Misi Membalas Dendam, Uhud adalah Hasadnya Musyrikin Makkah

📚 *Bagian Pertama*

Ibnu Hisyam mencatat bahwa setelah kekalahan yang Allah Subhanahu wa Ta'ala timpakan kepada Quraisy, gembong kemusyrikan dicampakkan ke dalam sumur di Badr, dan sisanya lari tunggang-langgang ke Makkah maka Abu Sufyan menjadi tumpuan harapan mereka.

Tokoh yang melobinya adalah Abdullah ibn Abi Rabi'ah, Ikrimah ibn Abi Jahl, dan Shafwan ibn Umayyah. Mereka bertiga telah kehilangan, entah ayah, anak, atau saudara di Pertempuran Badr. Mereka mendesak Abu Sufyan dan rombongan kafilahnya yang terselamatkan itu untuk mendanai ekspedisi balas dendam.

Mereka mengajukan argumentasi bahwa kekalahan Badr itu adalah penghinaan yang harus dibalas serta pembunuhan atas punggawa mereka, mereka mendesak:

فأعينونا بهذا المال على حربه

Maka bantulah kami dengan pendanaan atas ekspedisi perang (Uhud) tersebut

Berkenaan dengan rencana busuk ini, Allah Subhanahu wa Ta'ala menurunkan firmanNya Surah al-Anfaal ayat ke-36

إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ لِيَصُدُّوا عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ ۚ فَسَيُنْفِقُونَهَا ثُمَّ تَكُونُ عَلَيْهِمْ حَسْرَةً ثُمَّ يُغْلَبُونَ ۗ وَالَّذِينَ كَفَرُوا إِلَىٰ جَهَنَّمَ يُحْشَرُونَ

Sesungguhnya orang-orang yang kafir itu, menginfakkan harta mereka untuk menghalang-halangi (orang) dari jalan Allah. Mereka akan (terus) menginfakkan harta itu, kemudian mereka akan menyesal sendiri, dan akhirnya mereka akan dikalahkan. Ke dalam neraka Jahanamlah orang-orang kafir itu akan dikumpulkan.

Agung Waspodo, sekilas di waktu Subuh, perhatikan perjalanan hidup, apakah terwarnai oleh keRidhaan atau amarah murka?

Depok, 20 Februari 2018
---

👉🏻 Bersambung ke Bagian kedua
---

*Referensi:* _ar-Raudhul Unuf karya al-Imam Abil Qasim Abdurrahman al Khats'ami as-Suhayli, Jilid 3, halaman 250, Darul Hadits_


0 Response to "Misi Membalas Dendam, Uhud adalah Hasadnya Musyrikin Makkah"

Post a Comment