููู ุงููููุณูุงุกู ุจูุงูุฑููุฌูุงูู
โRasulullah shallallahu โalaihi wa sallam melaknat lelaki yang menyerupai wanita dan wanita yang menyerupai lelaki.โ (HR. Bukhari 5435).
Ketiga, sebaiknya minta izin suami atau wali
Para istri Nabi shallallahu โalaihi wa sallam memotong rambut mereka setelah Rasulullah shallallahu โalaihi wa sallam wafat. Ini memberikan pelajaran kepada kita bagaimana seorang istri berusaha berhias dan menampakkan kondisi paling menarik bagi suaminya. Jangankan model rambut yang menjadi mahkota kecantikan bagi wanita, bahkan syariat melarang wanita melakukan puasa sunah, tanpa seizin suami sementara suaminya berada di rumah. Itu semua dalam rangka mewujudkan keharmonisan antara suami-istri.
Tambahan :
Majelis Ilmu Farid Nu’man:
Di Rambut kita ada Adab-Adab
โถ Memotong rambut bagi Wanita
Tidak apa-apa memotong rambut bagi wanita selama tidak menyerupai orang kafir dan tidak menyerupai laki-laki. Sebagaimana riwayat berikut:
ููููุณู ู ููููุง ู ููู ุชูุดูุจูููู ุจูุบูููุฑูููุง
“Bukan golongan kami orang yang menyerupai selain kami.” 1)
Dari Ibnu Abbas Radhiallahu โAnhuma, katanya:
ููุนููู ุฑูุณูููู ุงูููู ุตููููู ุงูููู ุนููููููู ููุณููููู ู ุงููู ูุชูุฑูุฌูููุงุชู ู ููู ุงููููุณูุงุกูุ ููุงููู ูุฎููููุซูููู ู ููู ุงูุฑููุฌูุงู
“Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam melaknat wanita yang menyerupai laki-laki, dan laki-laki yang menyerupai wanita.” 2)
Bagi wanita hanya dibolehkan memendekkan (at taqshir) saja, tidak dibolehkan menggundulinya. Hal ini berdasarkan hadits berikut ini.
Dari Ibnu Abbas Radhiallahu โAnhuma, bahwa Nabi Shallallahu โAlaihi wa Sallam bersabda:
ููููุณู ุนูููู ุงููููุณูุงุกู ุญููููู ุ ุฅููููู ูุง ุนูููู ุงููููุณูุงุกู ุงูุชููููุตูููุฑู
“Wanita tidaklah dicukur habis rambutnya, tetapi hanyalah dipendekkan saja.” 3)
Dari โAisyah Radhiallahu โAnha, katanya:
ููู ุฃู ุชุญูู ุงูู ุฑุฃุฉ ุฑุฃุณูุง
“Nabi melarang kaum wanita menggunduli kepalanya. 4)
Menurut Imam At Tirmdizi sanad hadits ini idhtirab โ guncang, 5) sehingga dia dhaif (lemah). Idhtirab-nya sanad hadits ini karena Hamam meriwayatkannya kadang katanya dari Ali, kadang dari โAisyah. Lalu, hadits ini juga terputus sanadnya (munqathiโ) antara Qatadah kepada Aisyah, bahwa Qatadah tidaklah mendengarkan hadits ini dari โAisyah. 6)
Namun, demikian hadits ini telah diamalkan oleh para ulama sebagaimana dijelaskan oleh Imam At Tirmidzi sendiri, sebagai berikut:
ูุงูุนู ู ุนูู ูุฐุง ุนูุฏ ุฃูู ุงูุนูู ูุง ูุฑูู ุนูู ุงูู ุฑุฃุฉ ุญููุงุ ููุฑูู ุฃู ุนูููุง ุงูุชูุตูุฑ.
“Para ulama mengamalkan hadits ini, bagi mereka tidak boleh wanita menggunduli kepalanya, bagi mereka yang benar adalah memendekkan saja.” 7)
[1] HR. At Tirmdizi No. 2695. Ath Thabrani, Musnad Asy Syamiyyin No. 503, juga dalam Al Awsath No. 7380, Al Qudhaโi, Musnad Asy Syihab No.1191, Syaikh Al Albani mengatakan: hasan. Lihat Shahihul Jamiโ No. 5434
[2] HR. Ahmad No. 2006. Syaikh Syuโaib Al Arnauth mengatakan: isnadnya shahih sesuai standar Imam Al Bukhari. Lihat Taโliq Musnad Ahmad No. 2006
[3] HR. Abu Daud No. 1983, Ad Darimi No. 1936, Ad Daruquthni No. 2666, 2667, Al Baihaqi, As Sunan Al KubraNo. 9404, Ath Thabarani, Al Kabir No. 13018. Syaikh Husein Salim Asad Ad Darani mengatakan dalam tahqiqnya atas Sunan Ad Darimi: isnadnya shahih. Syaikh Al Albani juga menshahihkan. Lihat Shahihul Jamiโ No. 5403
[4] HR. At Tirmidzi No. 915
[5] Ibid
[6] Silsilah Adh Dhaโifah No. 278
[7] Sunan At Tirmidzi No. 915
Wallahu a’lam.