Terbentuknya Turki Muda, Awal Mula Kejatuhan Kekhilafahan Turki Utsmani


Pada masa pemerintahan Sultan Abdülaziz (1861-76), beliau sangat mendukung program pendidikan militer dan tidak menyukai oposisi politik serta pergerakan intelektual pada masa tersebut. Menurut sejarawan militer Turki terkemuka Mesut Uyar dan Edward J. Erickson, tanpa disadari khalifah, kebijakannya memunculkan nemesis yang berujung tumbangnya kekhilafahan (hal. 182).

Sebagian tokoh yang tidak disukai Sultan Abdülaziz dibuang ke luar negeri atau melarikan diri. Mereka berkumpul di kota-kota Eropa, khususnya Paris. Mereka ini membentuk persatuan Yeni Osmanlılar (Turki Utsmani Baru), namun lebih populer dengan istilah:

Jeune Turcs atau Young Turks alias Turki Muda

Kelompok ini berbeda dari organisasi serupa pada abad sebelumnya, utamanya karena mereka mendukung terbentuknya parlemen untuk membatasi kekuasaan sultan. Semacam reformasi serta pembentukan Constitutional Governance.

Walau mereka sendiri tidak memiliki kekuatan, namun idenya diserap oleh golongan perwira militer Mektebli melalui konsep Osmanlılık atau Turki-Utsmanisme. Konsep Osmanlılık ini menuntut loyalitas dengan imbalan kebebasan politik serta kesetaraan ekonomi. Hal ini dianggap wajar mengingat besarnya tuntutan seoaratisme dan revolusionis komunitas Nasrani di wilayah kekhilafahan Turki Utsmani.

Secara naif Turki Muda serta golongan perwira Mektebli percaya bahwa proklamasi berdasarkan konstitusi ini akan menghentikan seluruh gerakan nasionalisme begitu saja. Bahkan secara lugu mereka percaya bahwa agama dan dan etnisitas dapat diakomodasi melalui keterwakilan pada parlemen.

Ketika gerakan Turki Muda ini mulai terasa, bahkan Sultan Abdülaziz mulai menaruh curiga kepada seluruh perwira tinggi militernya. Pemecatan yang dilakukan beliau semakin menguatkan golongan ini sehingga terbentuklah upaya menggulingkan kekuasaan. Terkumpul dalam golongan dari berbagai kepentingan diwakili oleh Hüseyin Avni Paşa dari Mektebli, Mehmed Rüştü Paşa sang Sadrazam sendiri, Mithat Paşa tokoh politik penggagas reformasi, bahkan juga Süleyman Hüsnü Paşa sang penilik akademi militer juga.

Pada tanggal 30 Mei 1876 Sultan Abdülaziz diturunkan secara paksa.

Agung Waspodo, menarik nafas panjang melihat banyaknya kesamaan dalam perkembangan politik di berbagai negeri Kaum Muslimin sekarang ini.

The Military History of the Ottomans, Uyar & Erickson, 2009.
---

Foto kongres pertama Turki Muda di Paris pada tahun 1868.

0 Response to "Terbentuknya Turki Muda, Awal Mula Kejatuhan Kekhilafahan Turki Utsmani "

Post a Comment