Tafsir Surat Quraisy

🐝 MFT (MANIS For Teens)

📆 Sabtu, 14 Shafar 1439 / 04 November 2017

📕 Al-Quran

📝 Ida Farida

📖 Surah Quraisy
==========☆☆☆==========
⛱💦⛱💦⛱💦⛱💦⛱

Surat Makkiyah yang terdiri dari 4 ayat. Allah memerintah orang-orang Quraisy agar menyembah Tuhan mereka, Yang memberi kenikmatan kepada mereka.

لِإِيلَٰفِ قُرَيْشٍ. إِۦلَٰفِهِمْ رِحْلَةَ ٱلشِّتَآءِ وَٱلصَّيْفِ. فَلْيَعْبُدُوا۟ رَبَّ هَٰذَا ٱلْبَيْتِ. ٱلَّذِىٓ أَطْعَمَهُم مِّن جُوعٍ وَءَامَنَهُم مِّنْ خَوْفٍۭ

_"Karena kebiasaan orang-orang Quraisy, (yaitu) kebiasaan mereka bepergian pada musim dingin dan musim panas. Maka hendaklah mereka menyembah Tuhan Pemilik rumah ini (Ka'bah). Yang telah memberi makanan kepada mereka untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari ketakutan."_ (QS. Quraisy : 1-4)

*Tafsir*

Kita semua tahu bahwa negeri Mekkah dan sekitarnya berupa gurun pasir dan tidak ada tumbuh-tumbuhan

رَّبَّنَآ إِنِّىٓ أَسْكَنتُ مِن ذُرِّيَّتِى بِوَادٍ غَيْرِ ذِى زَرْعٍ عِندَ بَيْتِكَ ٱلْمُحَرَّمِ

_"Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati."_ (QS. Ibrahim : 37)

Kondisi ini membuat penduduknya memikirkan kehidupan mereka. Mereka menjadi pedagang dan berjual beli ke negeri-negeri tetangga, kebagian utara dan selatan. Di musim dingin mereka ke Yaman dan di musim panas mereka pergi ke Syam.

Oleh karena mereka tuan rumah Baitullah, maka mereka sangat dihormati dan dihargai. Oleh sebab itu, bertambahlah manfaat mereka, semakin luas jangkauan dagang mereka, banyak keuntungan me. Mereka pun membuat perjanjian dagang dengan negeri-negeri tetangga mereka.

Maksud utama dari surat ini, bahwa Quraisy anak cucu An-Nadhar bin Kinanah, tidak menyembah Tuhan mereka karena suatu sebab. Oleh karena itu, hendaknya mereka menyembah Tuhan rumah ini (Ka'bah), karena Dia yang memberikan mereka kebiasaan bepergian pada musim dingin dan musim panas untuk berdagang serta mencari rezeki.

Dengan demikian, mereka menjadi kaya dan merasa aman untuk berpindah-pindah kemana saja yang mereka mau. Itu semua karena kemuliaan Allah yang menjadikan mereka sebagai tetangga rumah-Nya dan pelayan orang-orang yang berhaji.

فليعبدوا رب هذا البيت

_"Maka hendaklah mereka menyembah Tuhan Pemilik rumah ini (Ka'bah)."_

Karena hanya Allah yang memiliki anugerah dan kemuliaan untuk penduduk Mekkah. Allah sendiri yang menyelamatkannya dari serangan Abrahah agar ia menjadi tempat mulia bagi mereka dan agar mereka tetap bisa berdagang dengan para tetangga mereka.

Allah meluaskan rezeki mereka, membentangkan rasa aman untuk mereka, dan membuat mereka bisa diterima oleh semua orang selaku tuan rumah-Nya dan pelayan para haju-Nya. Dengan demikian mereka berhasil mendapatkan makanan dan keamanan untuk diri dan perdagangan mereka. Maka hendaknya mereka menyembah Allah semata, karena Allah sendirilah yang memberi makan mereka setelah lapar dan memberikan rasa aman setelah ketakutan.

⛱💦⛱💦⛱💦⛱💦⛱

Dipersembahkan oleh:
www.manis.id

📲Sebarkan! Raih pahala

==========☆☆☆==========
Ikuti Kami di:
📱 Telegram : https://is.gd/3RJdM0
🖥 Fans Page : https://m.facebook.com/majelismanis/
📮 Twitter : https://twitter.com/majelismanis
📸 Instagram : https://www.instagram.com/majelismanis/
🕹 Play Store : https://play.google.com/store/apps/details?id=id.manis
📱 Join Grup WA : http://bit.ly/2dg5J0cu

0 Response to "Tafsir Surat Quraisy"

Post a Comment