Adakah Arti dari Sebuah Nama?

πŸ“† Kamis, 28 Rajab 1437H / 5 Mei 2016

πŸ“š SIROH DAN TARIKH

πŸ“ Pemateri: Ust. AGUNG WASPODO, SE MPP

πŸ“ Adakah ArtΔ± dari Sebuah Nama ?

πŸŒΏπŸŒΊπŸ‚πŸ€πŸŒΌπŸ„πŸŒ·πŸ

Mari kita simak kisah sebuah kapal perang..

Kapal tempur penjelajah (battlecruiser) dengan nama Yavuz Sultan Selim milik angkatan laut Turki Utsmani ini diambil diambil dari nama Sultan Selim I. Kapal ini diperoleh pada tahun 1914 dari Jerman pada awal Perang Dunia Pertama. Kapal ini aslinya bernama SMS Goeben yang sempat diburu oleh angkatan laut Inggris sepanjang perjalanannya sebelum berhasil lolos ke Selat Dardanelles memasuki wilayah perairan Turki Utsmani. Dengan hibah ini masuklah Turki Utsmani ke dalam pusaran Perang Dunia Pertama.

πŸ”† Lesson #1: tidak semua hadiah mendatangkan manfaat, pandai-pandailah memilah!

Nama yang diambil untuk kapal ini tidak tangung-tanggung, yaitu nama seorang sultan dua era setelah Muhammad II Fatih. Pada era Sultan Selim I tersebut seluruh wilayah bekas Kesultanan Mamluk jatuh ke tangannya. Pada masa 1516-1517 daerah Syam, Lubnan, Filistin, Mesir, hingga Hijaz termasuk kedua Haramayn (Makkah dan Madinah) menjadi bagian dari kekhilafahan Turki Utsmani.

πŸ”† Lesson #2: setiap masa memiliki penaklukannya, apa penaklukan kita?

Ada sejarawan yang berpendapat bahwa pada masa Sultan Selim I ini Turki Utsmani mendapatkan keabsahan memanggul sebutan khilafah setelah perlindungan serta pelayanan atas kedua Tanah Suci (khadimul Haramayn) diberikan oleh Khalifah al-Mutawakkil III penerus Khilafah Abbasiyah.

πŸ”† Lesson #3: menjadi pemimpin itu adalah menjadi pelindung serta pelayan bagi penduduknya, bukan malah penindasnya!

Pada awal masa Perang Dunia Pertama memang Mesir sudah berada dibawah kendali Inggris. Namun wilayah pertempuran lainnya di Timur Dekat (Near East) tidak berbeda jauh dengan tapal batas pada masa Sultan Selim I dengan pengecualian tambahan wilayah Irak. Pada akhir Perang Dunia Pertama, hampir seluruh wilayah tersebut terlepas dari kendali Δ°stanbul; menandai awal dari sebuah masa kelam keterpurukan Ummat di seluruh penjuru dunia.

πŸ”† Lesson #4: selalu mengutamakan kesatuan dan kesejahteraan ummat sebelum segala sesuatunya!

Apalah ArtΔ± Sebuah Nama? Untuk yang memahami sejarah, mungkin segala-galanya!

Lewat waktu syuruq, Depok 14 April 2016
Agung Waspodo

πŸŒΏπŸŒΊπŸ‚πŸ€πŸŒΌπŸ„πŸŒ·πŸπŸŒΉ

Dipersembahkan:
www.iman-islam.com

πŸ’Ό Sebarkan! Raih pahala...