Sholat Sunnah Rawatib

Ustadz Menjawab
Senin, 24 September 2018
Ustadz Rikza Maulan, Lc.MA

Assalamu'alaikum, ustadz/ustadzah
....adakah sholat rowatib qobla dzuhur 4 rakaat, yang dilaksanakan 2 rakaat,2 rakaat, haditsnya ada dan kuatkah?
A37

Jawaban
--------------

‌و عليكم  السلام  و  رحمة  الله  و  بركاته

Rehad (Renungan Hadits) 304
"Mendapatkan Rumah Di Surga, Dengan Istiqamah Dalam Shalat Sunnah"

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ ثَابَرَ عَلَى ثِنْتَيْ عَشْرَةَ رَكْعَةً مِنْ السُّنَّة،ِ بَنَى اللَّهُ لَهُ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ قَبْلَ الظُّهْرِ، وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَهَا، وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْمَغْرِبِ، وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْعِشَاءِ، وَرَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْفَجْر (رواه الترمذي)

Dari 'Aisyah ra berkata, bahwa Rasulullah Saw bersabda, "Barangsiapa yang tekun dalam mengerjakan shalat sunnah dua belas rakaat (sehari semalam), maka Allah akan membangunkan baginya sebuah rumah di dalam surga. (Shalat-shalat sunnah tersebut) adalah, empat rakaat sebelum zhuhur, dua rakaat setelah zhuhur, dua rakaat setelah maghrib, dua rakaat setelah isya` dan dua rakaat sebelum subuh." (HR. Tirmidzi)

Takhrij Hadits ;
1. Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dalam Sunan (Jami') nya, Kitab As-Shalat, Bab Ma Ja'a Fiman Shalla Fi Yaumin Wa Lailatin Tsinta Asyrata Rak'atan Minas Sunnah, Hadits no 379.

2. Diriwayatkan juga oleh Imam Nasa'i dalan Sunannya, Kitab Qiyamil Lail Watathuwwu'in Nahar, Bab Tsawabu Man Shalla Fil Yaumi Wal Lailati Tsinta Asyrata Rak'atan, hadits no 1772.

3. Hadits ini juga memiliki syahid dari jalur sanad Ummu Habibah ra, yg diriwayatkan oleh Imam Muslim no 1198, Abu Daud no 1059, Ibnu Majah no 1131 & Imam Ahmad no 25543.

4. Syekh Al-Mubarakfuri mengemukakan bahwa derajat hadits ini tidak dibawah hadits hasan. Kemudian Syekh Ahmad Syakir mengatakan hadits ini shahih atau hasan. Sementara Syekh Albani mengatakan bahwa hadits ini Shahih.

Hikmah hadits ;
1. Anjuran istiqamah untuk melaksanakan shalat-shalat sunnah rawatib 12 rakaat sehari semalam. Karena sebagaimana dijelaskan dalam hadits di atas bahwa keutamaan orang yang istiqamah melaksanakan shalat sunnah rawatib sehari semalam sebanyak 12 rakaat, maka Allah Swt akan membangunkan baginya sebuah rumah di dalam surga. Sungguh merupakan keutamaan yang sangat besar, yang Allah berikan kepada hamba-Nya yg istiqamah dalam menggapai ridha-Nya melalui shalat2 sunnah.

2. Shalat rawatib atau kadang disebut juga shalat sunnah rawatb adalah shalat-shalat sunnah yang mengiringi shalat-shalat fardhu yg 5 waktu, baik yg qabliyah (sebelum shalat fardhu) maupun yg ba'diyah (sesudah shalat fardhu). Shalat-shalat rawatib tersebut, sebagaimana dijelaskan dalam hadits di atas adalah sebagai berikut ;
(1) 4 rakaat sebelum dzuhur
(2) 2 rakaat sesudah dzuhur
(3) 2 rakaat sesudah maghrib
(4) 2 rakaat sesudah isya'
(5) 2 rakaat sebelum subuh

3. Selain mendapatkan keutamaan akan dibangunkan sebuah rumah di dalam surga, melaksanakan shalat sunnah rawatib juga memiliki keutamaan2 lain, yaitu ;

(1). 2 rakaat shalat sunnah sebelum shalat subuh, adalah lebih mulia dibandingkan dengan dunia dengan segala isinya. (Sebagaimana dijelaskan dalam hadits riwauat Imam Muslim)

(2). Akan dihindarkan dari adzab neraka, sebagaimana disebutkan dalam hadits, "Barang siapa yg menjaga empat 4 rakaat sebelum dzuhur dan 4 rakaat sesudahnya, maka Allah mengharamkannya dari api neraka. (HR. Abu Daud)

(3). Mendapatkan limpahan rahmat. Sebagaimana dalam hadits,
"Semoga Allah merahmati seseorang yang shalat 4 rakaat sebelum ashar" (HR. Abu Daud).

Semoga kita semua termasuk ke dalam golongan orang2 yang mendapatkan segala keutamaan yg terdapat dalam shalat rawatib sebagaimana dijelaskan di atas. Amiin Ya Rabbal Alamiiin.

Wallahu a'lam.

🍃🍃🌺🍃🍃🌺🍃🍃

Dipersembahkan oleh: manis.id

📱 Info & pendaftaran member: bit.ly/mediamanis

💰Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
a.n Yayasan MANIS,
No Rek BSM 7113816637

Info lebih lanjut: bit.ly/donasidakwahmanis