Bagaimana Memuliakan Ortu & Mertua


Assalamu'alaikum, ustadz/ustadzah .... Bagaimana cara memuliakan orang tua sedangkan sang anak sudah tinggal jauh dari orang tua nya, Apa kah memuliakan mertua termasuk memuliakan orang tua ,seperti memuliakan orang tua sendiri???
Bagaimana cara memuliakan orang tua???
🅰3⃣3⃣

Jawaban
----------

‌و عليكم السلام و رحمة الله و بركاته

Ukhty kondisi zaman sekarang seharusnya jarak bukan lagi masalah, alat komunikasi sekarang sudah canggih dan bisa video call, alat transportasipun sudah menjangkau ke pelosok. Sehingga apa bila ortu jauh, dalam rangka memuliakannya kita bisa melakukan hal-hal berikut , diantaranya:

1. Memberi perhatian dengan menyapanya setiap hari dengan SMS, telpon atau video call.
2. Mendoa kan setiap habis sholat. Doa untuk orangtua :
“Dan Rabb-mu telah memerintahkan agar kamu jangan beribadah melainkan hanya kepada-Nya dan hendaklah berbuat baik kepada ibu-bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik. Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah, ‘Ya Rabb-ku, sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu kecil.’” [Al-Israa' : 23-24]
3. Mengirimkan hadiah atau dana untuk keperluan ortu.
4. Menjalin hubungan dengan kerabat ortu.
5. Mengunjungi ortu disaat ada kelapangan waktu dan dana.

Memuliakan mertua hakekatnya juga sama seperti memuliakan orang tua sendiri karena setelah kita menikah orang tua suami otomatis jadi orang tua kita, dalam wasiat Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada Muadz bin Jabal Radhiyallahu anhu :

وَخَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ (رواه الترمذي)

"Pergaulilah orang dengan akhlak yang baik". [HR.Tirmidzi]

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

إِنْ أَحْسَنْتُمْ أَحْسَنْتُمْ لِأَنْفُسِكُمْ ۖ وَإِنْ أَسَأْتُمْ فَلَهَا

"Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat, Maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri."
Qs. Al-Isro : 7.

Di hadits juga di jelaskan berbuat baik kepada ortu merupakan amal yang utama,
Aku bertanya kepada Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam tentang amal-amal yang paling utama dan dicintai Allah ? Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam menjawab, Pertama shalat pada waktunya (dalam riwayat lain disebutkan shalat di awal waktunya), kedua berbakti kepada kedua orang tua, ketiga jihad di jalan Allah" [Hadits Riwayat Bukhari I/134, Muslim No.85, Fathul Baari 2/9] ,

Jadi saat kita baik kepada mertua ,maka apa yang kita lakukan membuat suami senang, sehingga suamipun akan melakukan kebaikan yang serupa buat ortu kita.

Wallahu a'lam.

🌿🌺🍂🍀🌼🍄🌷🍁

Dipersembahkan oleh: manis.id

📲Sebarkan! Raih pahala
====================
Ikuti Kami di:
📱 Telegram: @majelismanis
🖥 Fans Page: @majelismanis
📮 Twitter: @majelismanis
📸 Instagram: @majelismanis
🕹 Play Store
📱 Join Grup WA

0 Response to "Bagaimana Memuliakan Ortu & Mertua"

Post a Comment

NASEHAT HARI INI