Saling Do'a Dalam Bersin

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا عَطَسَ أَحَدُكُمْ فَلْيَقُلْ الْحَمْدُ لِلَّهِ وَلْيَقُلْ لَهُ أَخُوهُ أَوْ صَاحِبُهُ يَرْحَمُكَ اللَّهُ فَإِذَا قَالَ لَهُ يَرْحَمُكَ اللَّهُ فَلْيَقُلْ يَهْدِيكُمُ اللَّهُ وَيُصْلِحُ بَالَكُمْ (رواه البخاري)

Dari Abu Hurairah radliallahu 'anhu berkata, bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Ababila salah seorang dari kalian bersin, maka hendaknya ia mengucapkan, 'Al Hamdulillah' sedangkan saudaranya atau temannya hendaklah mengucapkan, 'Yarhamukallah' (semoga Allah merahmatimu), dan hendaknya ia membalasnya kembali ; 'Yahdikumullah wa yushlih baalakum' (semoga Allah memberimu petunjuk dan memperbaiki hatimu)." (HR. Bukhari)

© Hikmah Hadits

1. Diantara adab ketika bersin adalah mengucapkan hamdalah, sebagai bentuk pujian kepada Allah Swt atas segala nikmat, termasuk nikmat ketika bersin. Karena bersin bisa terjadi atas nikmat dari Allah Swt.

2. Disunnahkan bagi yang mendengar bacaan hamdalah dari orang yang bersin, ia mendoakannya dengan mengucapkan Yarhamukallah (semoga Allah merahmatimu). Dan kemudian, ia mendoakan orang yang mendoakannya dengan ucapan, "yahdikumullah wayuslih balakum" (semoga Allah memberimu petunjuk dan memperbaiki hatimu).

3. Indahnya akhlak sesama muslim yang saling mendoakan satu dengan yang lainnya. Dan hal ini menunjukkan persaudaraan antara muslim dengan muslim lainnya.

Wallahu A'lam


0 Response to "Saling Do'a Dalam Bersin"

Post a Comment

loading...
loading...