Adab Mandi

0
110

Pertanyaan

๐ŸšฆSaya mau tanya tentang adab-adab mandi di dalam kamar mandi. Ada yang bilang katanya kita tidak boleh (maaf) telanjang bulat ya?

๐ŸŒฟ๐ŸŒบ๐Ÿ๐ŸŒธ๐Ÿ„๐ŸŒป๐Ÿƒ๐ŸŒน๐ŸŒท


Jawaban

โœOleh: Ustadzah Dra.Indra Asih

Sebagian orang merasa ragu tentang hukum mandi dalam keadaan membuka seluruh aurat, apakah boleh ataukah tidak. Di antara hal yang menyebabkan keraguan ini adalah sebuah hadits dari Muโ€™awiyah bin Haidah radhiallahu โ€˜anhu, dia berkata:

 ู‚ู„ุช: ูŠุง ู†ุจูŠ ุงู„ู„ู‡ุŒ ุนูˆุฑุงุชู†ุงุŒ ู…ุง ู†ุฃุชูŠ ู…ู†ู‡ุง ูˆู…ุง ู†ุฐุฑุŸ ู‚ุงู„: ุงุญูุธ ุนูˆุฑุชูƒ ุฅู„ุง ู…ู†ุฒูˆุฌุชูƒ ุฃูˆ ู…ุง ู…ู„ูƒุช ูŠู…ูŠู†ูƒ. ู‚ู„ุช: ูŠุง ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ุŒ ุฅุฐุง ูƒุงู† ุงู„ู‚ูˆู… ุจุนุถู‡ู… ููŠุจุนุถุŸ ู‚ุงู„: ุฅู† ุงุณุชุทุนุช ุฃู† ู„ุง ูŠุฑุงู‡ุง ุฃุญุฏ ูู„ุง ูŠุฑุงู‡ุง. ู‚ุงู„: ู‚ู„ุช: ูŠุง ู†ุจูŠ ุงู„ู„ู‡ุŒ ุฅุฐุงูƒุงู† ุฃุญุฏู†ุง ุฎุงู„ูŠุงุŸ ู‚ุงู„: ูุงู„ู„ู‡ ุฃุญู‚ ุฃู† ูŠุณุชุญูŠูŠ ู…ู†ู‡ ู…ู† ุงู„ู†ุงุณ

โ€œSaya bertanya: โ€œWahai Nabi Allah, aurat kita, manakah yang harus kita tutup dan manakah yang boleh kita tampakkan?โ€ Nabi menjawab: โ€œJagalah auratmu kecuali terhadap istrimu atau budak (wanita)mu.โ€ Saya bertanya: โ€œWahai Rasulullah, apabila sekelompok orang sedang berkumpul bersama?โ€ Nabi menjawab: โ€œJika engkau mampu agar auratmu tidak bisa dilihat oleh seorangpun maka (usahakan) jangan sampai ada orang yang bisa melihatnya.โ€ Saya bertanya: โ€œWahai Nabi Allah, apabila salah seorang dari kita sendirian?โ€ Nabi menjawab: โ€œAllah lebih pantas bagi dia untuk malu terhadap-Nya daripada (malu) terhadap manusia.โ€ [HR At Tirmidzi (2794). Hadits hasan.]

Hadits di atas menerangkan bahwa jikalau kita malu untuk menampakkan aurat di hadapan orang lain, maka tentunya kita lebih patut lagi untuk malu kepada Allah jika kita membuka aurat ketika mandi.

Penjelasan yang benar dalam masalah ini, insya Allah, adalah bolehnya bagi seseorang untuk mandi dalam keadaan menyingkap seluruh aurat asalkan dilakukan di tempat yang tertutup atau jauh dari pandangan manusia agar mereka tidak dapat melihat kepada auratnya. Ada beberapa dalil yang menunjukkan bolehnya seseorang untuk mandi telanjang. Di antara dalilnya adalah:

1. Kisah Nabi Musa AS Dari Abu Hurairah radhiallahu โ€˜anhu, bahwasanya Rasulullah  Nabi salallahu โ€˜alaihi wasallam bersabda:

 ูƒูŽุงู†ูŽุชู’ ุจูŽู†ููˆ ุฅูุณู’ุฑูŽุงุฆููŠู„ูŽ ูŠูŽุบู’ุชูŽุณูู„ููˆู†ูŽ ุนูุฑูŽุงุฉู‹ ูŠูŽู†ู’ุธูุฑู ุจูŽุนู’ุถูู‡ูู…ู’ ุฅูู„ูŽู‰ ุจูŽุนู’ุถูุŒ ูˆูŽูƒูŽุงู†ูŽ ู…ููˆุณูŽู‰ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูŠูŽุบู’ุชูŽุณูู„ู ูˆูŽุญู’ุฏูŽู‡ู. ููŽู‚ูŽุงู„ููˆุง: ูˆูŽุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูุŒ ู…ูŽุง ูŠูŽู…ู’ู†ูŽุนู ู…ููˆุณูŽู‰ ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุบู’ุชูŽุณูู„ูŽ ู…ูŽุนูŽู†ูŽุงุฅูู„ู‘ูŽุง ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ุขุฏูŽุฑู. ููŽุฐูŽู‡ูŽุจูŽ ู…ูŽุฑู‘ูŽุฉู‹ ูŠูŽุบู’ุชูŽุณูู„ู ููŽูˆูŽุถูŽุนูŽ ุซูŽูˆู’ุจูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุญูŽุฌูŽุฑู. ููŽููŽุฑู‘ูŽ ุงู„ู’ุญูŽุฌูŽุฑู ุจูุซูŽูˆู’ุจูู‡ู. ููŽุฎูŽุฑูŽุฌูŽู…ููˆุณูŽู‰ ูููŠ ุฅูุซู’ุฑูู‡ู ูŠูŽู‚ููˆู„ู: ุซูŽูˆู’ุจููŠ ูŠูŽุง ุญูŽุฌูŽุฑู! ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ู†ูŽุธูŽุฑูŽุชู’ ุจูŽู†ููˆ ุฅูุณู’ุฑูŽุงุฆููŠู„ูŽ ุฅูู„ูŽู‰ ู…ููˆุณูŽู‰ุŒููŽู‚ูŽุงู„ููˆุง: ูˆูŽุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูุŒ ู…ูŽุง ุจูู…ููˆุณูŽู‰ ู…ูู†ู’ ุจูŽุฃู’ุณู. ูˆูŽุฃูŽุฎูŽุฐูŽ ุซูŽูˆู’ุจูŽู‡ู ููŽุทูŽููู‚ูŽ ุจูุงู„ู’ุญูŽุฌูŽุฑู ุถูŽุฑู’ุจู‹ุง. ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุฃูŽุจููˆู‡ูุฑูŽูŠู’ุฑูŽุฉูŽ: ูˆูŽุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ู„ูŽู†ูŽุฏูŽุจูŒ ุจูุงู„ู’ุญูŽุฌูŽุฑู ุณูุชู‘ูŽุฉูŒ ุฃูŽูˆู’ ุณูŽุจู’ุนูŽุฉูŒ ุถูŽุฑู’ุจู‹ุง ุจูุงู„ู’ุญูŽุฌูŽุฑู

โ€œMasyarakat Bani Israil biasa mandi bersama dalam keadaan telanjang. Mereka saling melihat kepada (aurat) yang lainnya. Sedangkan Musa AS mandi sendirian. Berkatalah masyarakat Bani Israil: โ€œDemi Allah, Musa itu tidak mau mandi bersama kita pasti karena ada cacat pada nya.โ€ Pada suatu ketika, Musa pergi mandi. Dia meletakkan pakaiannya di atas sebuah batu. Lalu batu tersebut bergerak pergi sambil membawa pakaiannya. Musa pun mengejar batu tersebut di belakangnya sambil berkata: โ€œWahai batu, kembalikan bajuku!โ€ Kaum Bani Israil melihat kepada Musa dan berkata: โ€œDemi Allah, ternyata Musa tidak memiliki kelainan apapun.โ€ Lalu Musa mengambil bajunya dan langsung memukul batu tersebut.โ€ Abu Hurairah berkata: โ€œDemi Allah, pada batu tersebut terdapat enam atau tujuh tanda bekas pukulan.โ€ Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Al Bukhari di dalam Shahih-nya  dan Imam Muslim di dalam Shahih-nya.

 2. Kisah Nabi Ayyub.

 ุจูŽูŠู’ู†ูŽุง ุฃูŽูŠู‘ููˆุจู ูŠูŽุบู’ุชูŽุณูู„ู ุนูุฑู’ูŠูŽุงู†ู‹ุง ููŽุฎูŽุฑู‘ูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุฌูŽุฑูŽุงุฏูŒ ู…ูู†ู’ ุฐูŽู‡ูŽุจูุŒ ููŽุฌูŽุนูŽู„ูŽ ุฃูŽูŠู‘ููˆุจู ูŠูŽุญู’ุชูŽุซููŠ ูููŠุซูŽูˆู’ุจูู‡ู. ููŽู†ูŽุงุฏูŽุงู‡ู ุฑูŽุจู‘ูู‡ู: ูŠูŽุง ุฃูŽูŠู‘ููˆุจูุŒ ุฃูŽู„ูŽู…ู’ ุฃูŽูƒูู†ู’ ุฃูŽุบู’ู†ูŽูŠู’ุชููƒูŽ ุนูŽู…ู‘ูŽุง ุชูŽุฑูŽู‰ุŸ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ุจูŽู„ูŽู‰ ูˆูŽุนูุฒู‘ูŽุชููƒูŽุŒ ูˆูŽู„ูŽูƒูู†ู’ู„ูŽุง ุบูู†ูŽู‰ ุจููŠ ุนูŽู†ู’ ุจูŽุฑูŽูƒูŽุชููƒูŽ

โ€œKetika (Nabi) Ayyub sedang mandi dalam keadaan telanjang, jatuhlah belalang-belalang dari emas di dekatnya. Lalu Ayyub menciduk (belalang-belalang emas itu) ke dalam pakaiannya. Maka Rabbnya memanggilnya: โ€œWahai Ayyub, bukankah Aku telah mencukupkan (rizki) bagimu dari (selain) apa yang engkau lihat?โ€ Ayyub menjawab: โ€œBenar (wahai Allah) demi keagungan-Mu, akan tetapi tidak cukup bagiku untuk (tidak mengambil) keberkahan-Mu.โ€ Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Al Bukhari di dalam Shahih-nya. Kedua hadits di atas menerangkan bahwa Nabi Musa dan Ayyub โ€˜alaihimas salam mandi dalam keadaan telanjang. Jika ada yang mengkritik bahwa ini adalah syariat umat terdahulu dan tidak lagi berlaku pada umat Muhammad, maka hal ini telah dijawab oleh Ibnu Hajar rahimahullah di dalam kitab Fathul Bari bahwa Nabi salallahu โ€˜alaihi wasallam menceritakan kedua peristiwa kepada para sahabat tanpa ada catatan apapun dari beliau. Ini menunjukkan bahwa perbuatan kedua nabi tersebut diakui di dalam syariat kita. Kalau seandainya hal ini tidak diakui oleh syariat kita, maka pastilah Nabi  Nabi salallahu โ€˜alaihi wasallam  telah menerangkannya kepada kita.

3. Kisah Nabi Muhammad Nabi salallahu โ€˜alaihi wasallam  mandi bersama Aisyah radhiallahu โ€˜anha. Rasulullah Nabi salallahu โ€˜alaihi wasallam pernah mandi bersama istri beliau Aisyah di dalam satu ruangan pada waktu yang sama. Aisyah berkata:

ูƒูู†ู’ุชู ุฃูŽุบู’ุชูŽุณูู„ู ุฃูŽู†ูŽุง ูˆูŽุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ู…ูู†ู’ ุฅูู†ูŽุงุกู ูˆูŽุงุญูุฏู ุชูŽุฎู’ุชูŽู„ููู ุฃูŽูŠู’ุฏููŠู†ูŽุง ูููŠู‡ู

โ€œSaya pernah mandi (janabah) bersama Nabi Nabi salallahu โ€˜alaihi wasallam dari satu bejana dan tangan kami saling bergantian (mengambil air) di dalamnya.โ€ [HR Al Bukhari dan Muslim]

4. Kisah Nabi Muhammad Nabi salallahu โ€˜alaihi wasallam  mandi bersama Maimunah radhiallahu โ€˜anha. Dari Abdullah ibnu Abbas radhiallahu โ€˜anhu, dia berkata:

 ุฃุฎุจุฑุชู†ูŠ ู…ูŠู…ูˆู†ุฉ ุฃู†ู‡ุง ูƒุงู†ุช ุชุบุชุณู„ ู‡ูŠ ูˆุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ููŠ ุฅู†ุงุกูˆุงุญุฏ

Nabi salallahu โ€˜alaihi wasallam   โ€œMaimunah telah mengabarkan kepada saya bahwa dia pernah mandi bersama Nabi  dari satu bejana.โ€ [HR Muslim (322)] Nabi salallahu โ€˜alaihi wasallam Walaupun kedua hadits di atas tidak secara jelas menyatakan bahwa Nabi   mandi telanjang, akan tetapi para ulama berdalil dengan hadits ini tentang bolehnya seorang suami melihat aurat istrinya ataupun sebaliknya. Silakan melihat kalam Ibnu Hajar di Fathul Bari. Adapun hadits-hadits yang melarang seseorang untuk melihat aurat istrinya, maka seluruhnya adalah lemah dan tidak bisa dijadikan sebagai hujjah. Lantas bagaimana dengan hadits Muawiyah bin Haidah radhiallahu โ€˜anhu di atas yang menerangkan bahwa kita harus malu kepada Allah ta’ala jika mandi dalam keadaan telanjang? Jawabannya adalah hadits Muawiyah bin Haidah menunjukkan bahwa mandi dalam keadaan menutup aurat adalah lebih utama dan lebih sempurna, bukan wajib. Al Munawi berkata: โ€œAsy Syafiโ€™iyyah membawa hadits ini kepada hukum an nadb (lebih utama).

Di antara yang mendukung pendapat mereka adalah Ibnu Jarir. Dia menafsirkan hadits ini di kitab Tahdzibul  Aatsar kepada hukum nadb. Dia berkata: โ€œKarena Allah taโ€™ala tidak tersembunyi darinya segala sesuatu dari makhluk-Nya, baik telanjang ataupun tidak telanjang.โ€  Pendapat ini juga didukung Al Hafizh Ibnu Hajar Al Asqalani di dalam kitab Fathul Bari.

Dari penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa mandi dalam keadaan telanjang hukumnya adalah diperbolehkan dengan syarat auratnya tidak terlihat oleh orang lain selain istri. Akan tetapi, yang lebih utama dalam hal ini adalah mandi dengan menutup auratnya.

๐ŸŒฟ๐ŸŒบ๐Ÿ๐ŸŒธ๐Ÿ„๐ŸŒป๐Ÿƒ๐ŸŒน๐ŸŒท


Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis

Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial

๐Ÿ“ฑInfo & Pendaftaran member : https://bit.ly/Joinmanis

๐Ÿ’ฐ Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/6285279776222
wa.me/6287782223130

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here