Saat Istri Bekerja Diluar...

Ustadz Menjawab
Selasa, 28 Agustus 2018
Ustadz Farid Nu'man Hasan

Assalamu'alaikum ustadz/ustadzah, afwan saya mau nanya., gini ustadz, ketika seorang wanita sudah berumah tangga kan seluruh tanggung jawab atas dirinya sudah ditanggung sama suaminya (sudah menjadi kewajiban suaminya), nah, ketika si istri mau bekerja d luar rumah, si istri ini sudah mendapatkan izin dari suaminya, saya tahu kalau tanggung jawab istri itu kan berada d rumah, dan memelihara dirinya., tapi kan si istri ini sudah mendapatkan izin dari suaminya untuk bekerja., jadi dimana letak tidak berkah nya ustadz??

Soalnya ada yang bilang sama saya, walaupun si istri sudah mendapatkan izin dari suaminya utk bekerja d luar rumah, tapi itu tetap tidak berkah., apa benar begitu ustadz? jika benar dimana letak tidak berkahnya,, kan dari awal suaminya sudah mengizinkannya utk bekerja., mohon penjelasannya ustadz., jazakallahu khairan ustdaz, wassalam 🙏🏻🙏🏻

Jawaban
--------------

‌و عليكم  السلام  و  رحمة  الله  و  بركاته

Berkah (Al Barokah), artinya:

هي النماء والزيادة .
وكذلك البركة في الأمر , فالخير يثبت فيه ولا يُفارقه ويُبارك الله فيه بأن ينمُو ويزداد .
البركة قيمةٌ معنوية لا تُرى بالعين المجردة ولا تُقاس بالكم ولا تحويها الخزائن .. هي شعورٌ إيجابي يشعر به الإنسان .
إذاً البركة تحملُ معنى نزول الخير الإلهي .

Artinya berkembang dan bertambah. Demikian juga makna berkah pada sebuah urusan, yaitu kebaikan selalu mengiringi urusan tersebut dan tidak pernah berpisah, dan Allah memberkahi urusan itu dengan menumbuhkan dan menambahkan.

Berkah itu nilai yang sifatnya ma'nawiyah (esensial), tidak bisa dilihat oleh mata telanjang dan tidak bisa dianalogikan dengan kuantitas, dan tidak pula diukur dengan harta .. berkah adalah cita rasa positif yang dirasakan manusia. Jadi, berkah itu bermakna turunnya kebaikan ilahiy kepada manusia.(Selesai)

Untuk wanita bekerja itu boleh (bukan wajib dan Sunnah), asalkan:

- izin suami
- pekerjaan yang halal
- tetap menjaga adab dan akhlak Islam
- tidak menelantarkan hak-hak suami dan anak, dan kewajiban di rumah

Jika ada yg terbengkalai salah satunya maka terlarang baginya bekerja.

Wallahu a'lam.