Tradisi Orang Arab

๐Ÿ MFT (MANIS For Teens)

๐Ÿ“† Kamis, 18 Rabbiul Awwal 1439 / 07 Desember 2017

๐Ÿ“• Shiroh

๐Ÿ“ Kak Siro

๐Ÿ“– Tradisi Orang Arab
==========☆☆☆==========
๐ŸŽฏ๐ŸŽฒ๐ŸŽฏ๐ŸŽฒ๐ŸŽฏ๐ŸŽฒ๐ŸŽฏ๐ŸŽฒ๐ŸŽฏ

Tradisi-tradisi orang Arab selain menyembah berhala, yakni :

๐Ÿน Mereka juga mengundi nasib dengan menggunakan anak panah yang tidak ada bulunya. Anak panah yang digunakan untuk memberi nasib tersebut diberi 3 Tanda. Anak panah pertama diberi tanda "YA" panah kedua diberi tanda "TIDAK" panah ke tiga tidak diberi tanda apa apa.

Mereka mengundi nasib untuk memastikan pelaksanaan suatu keinginan atau Rencana seperti berpergian atau lain-lainnya dengan menggunakan anak panah itu. Jika yang keluar panah bertanda "YA" mereka melaksanakannya dan jika yang keluar panah bertanda "TIDAK" mereka menangguhkan nya hingga tahun depan dan berbuat hal serupa sekali lagi. Bila yang keluar anak panah yang tidak diberi tanda mereka mengulanginya lagi.

Selain tiga anak panah bertanda seperti itu ada jenis lain lagi yang diberi tanda air dan tebusan. Ada juga anak panah Bertanda "Dari golongan kalian" atau "Bukan dari golongan kalian" atau "Anak angkat" jika mereka memperkarakan nasab seseorang mereka membawa orang itu ke hadapanku Hubal, sambil membawa 100 hewan qurban dan diserahkan kepada pengundi anak panah. Jika yang keluar tanda "Dari golongan kalian" maka orang tersebut merupakan golongan mereka dan jika yang keluar tanda "Bukan dari golongan kalian" maka orang tersebut hanya sebagai rekan persekutuan dan jika yang keluar tanda "Anak angkat" maka orang tersebut Tak ubahnya anak angkat bukan termasuk dari golongan mereka dan juga tidak bisa didudukan sebagai rekan persekutuan.

Perjudian dan Undian tidak berbeda jauh dengan hal tersebut.

๐Ÿ”ฎMereka juga percaya kepada perkataan Peramal, orang pintar, ahli Nujum.

Peramal adalah orang yang mengabarkan sesuatu yang bakal terjadi di kemudian hari. Ia mengaku bisa mengetahui rahasia gaib pada masa mendatang. Diantara peramal ini ada yang mengaku memiliki pengikut dari golongan jin yang memberinya suatu pengabaran. Di antara mereka mengaku bisa mengetahui hal-hal gaib lewat suatu pemahaman yang dimilikinya. Diantara mereka mengaku bisa mengetahui berbagai masalah lewat isyarat atau sebab yang memberinya petunjuk dari perkataan, perbuatan atau keadaan orang yang Bertanya kepadanya. Orang semacam ini disebut paranormal atau orang pintar. Ada pula yang mengaku bisa mengetahui orang yang kecurian dan tempat di mana dia kecurian serta orang tersesat dan lain lain.

๐Ÿ’ซ Selain peramal ada ahli Nujum yaitu orang yang memperhatikan keadaan bintang dan planet lalu dia menghitung perjalanan dan waktu peredarannya agar dengan begitu dia bisa mengetahui berbagai keadaan di dunia dan peristiwa-peristiwa yang bakal terjadi pada masa mendatang. Pembenaran terhadap pengabaran ahli Nujum pada hakekatnya merupakan keyakinan terhadap bintang bintang. Sedangkan keyakinan mereka terhadap bintang-bintang merupakan keyakinan terhadap hujan. Maka mereka berkata _"hujan yang turun kepada kami berdasarkan bintang ini dan bintang itu"_.

Di kalangan mereka juga ada tradisi _Thiyarah_ yakni pesimis terhadap sesuatu. Pada mulanya mereka mendatangkan seekor burung atau biri-biri lalu melepaskannya. jika burung atau biri-biri itu pergi ke arah kanan mereka jadi berpergian ke tempat yang hendak dituju dan hal itu dianggap sebagai pertanda baik. Jika burung atau biri-biri tersebut berjalan ke kiri mereka mengurungkan niatnya untuk bepergian dan menganggapnya sebagai tanda kesialan. Mereka juga meramal di tengah perjalanan bila bertemu burung atau hewan tertentu.

๐Ÿ”–Tidak berbeda jauh dengan hal tersebut adalah kebiasaan mereka menggantungkan ruas tulang kelinci. Mereka juga meramal kesialan dengan sebagian hari, bulan, hewan atau wanita. Mereka percaya bahwa bila ada orang mati terbunuh, jiwanya  tidak tentram bila dendamnya tidak dibalaskan. Ruhnya bisa menjadi burung hantu yang berterbangan di padang pasir Seraya berkata _"Berilah aku minum, Berilah aku minum"_ jika dendamnya sudah dibalaskan maka ruhnya menjadi tentram.

Sekalipun masyarakat Arab seperti itu sisa-sisa agama Ibrahim tetap ada di kalangan mereka dan mereka sama sekali tidak meninggalkan nya. Seperti pengagungan terhadap Ka'bah, tawaf, haji, umroh wukuf di Arafah dan muzdalifa. Meskipun ada hal-hal baru dalam pelaksanaannya.

Wallahu alam bi sawwab

๐ŸŽฏ๐ŸŽฒ๐ŸŽฏ๐ŸŽฒ๐ŸŽฏ๐ŸŽฒ๐ŸŽฏ๐ŸŽฒ๐ŸŽฏ

Dipersembahkan oleh:
www.manis.id

๐Ÿ“ฒSebarkan! Raih pahala

==========☆☆☆==========
Ikuti Kami di:
๐Ÿ“ฑ Telegram : https://is.gd/3RJdM0
๐Ÿ–ฅ Fans Page : https://m.facebook.com/majelismanis/
๐Ÿ“ฎ Twitter : https://twitter.com/majelismanis
๐Ÿ“ธ Instagram : https://www.instagram.com/majelismanis/
๐Ÿ•น Play Store : https://play.google.com/store/apps/details?id=id.manis
๐Ÿ“ฑ Join Grup WA : http://bit.ly/2dg5J0c

0 Response to "Tradisi Orang Arab"

Post a Comment