Bermaksiat kemudian Taubat kemudian Mengulang..

Ustadz Menjawab
Selasa, 25 September 2018
Ustadz Djunaedi

Assalamu'alaikum, ustadz/ustadzah
....apakah orang yg bermaksiat kemudian taubat kemudian mengulang dan kembali bertaubat lagi... apakah dosanya diampuni..
dan amalan apakak untuk sehari" agar terjaga dari perbuatan maksiat tersebut..terima kasih..
MANIS I-22

Jawaban
--------------

‌و عليكم  السلام  و  رحمة  الله  و  بركاته

Berbuat Dosa Lagi Setelah Bertaubat

Demikianlah fitrah manusia, berbuat kesalahan, kemudian berbuat kesalahan lagi.. Rasulullah ﷺ bersabda:

كُلُّ ابْنِ آدَمَ خَطَّاءٌ وَخَيْرُ الْخَطَّائِينَ التَّوَّابُونَ

“Setiap manusia pasti banyak berbuat salah, dan sebaik-baik orang yang berbuat salah adalah orang yang sering bertaubat” (HR. Tirmidzi no.2687. At Tirmidzi berkata: “Hadits ini gharib”. Di-hasan-kan Al Albani dalam Al Jami Ash Shaghir, 291/18).

Kata خطاء dlm hadits diatas artinya: banyak berbuat salah. Namun kata Nabi setelah itu, “sebaik-baik orang yang berbuat salah adalah orang yang sering bertaubat”. Ini isyarat bahwa orang yang dosanya banyak, termasuk orang yang mengulang dosa yang sama setelah taubat, tetap akan diterima taubatnya.

Dalam sebuah hadits lain ;

“Ada seorang hamba yang berbuat dosa lalu ia berkata: ‘Ya Rabbi, aku telah berbuat dosa, ampunilah aku’. Lalu اَللّٰهُ berfirman: ‘Hambaku mengetahui bahwa ia memiliki Rabb yang mengampuni dosa’. Lalu dosanya diampuni. Dan berjalanlah waktu, lalu ia berbuat dosa lagi. Ketika berbuat dosa lagi ia berkata: ‘Ya Rabbi, aku telah berbuat dosa lagi, ampunilah aku’. Lalu Allah berfirman: ‘Hambaku mengetahui bahwa ia memiliki Rabb yang mengampuni dosa’. Lalu dosanya diampuni. Dan berjalanlah waktu, lalu ia berbuat dosa lagi. Ketika berbuat dosa lagi ia berkata: ‘Ya Rabbi, aku telah berbuat dosa lagi, ampunilah aku’. Lalu Allah berfirman: ‘Hambaku mengetahui bahwa ia memiliki Rabb yang mengampuni dosa’. Lalu dosanya diampuni. Lalu Allah berfirman: ‘Aku telah ampuni dosa hamba-Ku, maka hendaklah ia berbuat sesukanya’” (HR. Bukhari no. 7068).

Imam Nawawi berkata : “Jika seseorang berbuat dosa seratus kali, seribu kali, atau bahkan lebih banyak, dan setiap berbuat dosa ia bertaubat, maka taubatnya diterima. Bahkan jika dari ribuan perbuatan dosa tadi setelahnya ia hanya sekali bertaubat, taubatnya pun diterima” (Fathul Baari, 89/21).

Amalan Agar Terjaga Dari Maksiat

Perbanyaklah ibadah, dan istighfar.. juga sering-serinhlah hadir dalam majelis-majelis ilmu, usahakan berkumpul dengan orang-orang sholeh baik di dunia maya seperti group MANIS ini, terlebih di dunia nyata.. bisa dengan mengikuti majelis dan halaqoh ilmu, dlsb.
Dan teruslah istiqamah menjauhi maksiat dan terus bertaubat kepada اَللّٰهُ , semoga kita dimatikan dalam keadaan husnul khotimah. آمِيْنُ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن

Wallahu a'lam.

🍃🍃🌺🍃🍃🌺🍃🍃

Dipersembahkan oleh: manis.id

📱 Info & pendaftaran member: bit.ly/mediamanis

💰Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
a.n Yayasan MANIS,
No Rek BSM 7113816637

Info lebih lanjut: bit.ly/donasidakwahmanis