SIKAP BIJAK PARA IMAM AHLUS SUNNAH MENGHADAPI PERSOALAN QUNUT SHUBUH (Bag-2)

0
106

๐ŸŒฟ๐ŸŒบ๐Ÿ‚๐Ÿ€๐ŸŒผ๐Ÿ„๐ŸŒท๐Ÿ๐ŸŒน

๐Ÿ“ Pemateri: Ust. FARID NU’MAN HASAN SS.

Selanjutnya, kita lihat bagaimana sikap para Imam Ahlus Sunnah menyikapi perselisihan qunut shubuh ini.

๐Ÿƒ1โƒฃ Imam Asy Syafiโ€™i Radhiallahu โ€˜Anhu

Beliau adalah salah satu dari imam empat madzhab terkenal di dunia Islam, khususnya Ahlus Sunnah, yang memiliki jutaan pengikut di berbagai belahan dunia Islam.

Beliau termasuk yang menyatakan kesunahan membaca doa qunut ketika shalat shubuh.

Beliau sendiri memiliki sikap yang amat bijak ketika datang ke jamaah yang tidak berqunut shubuh.

Diceritakan dalam Al Mausuโ€™ah sebagai berikut:

ุงู„ุดู‘ูŽุงููุนููŠู‘ู ุฑูŽุถููŠูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ู ุชูŽุฑูŽูƒูŽ ุงู„ู’ู‚ูู†ููˆุชูŽ ูููŠ ุงู„ุตู‘ูุจู’ุญู ู„ูŽู…ู‘ูŽุง ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ู…ูŽุนูŽ ุฌูŽู…ูŽุงุนูŽุฉู ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ุญูŽู†ูŽูููŠู‘ูŽุฉู ูููŠ ู…ูŽุณู’ุฌูุฏูู‡ูู…ู’ ุจูุถูŽูˆูŽุงุญููŠ ุจูŽุบู’ุฏูŽุงุฏูŽ . ููŽู‚ูŽุงู„ ุงู„ู’ุญูŽู†ูŽูููŠู‘ูŽุฉู : ููŽุนูŽู„ ุฐูŽู„ููƒูŽ ุฃูŽุฏูŽุจู‹ุง ู…ูŽุนูŽ ุงู„ุฅู’ูู…ูŽุงู…ู ุŒ ูˆูŽู‚ูŽุงู„ ุงู„ุดู‘ูŽุงููุนููŠู‘ูŽุฉู ุจูŽู„ ุชูŽุบูŽูŠู‘ูŽุฑูŽ ุงุฌู’ุชูู‡ูŽุงุฏูู‡ู ูููŠ ุฐูŽู„ููƒูŽ ุงู„ู’ูˆูŽู‚ู’ุชู

โ€œAsy Syafiโ€™i Radhiallahu โ€˜Anhu meninggalkan qunut dalam shubuh ketika Beliau shalat bersama jamaah  kalangan Hanafiyah (pengikut Abu Hanifah) di Masjid mereka, di pinggiran kota Baghdad.

Berkata Hanafiyah: โ€œItu merupakan adab bersama imam.โ€ Berkata Asy Syafiโ€™iyyah (pengikut Asy Syafiโ€™i): โ€œBahkan beliau telah merubah ijtihadnya pada waktu itu.โ€ (Al Mausuโ€™ah Al Fiqhiyah Al Kuwaitiyah, 2/302. Wizarah Al Awqaf Asy Syuโ€™un Al Islamiyah)

๐Ÿƒ2โƒฃ Imam Ahmad bin Hambal Radhiallahu โ€˜Anhu

Pada sebagian riwayat, disebutkan bhwa Imam Ahmad bin Hambal termasuk yang membidโ€™ahkan qunut dalam shubuh, namun Beliau memiliki sikap yang menunjukkan ketajaman pandangan, keluasan ilmu, dan kedewasaan bersikap.

Hal ini dikatakan oleh Al โ€˜Allamah Muhammad bin Shalih Al โ€˜Utsaimin Rahimahullah sebagai berikut:

  ูู‚ุฏ ูƒุงู† ุงู„ุฅู…ุงู… ุฃุญู…ุฏู ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ ูŠุฑู‰ ุฃู†ู‘ูŽ ุงู„ู‚ูู†ููˆุชูŽ ููŠ ุตู„ุงุฉ ุงู„ูุฌุฑ ุจูุฏู’ุนุฉุŒ ูˆูŠู‚ูˆู„: ุฅุฐุง ูƒู†ุช ุฎูŽู„ู’ููŽ ุฅู…ุงู… ูŠู‚ู†ุช ูุชุงุจุนู‡ ุนู„ู‰ ู‚ูู†ููˆุชูู‡ูุŒ ูˆุฃู…ู‘ูู†ู’ ุนู„ู‰ ุฏูุนุงุฆู‡ุŒ ูƒูู„ู‘ู ุฐู„ูƒ ู…ูู† ุฃุฌู„ ุงุชู‘ูุญุงุฏ ุงู„ูƒู„ู…ุฉุŒ ูˆุงุชู‘ููุงู‚ ุงู„ู‚ู„ูˆุจุŒ ูˆุนุฏู… ูƒุฑุงู‡ุฉ ุจุนุถู†ุง ู„ุจุนุถ

โ€œAdalah Imam Ahmad Rahimahullah berpendapat bahwa qunut dalam shalat fajar (shubuh) adalah bidโ€™ah.
Dia mengatakan: โ€œJika aku shalat di belakang imam yang berqunut, maka aku akan mengikuti qunutnya itu, dan aku aminkan doanya, semua ini lantaran demi menyatukan kalimat, melekatkan hati, dan menghilangkan kebencian antara satu dengan yang lainnya.โ€ (Syaikh Ibnu โ€˜Utsaimin, Syarhul Mumtiโ€™, 4/25. Mawqiโ€™ Ruh Al Islam)

 ๐Ÿƒ3โƒฃImam Sufyan Ats Tsauri Radhiallahu โ€˜Anhu

Beliau mengatakan, sebagaimana dikutip Imam At Tirmidzi sebagai berikut:

ู‚ูŽุงู„ูŽ ุณููู’ูŠูŽุงู†ู ุงู„ุซู‘ูŽูˆู’ุฑููŠู‘ู ุฅูู†ู’ ู‚ูŽู†ูŽุชูŽ ูููŠ ุงู„ู’ููŽุฌู’ุฑู ููŽุญูŽุณูŽู†ูŒ ูˆูŽุฅูู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽู‚ู’ู†ูุชู’ ููŽุญูŽุณูŽู†ูŒ

โ€œBerkata Sufyan Ats Tsauri: โ€œJika berqunut pada shalat shubuh, maka itu  bagus, dan jika tidak berqunut itu juga bagus.โ€ (Lihat Sunan At Tirmidzi, keterangan hadits No. 401)

๐Ÿƒ4โƒฃImam Ibnu Hazm Rahimahullah

Beliau berpendapat, sebagaimana yang disebutkan oleh Imam Asy Syaukani:

ูˆู‚ุงู„ ุงู„ุซูˆุฑูŠ ูˆุงุจู† ุญุฒู… : ูƒู„ ู…ู† ุงู„ูุนู„ ูˆุงู„ุชุฑูƒ ุญุณู†

โ€œBerkata Ats Tsauri dan Ibnu Hazm:  โ€œSiapa saja yang yang melakukannya dan meninggalkannya, adalah baik.โ€ (Nailul Authar, 2/346)

๐Ÿƒ5โƒฃImam Ibnu Taimiyah Rahimahullah

Beliau memiliki pandangan yang jernih dalam hal qunut shubuh ini. Walau beliau sendiri lebih mendukung pendapat yang tidak berqunut.

Berikut ini ucapannya:

ูˆูŽูƒูŽุฐูŽู„ููƒูŽ ุงู„ู’ู‚ูู†ููˆุชู ูููŠ ุงู„ู’ููŽุฌู’ุฑู ุฅู†ู‘ูŽู…ูŽุง ุงู„ู†ู‘ูุฒูŽุงุนู ุจูŽูŠู’ู†ูŽู‡ูู…ู’ ูููŠ ุงุณู’ุชูุญู’ุจูŽุงุจูู‡ู ุฃูŽูˆู’ ูƒูŽุฑูŽุงู‡ููŠูŽุชูู‡ู ูˆูŽุณูุฌููˆุฏู ุงู„ุณู‘ูŽู‡ู’ูˆู ู„ูุชูŽุฑู’ูƒูู‡ู ุฃูŽูˆู’ ููุนู’ู„ูู‡ู ูˆูŽุฅูู„ู‘ูŽุง ููŽุนูŽุงู…ู‘ูŽุชูู‡ูู…ู’ ู…ูุชู‘ูŽููู‚ููˆู†ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุตูุญู‘ูŽุฉู ุตูŽู„ูŽุงุฉู ู…ูŽู†ู’ ุชูŽุฑูŽูƒูŽ ุงู„ู’ู‚ูู†ููˆุชูŽ ูˆูŽุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ู„ูŽูŠู’ุณูŽ ุจููˆูŽุงุฌูุจู ูˆูŽูƒูŽุฐูŽู„ููƒูŽ ู…ูŽู†ู’ ููŽุนูŽู„ูŽู‡ู

โ€œDemikian juga qunut subuh, sesungguhnya perselisihan di antara mereka hanyalah pada istihbab-nya (disukai) atau makruhnya (dibenci).

Begitu pula perselisihan seputar sujud sahwi karena  meninggalkannya atau melakukannya, jika pun  tidak qunut, maka kebanyakan mereka sepakat atas sahnya shalat yang meninggalkan qunut, karena itu bukanlah wajib.

Demikian juga orang yang melakukannya (qunut, maka tetap sah shalatnya โ€“pen).โ€   (Imam Ibnu Taimiyah, Majmuโ€™ Fatawa, 5/185. Mauqiโ€™ Al Islam)

Beliau juga mengatakan bahwa para ulama sepakat berqunut atau tidak, shalat subuh adalah shahih.

Perbedaan terjadi pada mana yang lebih utama. Katanya:

ุงุชู‘ูŽููŽู‚ูŽ ุงู„ู’ุนูู„ูŽู…ูŽุงุกู ุนูŽู„ูŽู‰ ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ุฅุฐูŽุง ููŽุนูŽู„ูŽ ูƒูู„ู‘ู‹ุง ู…ูู†ู’ ุงู„ู’ุฃูŽู…ู’ุฑูŽูŠู’ู†ู ูƒูŽุงู†ูŽุชู’ ุนูุจูŽุงุฏูŽุชูู‡ู ุตูŽุญููŠุญูŽุฉู‹ุŒ ูˆูŽู„ูŽุง ุฅุซู’ู…ูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู: ู„ูŽูƒูู†ู’ ูŠูŽุชูŽู†ูŽุงุฒูŽุนููˆู†ูŽ ูููŠ ุงู„ู’ุฃูŽูู’ุถูŽู„ู.
ูˆูŽูููŠู…ูŽุง ูƒูŽุงู†ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูŠูŽูู’ุนูŽู„ูู‡ูุŒ ูˆูŽู…ูŽุณู’ุฃูŽู„ูŽุฉู ุงู„ู’ู‚ูู†ููˆุชู ูููŠ ุงู„ู’ููŽุฌู’ุฑู ูˆูŽุงู„ู’ูˆูุชู’ุฑูุŒ ู…ูู†ู’ ุฌูŽู‡ู’ุฑู ุจูุงู„ู’ุจูŽุณู’ู…ูŽู„ูŽุฉูุŒ ูˆูŽุตูููŽุฉู ุงู„ูุงุณู’ุชูุนูŽุงุฐูŽุฉู ูˆูŽู†ูŽุญู’ูˆูู‡ูŽุงุŒ ู…ูู†ู’ ู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ู’ุจูŽุงุจู.
ููŽุฅูู†ู‘ูŽู‡ูู…ู’ ู…ูุชู‘ูŽููู‚ููˆู†ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฃูŽู†ู‘ูŽ ู…ูŽู†ู’ ุฌูŽู‡ูŽุฑูŽ ุจูุงู„ู’ุจูŽุณู’ู…ูŽู„ูŽุฉู ุตูŽุญู‘ูŽุชู’ ุตูŽู„ูŽุงุชูู‡ูุŒ ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ุฎูŽุงููŽุชู’ ุตูŽุญู‘ูŽุชู’ ุตูŽู„ูŽุงุชูู‡ู ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุฃูŽู†ู‘ูŽ ู…ูŽู†ู’ ู‚ูŽู†ูŽุชูŽ ูููŠ ุงู„ู’ููŽุฌู’ุฑู ุตูŽุญู‘ูŽุชู’ ุตูŽู„ูŽุงุชูู‡ูุŒ ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽู‚ู’ู†ูุชู’ ูููŠู‡ูŽุง ุตูŽุญู‘ูŽุชู’ ุตูŽู„ูŽุงุชูู‡ูุŒ ูˆูŽูƒูŽุฐูŽู„ููƒูŽ ุงู„ู’ู‚ูู†ููˆุชู ูููŠ ุงู„ู’ูˆูุชู’ุฑู

Ulama sepakat bahwa melakukan salah satu di antara dua hal maka ibadahnya tetap shahih (sah), dan tidak berdosa atasnya, tetapi mereka berbeda pendapat tentang mana yang utama.

Pada apa yang dilakukan oleh Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam, masalah qunut pada subuh dan witir, mengeraskan basmalah, bentuk istiโ€™adzah, dan hal semisalnya yang termasuk pembahasan ini.

Mereka sepakat bahwa orang yang mengeraskan basmalah adalah sah shalatnya, dan yang menyembunyikan juga sah shalatnya, yang berqunut subuh sah shalatnya, begitu juga yang berqunut pada witir. (Al Fatawa Al Kubra, 2/116, Cet. 1,  1987M-1408H. Darul Kutub Al โ€™Ilmiyah)

๐Ÿƒ6โƒฃImam Ibnu Qayyim Al Jauziyah Rahimahullah

Beliau termasuk yang melemahkan pendapat qunut shubuh sebagaimana beliau uraikan dalam Zaadul Maโ€™ad, dan baginya adalah hal mustahil Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam merutinkannya pada shalat shubuh.

Tetapi, tak satu pun kalimat darinya yang menyebut bahwa qunut shubuh adalah bidโ€™ah, walau dia mengutip beberapa riwayat sahabat yang membidโ€™ahkannya.

Bahkan Beliau sendiri mengakui bahwa Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam, kadang melakukan qunut dalam shalat shubuh.

Berikut ini ucapannya:

ูƒูŽุงู†ูŽ ุชูŽุทู’ูˆููŠู„ูŽ ุงู„ู’ู‚ูุฑูŽุงุกูŽุฉู ูููŠ ุงู„ู’ููŽุฌู’ุฑู ูˆูŽูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูุฎูŽูู‘ููู‡ูŽุง ุฃูŽุญู’ูŠูŽุงู†ู‹ุง ูˆูŽุชูŽุฎู’ูููŠููŽ ุงู„ู’ู‚ูุฑูŽุงุกูŽุฉู ูููŠ ุงู„ู’ู…ูŽุบู’ุฑูุจู ูˆูŽูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูุทููŠู„ูู‡ูŽุง ุฃูŽุญู’ูŠูŽุงู†ู‹ุง ูˆูŽุชูŽุฑู’ูƒูŽ ุงู„ู’ู‚ูู†ููˆุชู ูููŠ ุงู„ู’ููŽุฌู’ุฑู ูˆูŽูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูŽู‚ู’ู†ูุชู ูููŠู‡ูŽุง ุฃูŽุญู’ูŠูŽุงู†ู‹ุง ูˆูŽุงู„ู’ุฅูุณู’ุฑูŽุงุฑูŽ ูููŠ ุงู„ุธู‘ู‡ู’ุฑู ูˆูŽุงู„ู’ุนูŽุตู’ุฑู ุจูุงู„ู’ู‚ูุฑูŽุงุกูŽุฉู ููƒูŽุงู†ูŽ ูŠูุณู’ู…ูุนู ุงู„ุตู‘ุญูŽุงุจูŽุฉูŽ ุงู„ู’ุขูŠูŽุฉูŽ ูููŠู‡ูŽุง ุฃูŽุญู’ูŠูŽุงู†ู‹ุง ูˆูŽุชูŽุฑู’ูƒูŽ ุงู„ู’ุฌูŽู‡ู’ุฑู ุจูุงู„ู’ุจูŽุณู’ู…ูŽู„ูŽุฉู ูˆูŽูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูŽุฌู’ู‡ูŽุฑู ุจูู‡ูŽุง ุฃูŽุญู’ูŠูŽุงู†ู‹ุง

โ€œDahulu Nabi memanjangkan bacaan pada shalat shubuh dan kadang meringankannya, meringankan  bacaan dalam shalat maghrib dan kadang memanjangkannya, beliau meninggalkan qunut dalam shubuh dan kadang dia berqunut, beliau  tidak mengeraskan bacaan dalam shalat  ashar dan kadang beliau memperdengarkan bacaannya kepada para sahabat, beliau tidak mengeraskan bacaan basmalah dan kadaang Beliau mengkeraskannya.

Beliau juga berkata:

ูˆู‚ู†ุช ููŠ ุงู„ูุฌุฑ ุจุนุฏ ุงู„ุฑูƒูˆุน ุดู‡ุฑุงู‹ุŒ ุซู… ุชุฑูƒ ุงู„ู‚ู†ูˆุช ูˆู„ู… ูŠูƒู† ู…ูู† ู‡ุฏูŠู‡ ุงู„ู‚ู†ูˆุชู ููŠู‡ุง ุฏุงุฆู…ุงู‹ุŒ ูˆู…ูู†ู’ ุงู„ู…ุญุงู„ ุฃู† ุฑุณูˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูƒุงู† ููŠ ูƒู„ ุบุฏุงุฉ ุจุนุฏ ุงุนุชุฏุงู„ู‡ ู…ู† ุงู„ุฑูƒูˆุน ูŠู‚ูˆู„: “ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ูŽ ุงู‡ู’ุฏูู†ูŠ ูููŠู…ูŽู†ู’ ู‡ูŽุฏูŽูŠู’ุชูŽุŒ ูˆูŽุชูŽูˆูŽู„ู‘ูŽู†ููŠ ูููŠู…ูŽู†ู’ ูˆูŽู„ู‘ูŽูŠู’ุชูŽ…” ุงู„ุฎ ูˆูŠุฑูุนู ุจุฐู„ูƒ ุตูˆุชู‡ุŒ ูˆูŠุคู…ู‘ูู† ุนู„ูŠู‡ ุฃุตุญุงุจูู‡ ุฏุงุฆู…ุงู‹ ุฅู„ู‰ ุฃู† ูุงุฑู‚ ุงู„ุฏู†ูŠุง

โ€œ(Beliau) Qunut dalam shubuh setelah ruku selama satu bulan, kemudian meninggalkan qunut. Dan, bukanlah petunjuk beliau melanggengkan qunut pada shalat shubuh, dan termasuk hal mustahil bahwa Rasusulullah Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam setiap paginya setelah iโ€™tidal dari ruku mengucapkan: โ€œAllahumahdini fiman hadait wa tawallani fiman tawallait … dstโ€ dengan meninggikan suaranya, dan selalu diaminkan oleh para sahabatnya sampai meninggalkan dunia. (Ibid, 1/271)

Lalu Ibnul Qayyim mengutip pertanyaan Saโ€™ad bin Thariq Al Asyjaโ€™i kepada ayahnya, di mana ayahnya pernah shalat dibelakang Rasulullah, Abu Bakar, Umar, Utsman, dan Ali, Apakah mereka pernah qunut shubuh?
Ayahnya menjawab: Anakku, itu adalah muhdats (perkara yang diada-adakan). (HR. Ahmad, At tirmidzi, dan lainnya, At Tirmidzi mengatakan: hasan shahih)

Beliau juga mengutip    dari Said bin Jubair, dia berkata: aku bersaksi bahwa aku mendengar,  dari Abdullah bin Abbas Radhiallahu โ€˜Anhu, dia berkata, โ€œQunut yang ada pada shalat subuh adalah bidโ€™ah.โ€ (HR. Ad Daruquthni No. 1723)

Tetapi riwayat ini dhaif (lemah). (Nashbur Rayyah, 3/183). Imam Al Baihaqi mengatakan: tidak shahih. (Imam Asy Syaukani, Nailul Authar, 2/345. Maktabah Ad Daโ€™wah Al Islamiyah) Karena di dalam sanadnya ada periwayat bernama Abdullah bin Muyassarah dia adalah seorang yang  dhaiful hadits (hadits darinya dhaif).  (Imam Ibnu Hajar, Tahdzibut Tahdzib,  6/ 44. Lihat juga Imam Al Mizzi, Tahdzibul Kamal, 16/197)

Imam Ibnul Qayyim juga memaparkan adanya kelompok yang menolak qunut secara mutlak termasuk qunut nazilah, yakni para penduduk Kufah.
Beliau pun tidak menyetujui pendapat ini, hingga akhirnya Beliau menempuh jalan pertengahan, yakni jalannya para ahli hadits.

Katanya:

ูุฃู‡ู„ู ุงู„ุญุฏูŠุซ ู…ุชูˆุณุทูˆู† ุจูŠู† ู‡ุคู„ุงุก ูˆุจูŠู† ู…ู† ุงุณุชุญุจู‡ ุนู†ุฏ ุงู„ู†ูˆุงุฒู„ ูˆุบูŠุฑู‡ุงุŒ ูˆู‡ู… ุฃุณุนุฏู ุจุงู„ุญุฏูŠุซ ู…ู† ุงู„ุทุงุฆูุชูŠู†ุŒ ูุฅู†ู‡ู… ูŠู‚ู†ูุชูˆู† ุญูŠุซู ู‚ู†ุช ุฑุณูˆู„ู ุงู„ู„ู‘ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…ุŒ ูˆูŠุชุฑูƒููˆู†ู‡ ุญูŠุซ ุชุฑูƒู‡ุŒ ููŠู‚ุชุฏูˆู† ุจู‡ ููŠ ูุนู„ู‡ ูˆุชุฑูƒู‡ุŒูˆูŠู‚ูˆู„ูˆู†: ููุนู„ู‡ ุณู†ุฉุŒ ูˆุชุฑูƒูู‡ ู„ุณู†ุฉุŒ ูˆู…ุน ู‡ุฐุง ูู„ุง ูŠูู†ูƒุฑูˆู† ุนู„ู‰ ู…ู† ุฏุงูˆู… ุนู„ูŠู‡ุŒ ูˆู„ุง ูŠูƒุฑู‡ูˆู† ูุนู„ู‡ุŒ ูˆู„ุง ูŠุฑูˆู†ู‡ ุจุฏุนุฉุŒ ูˆู„ุง ูุงุนูู„ูŽู‡ ู…ุฎุงู„ูุงู‹ ู„ู„ุณู†ุฉุŒ ูƒู…ุง ู„ุง ูŠูู†ูƒูุฑูˆู† ุนู„ู‰ ู…ู† ุฃู†ูƒุฑู‡ ุนู†ุฏ ุงู„ู†ูˆุงุฒู„ุŒ ูˆู„ุง ูŠุฑูˆู† ุชุฑูƒู‡ ุจุฏุนุฉุŒ ูˆู„ุง ุชุงุฑููƒู‡ ู…ุฎุงู„ูุงู‹ ู„ู„ุณู†ุฉุŒ ุจู„ ู…ู† ู‚ู†ุชุŒ ูู‚ุฏ ุฃุญุณู†ุŒ ูˆู…ู† ุชุฑูƒู‡ ูู‚ุฏ ุฃุญุณู†

โ€œMaka, ahli hadits adalah golongan pertengahan di antara mereka (penduduk Kufah yang membidโ€™ahkan) dan golongan yang menyunnahkan qunut baik nazilah atau selainnya, mereka telah dilapangkan oleh hadits dibandingkan dua kelompok ini.

Sesungguhnya mereka berqunut karena Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam melakukannya, mereka juga meninggalkannya ketika Rasulullah meninggalkannya, mereka mengikutinya baik dalam melakukan atau meninggalkannya.

Mereka (para ahli hadits) mengatakan: melakukannya adalah sunah, meninggalkannya juga sunah, bersamaan dengan itu mereka tidak mengingkari orang-orang yang merutinkannya, dan tidak memakruhkan perbuatannya, tidak memandangnya sebagai bidโ€™ah, dan tidaklah pelakunya dianggap telah berselisih dengan sunnah, sebagaimana mereka juga tidak mengingkari orang-orang yang menolak qunut ketika musibah, mereka juga tidak menganggap meninggalkannya adalah bidโ€™ah, dan tidak pula orang yang meninggalkannya  telah  berselisih dengan sunnah, bahkan barang siapa yang berqunut dia telah berbuat baik, dan siapa yang meninggalkannya juga baik.โ€ (Ibid, 1/274-275)

Syaikh โ€˜Athiyah Shaqr menilai pendapat pertengahan Imam Ibnul Qayyim ini adalah pendapat yang terbaik dalam masalah qunut. (Fatawa Al Azhar, 5/9)

๐Ÿƒ7โƒฃPara Ulama Lajnah Daimah Kerajaan Saudi Arabia

Mereka  saat itu diketuai oleh Syaikh Al โ€˜Allamah  Abdul Aziz bin Baz Rahimahullah. Sebenarnya secara resmi Lajnah Daimah membidโ€™ahkan prilaku merutinkan qunut pada shubuh, sebagaimana fatwa No. 2222. Namun, pada fatwa lainnya โ€“ yang ditanda tangani oleh Syaikh Ibnu Baz, Syaikh  Abdullah bin Maniโ€™, Syaikh Abdullah bin Ghudyan, dan Syaikh Abdurrazzaq โ€˜Afifi-   mereka pun memberikan pandangan bijak, sebagai berikut:

ูˆุจุงู„ุฌู…ู„ุฉ ูุชุฎุตูŠุต ุตู„ุงุฉ ุงู„ุตุจุญ ุจุงู„ู‚ู†ูˆุช ู…ู† ุงู„ู…ุณุงุฆู„ ุงู„ุฎู„ุงููŠุฉ ุงู„ุงุฌุชู‡ุงุฏูŠุฉุŒ ูู…ู† ุตู„ู‰ ูˆุฑุงุก ุฅู…ุงู… ูŠู‚ู†ุช ููŠ ุงู„ุตุจุญ ุฎุงุตุฉ ู‚ุจู„ุงู„ุฑูƒูˆุน ุฃูˆ ุจุนุฏู‡ ูุนู„ูŠู‡ ุฃู† ูŠุชุงุจุนู‡ุŒ ูˆุฅู† ูƒุงู† ุงู„ุฑุงุฌุญ ุงู„ุงู‚ุชุตุงุฑ ููŠ ุงู„ู‚ู†ูˆุช ุจุงู„ูุฑุงุฆุถ ุนู„ู‰ ุงู„ู†ูˆุงุฒู„ ูู‚ุท

โ€œMaka, secara global mengkhususkan doa qunut pada shalat shubuh merupakan masalah khilafiyah ijtihadiyah.

Barang siapa yang shalat di belakang imam yang berqunut shubuh, baik sebelum atau sesudah ruku, maka hendaknya dia mengikutinya.

Walau pun pendapat yang paling kuat adalah membatasi qunut hanya ada pada nazilah saja.โ€  (Fatawa Al Lajnah Ad Daimah Lil Buhuts Al Ilmiyah wal Iftaโ€™,  No. 902)

๐Ÿƒ8โƒฃSyaikh Ibnu Al โ€˜Utsaimin Rahimahullah

Beliau ditanya:

ุนู†ุฏู†ุง ุฅู…ุงู… ูŠู‚ู†ุช ููŠ ุตู„ุงุฉ ุงู„ูุฌุฑ ุจุตูุฉ ุฏุงุฆู…ุฉ ูู‡ู„ ู†ุชุงุจุนู‡ ุŸ ูˆู‡ู„ ู†ุคู…ู† ุนู„ู‰ ุฏุนุงุฆู‡ ุŸ

Kami memiliki imam yang berqunut pada shalat subuh yang melakukannya secara terus menerus, apakah kami mesti mengikutinya? Dan apakah kami mesti mengaminkan doanya?

Beliau menjawab:

ู…ู† ุตู„ู‰ ุฎู„ู ุฅู…ุงู… ูŠู‚ู†ุช ููŠ ุตู„ุงุฉ ุงู„ูุฌุฑ ูู„ูŠุชุงุจุน ุงู„ุฅู…ุงู… ููŠ ุงู„ู‚ู†ูˆุช ููŠ ุตู„ุงุฉ ุงู„ูุฌุฑ ุŒ ูˆูŠุคู…ู† ุนู„ู‰ ุฏุนุงุฆู‡ ุจุงู„ุฎูŠุฑ ุŒ ูˆู‚ุฏ ู†ุต ุนู„ู‰ ุฐู„ูƒ ุงู„ุฅู…ุงู… ุฃุญู…ุฏ ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰

Barangsiapa yang shalat di belakang imam yang berqunut pada shalat subuh, maka hendaklnya dia mengikuti imam berqunut pada shalat subuh, dan mengaminkan doanya dengan baik.

Telah ada riwayat seperti itu dari Imam Ahmad Rahimahullah. (Syaikh Ibnu Al โ€˜Utsaimin, Majmuโ€™ Fafatwa, 14/177)

๐Ÿƒ9โƒฃSyaikh Abdurrahman bin Abdullah Al Jibrin Rahimahullah

Beliau berpendapat jika qunut dilakukan tanpa sebab  maka itu makruh, namun dia tetap menasihati agar jika ada yang melakukan karena mengikuti pendapat madzhab Syafiโ€™i maka itu jangan iingkari.

Katanya:

ูˆุจูƒู„ ุญุงู„ ูู…ู† ู‚ู†ุช ุชุจุนุงู‹ ู„ู„ุดุงูุนูŠุฉ ูู„ุง ูŠูู†ูƒุฑ ุนู„ูŠู‡ ุŒ ูˆู„ูƒู† ุงู„ุตุญูŠุญ ุฃู†ู‡ ู„ุง ูŠุดุฑุน . ูˆู„ู… ูŠุซุจุช ุนู†ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุŒ ุงู„ุงุณุชู…ุฑุงุฑ ุนู„ูŠู‡ . ูุงู„ุฃุธู‡ุฑ ุฃู†ู‡ ู…ูƒุฑูˆู‡ ุจู„ุงุณุจุจ ูˆุงู„ู„ู‡ ุนู„ู…

Bagaimana pun juga, bagi siapa saja yang berqunut karena mengikuti syafiโ€™iyah maka jangan diingkari, tetapi yang benar adalah itu tidak disyariatkan.

Tidak ada yang pasti dari Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam bahwa beliau merutinkannya.

Maka, yang nampak adalah hal itu makruh dilakukan tanpa sebab. Wallahu Aโ€™lam. (Fatawa Islamiyah, 1/454. Dikumpulkan oleh Syaikh Muhammad bin Abdul Aziz Al Musnid)

Demikian.
Pemaparan ini bukanlah dalam rangka mengaburkan permasalahan, tetapi dalam rangka โ€“ sebagaimana kata Imam Ahmad- MENYATUKAN KALIMAT, MELEKATKAN HATI dan MENGHAPUSKAN KEBENCIAN sesama kaum muslimin.

Sebab, para imam yang berselisih pendapat pun memiliki sikap yang tidak melampaui batas-batas akhlak dan adab Islam dalam menyikapi perbedaan pendapat dalam fiqih.

Sudah selayaknya kita mengambil banyak pelajaran dari para Aโ€™immatil Aโ€™lam (imam-imam dunia) ini.

Wa akhiru daโ€™wana an alhamdulillahi rabbail โ€˜alamin.

Wallahu Aโ€™lam

๐ŸŒฟ๐ŸŒบ๐Ÿ‚๐Ÿ€๐ŸŒผ๐Ÿ„๐ŸŒท๐Ÿ๐ŸŒน


Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Follow IG MANIS : https://www.instagram.com/majelis_manis/?igshid=YmMyMTA2M2Y%3D

Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial

๐Ÿ“ฑInfo & Pendaftaran member : https://bit.ly/gabungmanis

๐Ÿ’ฐ Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSM : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/6285279776222
wa.me/6287782223130

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here