Seputar Iklan

0
49

โœ Ustadz Abdullah Haidir

๐ŸŒฟ๐ŸŒบ๐Ÿ๐ŸŒธ๐ŸŒท๐ŸŒป๐Ÿ„๐ŸŒน

Assalamu’alaikum
1.  Iklan yang berlebihan ini sangat banyak terjadi, yang ditampilkan hanya yang baiknya saja. Bukan hanya barang antik atau karya seni, tapi hampir semua iklan sifatnya seperti itu. Dari obat herbal yang katanya manjur untuk semua penyakit, sampai produk sehari hari seperti sabun cuci yang katanya bisa membersihkan semua noda dengan sekali kucek.
Jadi bagaimana, apakah kita haram membelinya?
Apa bedanya istilah “batal” dengan “haram” yang disebutkan dalam tulisan di atas, mohon dijelaskan perbedaan implikasi hukumnya karena dalam hukum fiqih, kedua istilah tsb berbeda. Sekaligus memperjelas bahwa yg say atanyakan sebelumnya adlh, bahwa jika iklan yg menyesatkan membuat jual beli menjadi haram, apakah berarti kita sebagai pembeli juga haram membeli dan memanfaatkan benda tsb, meskipun kita membeli bukan karena tergiur iklan, tetapi karena memang kita membutuhkan benda tsb, meskipun kita tahu bahwa iklan tsb tidak sesuai dengan kenyataan.
Mhn maaf, jd yg sy tanyakan ini tdk terkait dg bgmn kita bijak menyikapi iklan yg bombastis ataupun bgmn kita sbg pembeli hrs bijak membedakan antara kebutuhan/demand dg keinginan/needs.
Syukron.

Astri – Manis 05

————————-
JAWABAN

Soal iklan, jika produsen mengiklankannay tdk sesuai dg kenyataan, maka haram baginya. Adapun pembelinya tdk berlaku halal haram thd sebuah barang terkait dgn iklannya.. kalaupun dipermasalahkan halal haramnya, mungkin terkait dg kandungan barang tsb atau dg proses transaksinya… apakah boleh atau tidak.

2. Assalamualaikum. Mau bertanya, tentang amalan amalan utama yang dilakukan di hari jumat. Adakah hadist  shohih untuk membaca surat yasin, atau surat al kahfi. Dan bagaimana hukumnya yasinan.  Syukran.

Palanta – Manis 05
___________________
JAWABAN

ู…ู† ู‚ุฑุฃ ุณูˆุฑุฉ ุงู„ูƒู‡ู ู„ูŠู„ุฉ ุงู„ุฌู…ุนุฉ ุฃุถุงุก ู„ู‡ ู…ู† ุงู„ู†ูˆุฑ ููŠู…ุง ุจูŠู†ู‡ ูˆุจูŠู† ุงู„ุจูŠุช ุงู„ุนุชูŠู‚

Terkait surat yg sunah dibaca pada hari Jumat, riwayat yg shahih adalah sunah membaca surat Al-Kahfi. Adapun surat Yasin, tdk didapatkan secara khusus hadits yang menyebutkan disunahkannya membaca surat Yasin pada hari Jumat. Namun ini masalah ringan. Kalau kita sdh paham, sebaiknya bacalah surat Al-Kahfi. Bagi mereka yg masih terbiasa baca surat Yasin, silakan disampaikan baik2 bahwa sunahnya adalah membaca surat Al-Kahfi. Namun jk dia masih juga membaca surat Yasin, jangan terlalu diingkari apalagi dimusuhi…. wallahu a’lam.

๐ŸŒฟ๐ŸŒบ๐Ÿ๐Ÿ€๐ŸŒธ๐ŸŒท๐Ÿ„๐ŸŒน

Dipersembahkan oleh:
www.iman-islam.com

๐Ÿ’ผSebarkan! Raih Bahagia….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here