Penggalan Kisah Pemberontakan Arab atas Kekhilafahan Turki Utsmani (1)​


​​Peralatan Perang Inggris Diperbantukan dalam Mendukung Pemberontakan Arab​​

Kapal Induk Pesawat Amfibi pada Perang Dunia Pertama, karya Mark Lardas, Osprey Publishing, 2016.

Pada halaman 23-25 kapal angkatan laut Inggris, HMS Ben-My-Chree termasuk yang dikerahkan Inggris untuk mendukung Pemberontakan Arab atas Kekhilafahan Turki Utsmani. Tugasnya melakukan penyerbuan di pesisir Suriah serta beroperasi juga di Laut Merah.

Mereka mengganggu jalur logistik di belakang garis pertahanan Turki Utsmani, membom pelabuhan, merusak jembatan dan jalur kereta-api Hijaz, serta menghancurkan stasiun sinyal dan telegraf.

Alhamdulillah, pada tanggal 9 Januari 1917 kapal Ben-My-Chree secara serampangan dikerahkan terlalu dekat dengan garis pantai Anatolia. Ketika sudah masuk jarak tembak, maka artileri pantai Turki Utsmani menghujaninya hingga tenggelam. Kapal HMS Ben-My-Chree waktu itu sedang berfungsi sebagai kapal angkut logistik untuk membantu pendaratan pasukan Perancis menyerbu wilayah Turki Utsmani dari Kastellorizo.

Sebuah sejarah kelam bagi angkatan laut Inggris, dimana satu-satunya kapal angkut pesawat amfibi yang pernah ditenggelamkan lawan dalam Perang Dunia Pertama.

Agung Waspodo, merasa masih banyak sekali yang belum diketahui dan dibaca dari sejarah Kekhilafahan Turki Utsmani.

Depok, 17 Desember 2017