๐ฟ๐บ๐๐๐ผ๐๐ท๐๐น
๐ Pemateri: Ust. FARID NU’MAN HASAN SS.
Selanjutnya, kita lihat bagaimana sikap para Imam Ahlus Sunnah menyikapi perselisihan qunut shubuh ini.
๐1โฃ Imam Asy Syafiโi Radhiallahu โAnhu
Beliau adalah salah satu dari imam empat madzhab terkenal di dunia Islam, khususnya Ahlus Sunnah, yang memiliki jutaan pengikut di berbagai belahan dunia Islam.
Beliau termasuk yang menyatakan kesunahan membaca doa qunut ketika shalat shubuh.
Beliau sendiri memiliki sikap yang amat bijak ketika datang ke jamaah yang tidak berqunut shubuh.
Diceritakan dalam Al Mausuโah sebagai berikut:
ุงูุดููุงููุนูููู ุฑูุถููู ุงูููููู ุนููููู ุชูุฑููู ุงูููููููุชู ููู ุงูุตููุจูุญู ููู ููุง ุตููููู ู ูุนู ุฌูู ูุงุนูุฉู ู ููู ุงููุญููููููููุฉู ููู ู ูุณูุฌูุฏูููู ู ุจูุถูููุงุญูู ุจูุบูุฏูุงุฏู . ููููุงู ุงููุญููููููููุฉู : ููุนูู ุฐููููู ุฃูุฏูุจูุง ู ูุนู ุงูุฅููู ูุงู ู ุ ููููุงู ุงูุดููุงููุนููููุฉู ุจูู ุชูุบููููุฑู ุงุฌูุชูููุงุฏููู ููู ุฐููููู ุงููููููุชู
โAsy Syafiโi Radhiallahu โAnhu meninggalkan qunut dalam shubuh ketika Beliau shalat bersama jamaah kalangan Hanafiyah (pengikut Abu Hanifah) di Masjid mereka, di pinggiran kota Baghdad.
Berkata Hanafiyah: โItu merupakan adab bersama imam.โ Berkata Asy Syafiโiyyah (pengikut Asy Syafiโi): โBahkan beliau telah merubah ijtihadnya pada waktu itu.โ (Al Mausuโah Al Fiqhiyah Al Kuwaitiyah, 2/302. Wizarah Al Awqaf Asy Syuโun Al Islamiyah)
๐2โฃ Imam Ahmad bin Hambal Radhiallahu โAnhu
Pada sebagian riwayat, disebutkan bhwa Imam Ahmad bin Hambal termasuk yang membidโahkan qunut dalam shubuh, namun Beliau memiliki sikap yang menunjukkan ketajaman pandangan, keluasan ilmu, dan kedewasaan bersikap.
Hal ini dikatakan oleh Al โAllamah Muhammad bin Shalih Al โUtsaimin Rahimahullah sebagai berikut:
ููุฏ ูุงู ุงูุฅู ุงู ุฃุญู ุฏู ุฑุญู ู ุงููู ูุฑู ุฃููู ุงููููููุชู ูู ุตูุงุฉ ุงููุฌุฑ ุจูุฏูุนุฉุ ููููู: ุฅุฐุง ููุช ุฎููููู ุฅู ุงู ูููุช ูุชุงุจุนู ุนูู ูููููุชูููุ ูุฃู ูููู ุนูู ุฏูุนุงุฆูุ ููููู ุฐูู ู ูู ุฃุฌู ุงุชููุญุงุฏ ุงูููู ุฉุ ูุงุชูููุงู ุงููููุจุ ูุนุฏู ูุฑุงูุฉ ุจุนุถูุง ูุจุนุถ
โAdalah Imam Ahmad Rahimahullah berpendapat bahwa qunut dalam shalat fajar (shubuh) adalah bidโah.
Dia mengatakan: โJika aku shalat di belakang imam yang berqunut, maka aku akan mengikuti qunutnya itu, dan aku aminkan doanya, semua ini lantaran demi menyatukan kalimat, melekatkan hati, dan menghilangkan kebencian antara satu dengan yang lainnya.โ (Syaikh Ibnu โUtsaimin, Syarhul Mumtiโ, 4/25. Mawqiโ Ruh Al Islam)
๐3โฃImam Sufyan Ats Tsauri Radhiallahu โAnhu
Beliau mengatakan, sebagaimana dikutip Imam At Tirmidzi sebagai berikut:
ููุงูู ุณูููููุงูู ุงูุซููููุฑูููู ุฅููู ููููุชู ููู ุงููููุฌูุฑู ููุญูุณููู ููุฅููู ููู ู ููููููุชู ููุญูุณููู
โBerkata Sufyan Ats Tsauri: โJika berqunut pada shalat shubuh, maka itu bagus, dan jika tidak berqunut itu juga bagus.โ (Lihat Sunan At Tirmidzi, keterangan hadits No. 401)
๐4โฃImam Ibnu Hazm Rahimahullah
Beliau berpendapat, sebagaimana yang disebutkan oleh Imam Asy Syaukani:
ููุงู ุงูุซูุฑู ูุงุจู ุญุฒู : ูู ู ู ุงููุนู ูุงูุชุฑู ุญุณู
โBerkata Ats Tsauri dan Ibnu Hazm: โSiapa saja yang yang melakukannya dan meninggalkannya, adalah baik.โ (Nailul Authar, 2/346)
๐5โฃImam Ibnu Taimiyah Rahimahullah
Beliau memiliki pandangan yang jernih dalam hal qunut shubuh ini. Walau beliau sendiri lebih mendukung pendapat yang tidak berqunut.
Berikut ini ucapannya:
ููููุฐููููู ุงูููููููุชู ููู ุงููููุฌูุฑู ุฅูููู ูุง ุงููููุฒูุงุนู ุจูููููููู ู ููู ุงุณูุชูุญูุจูุงุจููู ุฃููู ููุฑูุงููููุชููู ููุณูุฌููุฏู ุงูุณูููููู ููุชูุฑููููู ุฃููู ููุนููููู ููุฅููููุง ููุนูุงู ููุชูููู ู ู ูุชููููููููู ุนูููู ุตูุญููุฉู ุตูููุงุฉู ู ููู ุชูุฑููู ุงูููููููุชู ููุฃูููููู ููููุณู ุจูููุงุฌูุจู ููููุฐููููู ู ููู ููุนููููู
โDemikian juga qunut subuh, sesungguhnya perselisihan di antara mereka hanyalah pada istihbab-nya (disukai) atau makruhnya (dibenci).
Begitu pula perselisihan seputar sujud sahwi karena meninggalkannya atau melakukannya, jika pun tidak qunut, maka kebanyakan mereka sepakat atas sahnya shalat yang meninggalkan qunut, karena itu bukanlah wajib.
Demikian juga orang yang melakukannya (qunut, maka tetap sah shalatnya โpen).โ (Imam Ibnu Taimiyah, Majmuโ Fatawa, 5/185. Mauqiโ Al Islam)
Beliau juga mengatakan bahwa para ulama sepakat berqunut atau tidak, shalat subuh adalah shahih.
Perbedaan terjadi pada mana yang lebih utama. Katanya:
ุงุชูููููู ุงููุนูููู
ูุงุกู ุนูููู ุฃูููููู ุฅุฐูุง ููุนููู ูููููุง ู
ููู ุงููุฃูู
ูุฑููููู ููุงููุชู ุนูุจูุงุฏูุชููู ุตูุญููุญูุฉูุ ููููุง ุฅุซูู
ู ุนููููููู: ูููููู ููุชูููุงุฒูุนูููู ููู ุงููุฃูููุถููู.
ูููููู
ูุง ููุงูู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู
ู ููููุนูููููุ ููู
ูุณูุฃูููุฉู ุงูููููููุชู ููู ุงููููุฌูุฑู ููุงููููุชูุฑูุ ู
ููู ุฌูููุฑู ุจูุงููุจูุณูู
ูููุฉูุ ููุตูููุฉู ุงููุงุณูุชูุนูุงุฐูุฉู ููููุญูููููุงุ ู
ููู ููุฐูุง ุงููุจูุงุจู.
ููุฅููููููู
ู ู
ูุชููููููููู ุนูููู ุฃูููู ู
ููู ุฌูููุฑู ุจูุงููุจูุณูู
ูููุฉู ุตูุญููุชู ุตูููุงุชูููุ ููู
ููู ุฎูุงููุชู ุตูุญููุชู ุตูููุงุชููู ููุนูููู ุฃูููู ู
ููู ููููุชู ููู ุงููููุฌูุฑู ุตูุญููุชู ุตูููุงุชูููุ ููู
ููู ููู
ู ููููููุชู ูููููุง ุตูุญููุชู ุตูููุงุชูููุ ููููุฐููููู ุงูููููููุชู ููู ุงููููุชูุฑู
Ulama sepakat bahwa melakukan salah satu di antara dua hal maka ibadahnya tetap shahih (sah), dan tidak berdosa atasnya, tetapi mereka berbeda pendapat tentang mana yang utama.
Pada apa yang dilakukan oleh Nabi Shallallahu โAlaihi wa Sallam, masalah qunut pada subuh dan witir, mengeraskan basmalah, bentuk istiโadzah, dan hal semisalnya yang termasuk pembahasan ini.
Mereka sepakat bahwa orang yang mengeraskan basmalah adalah sah shalatnya, dan yang menyembunyikan juga sah shalatnya, yang berqunut subuh sah shalatnya, begitu juga yang berqunut pada witir. (Al Fatawa Al Kubra, 2/116, Cet. 1, 1987M-1408H. Darul Kutub Al โIlmiyah)
๐6โฃImam Ibnu Qayyim Al Jauziyah Rahimahullah
Beliau termasuk yang melemahkan pendapat qunut shubuh sebagaimana beliau uraikan dalam Zaadul Maโad, dan baginya adalah hal mustahil Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam merutinkannya pada shalat shubuh.
Tetapi, tak satu pun kalimat darinya yang menyebut bahwa qunut shubuh adalah bidโah, walau dia mengutip beberapa riwayat sahabat yang membidโahkannya.
Bahkan Beliau sendiri mengakui bahwa Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam, kadang melakukan qunut dalam shalat shubuh.
Berikut ini ucapannya:
ููุงูู ุชูุทูููููู ุงููููุฑูุงุกูุฉู ููู ุงููููุฌูุฑู ููููุงูู ููุฎูููููููุง ุฃูุญูููุงููุง ููุชูุฎูููููู ุงููููุฑูุงุกูุฉู ููู ุงููู ูุบูุฑูุจู ููููุงูู ููุทููููููุง ุฃูุญูููุงููุง ููุชูุฑููู ุงูููููููุชู ููู ุงููููุฌูุฑู ููููุงูู ููููููุชู ูููููุง ุฃูุญูููุงููุง ููุงููุฅูุณูุฑูุงุฑู ููู ุงูุธูููุฑู ููุงููุนูุตูุฑู ุจูุงููููุฑูุงุกูุฉู ูููุงูู ููุณูู ูุนู ุงูุตูุญูุงุจูุฉู ุงููุขููุฉู ูููููุง ุฃูุญูููุงููุง ููุชูุฑููู ุงููุฌูููุฑู ุจูุงููุจูุณูู ูููุฉู ููููุงูู ููุฌูููุฑู ุจูููุง ุฃูุญูููุงููุง
โDahulu Nabi memanjangkan bacaan pada shalat shubuh dan kadang meringankannya, meringankan bacaan dalam shalat maghrib dan kadang memanjangkannya, beliau meninggalkan qunut dalam shubuh dan kadang dia berqunut, beliau tidak mengeraskan bacaan dalam shalat ashar dan kadang beliau memperdengarkan bacaannya kepada para sahabat, beliau tidak mengeraskan bacaan basmalah dan kadaang Beliau mengkeraskannya.
Beliau juga berkata:
ูููุช ูู ุงููุฌุฑ ุจุนุฏ ุงูุฑููุน ุดูุฑุงูุ ุซู ุชุฑู ุงููููุช ููู ููู ู ูู ูุฏูู ุงููููุชู ูููุง ุฏุงุฆู ุงูุ ูู ููู ุงูู ุญุงู ุฃู ุฑุณููู ุงูููููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ูุงู ูู ูู ุบุฏุงุฉ ุจุนุฏ ุงุนุชุฏุงูู ู ู ุงูุฑููุน ูููู: “ุงููููููู ู ุงููุฏููู ูููู ููู ููุฏูููุชูุ ููุชููููููููู ูููู ููู ูููููููุชู…” ุงูุฎ ููุฑูุนู ุจุฐูู ุตูุชูุ ููุคู ููู ุนููู ุฃุตุญุงุจูู ุฏุงุฆู ุงู ุฅูู ุฃู ูุงุฑู ุงูุฏููุง
โ(Beliau) Qunut dalam shubuh setelah ruku selama satu bulan, kemudian meninggalkan qunut. Dan, bukanlah petunjuk beliau melanggengkan qunut pada shalat shubuh, dan termasuk hal mustahil bahwa Rasusulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam setiap paginya setelah iโtidal dari ruku mengucapkan: โAllahumahdini fiman hadait wa tawallani fiman tawallait … dstโ dengan meninggikan suaranya, dan selalu diaminkan oleh para sahabatnya sampai meninggalkan dunia. (Ibid, 1/271)
Lalu Ibnul Qayyim mengutip pertanyaan Saโad bin Thariq Al Asyjaโi kepada ayahnya, di mana ayahnya pernah shalat dibelakang Rasulullah, Abu Bakar, Umar, Utsman, dan Ali, Apakah mereka pernah qunut shubuh?
Ayahnya menjawab: Anakku, itu adalah muhdats (perkara yang diada-adakan). (HR. Ahmad, At tirmidzi, dan lainnya, At Tirmidzi mengatakan: hasan shahih)
Beliau juga mengutip dari Said bin Jubair, dia berkata: aku bersaksi bahwa aku mendengar, dari Abdullah bin Abbas Radhiallahu โAnhu, dia berkata, โQunut yang ada pada shalat subuh adalah bidโah.โ (HR. Ad Daruquthni No. 1723)
Tetapi riwayat ini dhaif (lemah). (Nashbur Rayyah, 3/183). Imam Al Baihaqi mengatakan: tidak shahih. (Imam Asy Syaukani, Nailul Authar, 2/345. Maktabah Ad Daโwah Al Islamiyah) Karena di dalam sanadnya ada periwayat bernama Abdullah bin Muyassarah dia adalah seorang yang dhaiful hadits (hadits darinya dhaif). (Imam Ibnu Hajar, Tahdzibut Tahdzib, 6/ 44. Lihat juga Imam Al Mizzi, Tahdzibul Kamal, 16/197)
Imam Ibnul Qayyim juga memaparkan adanya kelompok yang menolak qunut secara mutlak termasuk qunut nazilah, yakni para penduduk Kufah.
Beliau pun tidak menyetujui pendapat ini, hingga akhirnya Beliau menempuh jalan pertengahan, yakni jalannya para ahli hadits.
Katanya:
ูุฃููู ุงูุญุฏูุซ ู ุชูุณุทูู ุจูู ูุคูุงุก ูุจูู ู ู ุงุณุชุญุจู ุนูุฏ ุงูููุงุฒู ูุบูุฑูุงุ ููู ุฃุณุนุฏู ุจุงูุญุฏูุซ ู ู ุงูุทุงุฆูุชููุ ูุฅููู ููููุชูู ุญูุซู ููุช ุฑุณููู ุงูููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ุ ููุชุฑููููู ุญูุซ ุชุฑููุ ูููุชุฏูู ุจู ูู ูุนูู ูุชุฑููุููููููู: ููุนูู ุณูุฉุ ูุชุฑููู ูุณูุฉุ ูู ุน ูุฐุง ููุง ููููุฑูู ุนูู ู ู ุฏุงูู ุนูููุ ููุง ููุฑููู ูุนููุ ููุง ูุฑููู ุจุฏุนุฉุ ููุง ูุงุนูููู ู ุฎุงููุงู ููุณูุฉุ ูู ุง ูุง ูููููุฑูู ุนูู ู ู ุฃููุฑู ุนูุฏ ุงูููุงุฒูุ ููุง ูุฑูู ุชุฑูู ุจุฏุนุฉุ ููุง ุชุงุฑููู ู ุฎุงููุงู ููุณูุฉุ ุจู ู ู ููุชุ ููุฏ ุฃุญุณูุ ูู ู ุชุฑูู ููุฏ ุฃุญุณู
โMaka, ahli hadits adalah golongan pertengahan di antara mereka (penduduk Kufah yang membidโahkan) dan golongan yang menyunnahkan qunut baik nazilah atau selainnya, mereka telah dilapangkan oleh hadits dibandingkan dua kelompok ini.
Sesungguhnya mereka berqunut karena Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam melakukannya, mereka juga meninggalkannya ketika Rasulullah meninggalkannya, mereka mengikutinya baik dalam melakukan atau meninggalkannya.
Mereka (para ahli hadits) mengatakan: melakukannya adalah sunah, meninggalkannya juga sunah, bersamaan dengan itu mereka tidak mengingkari orang-orang yang merutinkannya, dan tidak memakruhkan perbuatannya, tidak memandangnya sebagai bidโah, dan tidaklah pelakunya dianggap telah berselisih dengan sunnah, sebagaimana mereka juga tidak mengingkari orang-orang yang menolak qunut ketika musibah, mereka juga tidak menganggap meninggalkannya adalah bidโah, dan tidak pula orang yang meninggalkannya telah berselisih dengan sunnah, bahkan barang siapa yang berqunut dia telah berbuat baik, dan siapa yang meninggalkannya juga baik.โ (Ibid, 1/274-275)
Syaikh โAthiyah Shaqr menilai pendapat pertengahan Imam Ibnul Qayyim ini adalah pendapat yang terbaik dalam masalah qunut. (Fatawa Al Azhar, 5/9)
๐7โฃPara Ulama Lajnah Daimah Kerajaan Saudi Arabia
Mereka saat itu diketuai oleh Syaikh Al โAllamah Abdul Aziz bin Baz Rahimahullah. Sebenarnya secara resmi Lajnah Daimah membidโahkan prilaku merutinkan qunut pada shubuh, sebagaimana fatwa No. 2222. Namun, pada fatwa lainnya โ yang ditanda tangani oleh Syaikh Ibnu Baz, Syaikh Abdullah bin Maniโ, Syaikh Abdullah bin Ghudyan, dan Syaikh Abdurrazzaq โAfifi- mereka pun memberikan pandangan bijak, sebagai berikut:
ูุจุงูุฌู ูุฉ ูุชุฎุตูุต ุตูุงุฉ ุงูุตุจุญ ุจุงููููุช ู ู ุงูู ุณุงุฆู ุงูุฎูุงููุฉ ุงูุงุฌุชูุงุฏูุฉุ ูู ู ุตูู ูุฑุงุก ุฅู ุงู ูููุช ูู ุงูุตุจุญ ุฎุงุตุฉ ูุจูุงูุฑููุน ุฃู ุจุนุฏู ูุนููู ุฃู ูุชุงุจุนูุ ูุฅู ูุงู ุงูุฑุงุฌุญ ุงูุงูุชุตุงุฑ ูู ุงููููุช ุจุงููุฑุงุฆุถ ุนูู ุงูููุงุฒู ููุท
โMaka, secara global mengkhususkan doa qunut pada shalat shubuh merupakan masalah khilafiyah ijtihadiyah.
Barang siapa yang shalat di belakang imam yang berqunut shubuh, baik sebelum atau sesudah ruku, maka hendaknya dia mengikutinya.
Walau pun pendapat yang paling kuat adalah membatasi qunut hanya ada pada nazilah saja.โ (Fatawa Al Lajnah Ad Daimah Lil Buhuts Al Ilmiyah wal Iftaโ, No. 902)
๐8โฃSyaikh Ibnu Al โUtsaimin Rahimahullah
Beliau ditanya:
ุนูุฏูุง ุฅู ุงู ูููุช ูู ุตูุงุฉ ุงููุฌุฑ ุจุตูุฉ ุฏุงุฆู ุฉ ููู ูุชุงุจุนู ุ ููู ูุคู ู ุนูู ุฏุนุงุฆู ุ
Kami memiliki imam yang berqunut pada shalat subuh yang melakukannya secara terus menerus, apakah kami mesti mengikutinya? Dan apakah kami mesti mengaminkan doanya?
Beliau menjawab:
ู ู ุตูู ุฎูู ุฅู ุงู ูููุช ูู ุตูุงุฉ ุงููุฌุฑ ูููุชุงุจุน ุงูุฅู ุงู ูู ุงููููุช ูู ุตูุงุฉ ุงููุฌุฑ ุ ููุคู ู ุนูู ุฏุนุงุฆู ุจุงูุฎูุฑ ุ ููุฏ ูุต ุนูู ุฐูู ุงูุฅู ุงู ุฃุญู ุฏ ุฑุญู ู ุงููู ุชุนุงูู
Barangsiapa yang shalat di belakang imam yang berqunut pada shalat subuh, maka hendaklnya dia mengikuti imam berqunut pada shalat subuh, dan mengaminkan doanya dengan baik.
Telah ada riwayat seperti itu dari Imam Ahmad Rahimahullah. (Syaikh Ibnu Al โUtsaimin, Majmuโ Fafatwa, 14/177)
๐9โฃSyaikh Abdurrahman bin Abdullah Al Jibrin Rahimahullah
Beliau berpendapat jika qunut dilakukan tanpa sebab maka itu makruh, namun dia tetap menasihati agar jika ada yang melakukan karena mengikuti pendapat madzhab Syafiโi maka itu jangan iingkari.
Katanya:
ูุจูู ุญุงู ูู ู ููุช ุชุจุนุงู ููุดุงูุนูุฉ ููุง ููููุฑ ุนููู ุ ูููู ุงูุตุญูุญ ุฃูู ูุง ูุดุฑุน . ููู ูุซุจุช ุนูู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ุ ุงูุงุณุชู ุฑุงุฑ ุนููู . ูุงูุฃุธูุฑ ุฃูู ู ูุฑูู ุจูุงุณุจุจ ูุงููู ุนูู
Bagaimana pun juga, bagi siapa saja yang berqunut karena mengikuti syafiโiyah maka jangan diingkari, tetapi yang benar adalah itu tidak disyariatkan.
Tidak ada yang pasti dari Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam bahwa beliau merutinkannya.
Maka, yang nampak adalah hal itu makruh dilakukan tanpa sebab. Wallahu Aโlam. (Fatawa Islamiyah, 1/454. Dikumpulkan oleh Syaikh Muhammad bin Abdul Aziz Al Musnid)
Demikian.
Pemaparan ini bukanlah dalam rangka mengaburkan permasalahan, tetapi dalam rangka โ sebagaimana kata Imam Ahmad- MENYATUKAN KALIMAT, MELEKATKAN HATI dan MENGHAPUSKAN KEBENCIAN sesama kaum muslimin.
Sebab, para imam yang berselisih pendapat pun memiliki sikap yang tidak melampaui batas-batas akhlak dan adab Islam dalam menyikapi perbedaan pendapat dalam fiqih.
Sudah selayaknya kita mengambil banyak pelajaran dari para Aโimmatil Aโlam (imam-imam dunia) ini.
Wa akhiru daโwana an alhamdulillahi rabbail โalamin.
Wallahu Aโlam
๐ฟ๐บ๐๐๐ผ๐๐ท๐๐น
Dipersembahkan oleh : www.manis.id
Follow IG MANIS : https://www.instagram.com/majelis_manis/?igshid=YmMyMTA2M2Y%3D
Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial
๐ฑInfo & Pendaftaran member : https://bit.ly/gabungmanis
๐ฐ Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/6285279776222
wa.me/6287782223130