Wakaf untuk Korban Bencana Alam

📆 Jum'at, 11 Muharram 1440/ 21 September 2018

📚 *Fikih Muamalah*

📝 Pemateri: Ustadz Dr. Oni Sahroni, M.A

📋Wakaf untuk Korban Bencana Alam
🌿🌺🍂🍀🌼🍄🌷🌹

Donasi wakaf diperkenankan untuk membiayai pembangunan rumah korban bencana jika itu menjadi prioritas pertama dan keterbatasan donasi, infak, sedekah, atau benefit wakaf untuk membiayai rumah tersebut. Kesimpulan ini berdasarkan kaidah dan alasan berikut.

1. Wakaf itu yang diperuntukkan adalah manfaat dan benefitnya, sedangkan pokok aset wakaf tidak boleh berkurang atau berpindah kepemilikan, tetapi harus tetap agar  produktif dimanfaatkan oleh mustahik. Hal ini sesuai dengan pengertian wakaf sebagaimana yang ditegaskan oleh Ibnu Quddamah dalam Al-Mughni,

حَبْسُ الْأَصْلِ وَتَسْبِيْلِ الثَّمَرَة

“Tahan pokoknya dan salurkan hasilnya.”

2. Berdasarkan kaidah pertama tadi, aset wakaf uang atau wakaf melalui uang harus menjadi aset produktif dan jika pengembangannya dalam bentuk pembangunan rumah atau aset tertentu, semakin panjang usia dan produktivitasnya maka semakin baik karena memberikan manfaat yang lebih panjang dan produktif bagi n-user (mustahik). Hal ini sesuai dengan makna sedekah jariyah dalam hadits Rasulullah Saw :

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: إِذَا مَاتَ اِبْنُ الإِنْسَانُ اِنْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلَهُ إِلاَّ مِنْ ثَلاَثَةٍ : صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُوْ لَهُ

“Jika anak adam meninggal, maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara, yaitu :  sedekah jariyah,  ilmu yang diambil manfaatnya,  anak shalih yang selalu mendo’akan orang tuanya.” (HR. Muslim)

3. Akan tetapi, apabila ada keterbatasan sumber donasi lain, seperti infak, sedekah, dan benefit wakaf, maka diperkenankan untuk membiayai kebutuhan tersebut dari donasi wakaf. Karena sesungguhnya, tujuan wakaf minimal tidak habis dikonsumsi. Setiap yang tidak habis dikonsumsi terlepas dari berapa umur produktivitasnya ditujukan, termasuk rumah yang usianya terbatas.

Berdasarkan tiga hal di atas, berdonasi wakaf untuk pembangunan rumah sementara diperbolehkan, apalagi untuk hajat atau darurat masyarakat yang sangat membutuhkan.

Wallahu a’lam

================
Follow And Join

📲Fb, IG, Telegram: @onisahronii
📲 Twitter : @onisahroni

🍃🍃🌺🍃🍃🌺🍃🍃

Dipersembahkan oleh: manis.id

📱Info & Pendaftaran member : bit.ly/mediamanis
💰 =Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa= 💰
An. Yayasan MANIS, No Rek BSM 7113816637
📲 Info lebih lanjut : bit.ly/donasidakwahmanis