Tafsir Surat Al-Kautsar

๐Ÿ MFT (MANIS For Teens)

๐Ÿ“† Sabtu, 08 Safar 1439 / 28 Oktober 2017

๐Ÿ“• Al-Qur'an

๐Ÿ“ Ustadzah Ida Farida

๐Ÿ“– Tafsir Surah Al - Kautsar
==========☆☆☆==========
๐Ÿ’❄๐Ÿ’❄๐Ÿ’❄๐Ÿ’❄๐Ÿ’

Assalamu'alaikum adik-adik, hayoo disini siapa yang solat andalannya baca surah Al Kautsar??

Walaupun surah ini terbilang sedikit tp memiliki banyak makna, yukk dibaca ..

Surah ini termasuk golongan surat Makkiyah yang terdiri dari 3 ayat. Di surah ini, Allah menyebutkan bahwa Dia memberi kepada Nabi kebaikan yang banyak lalu Allah memintanya untuk melakukan shalat dan sedekah sebagai rasa syukur atas nikmat Allah.

ุฅِู†َّุงٓ ุฃَุนْุทَูŠْู†َٰูƒَ ูฑู„ْูƒَูˆْุซَุฑَ. ูَุตَู„ِّ ู„ِุฑَุจِّูƒَ ูˆَูฑู†ْุญَุฑْ. ุฅِู†َّ ุดَุงู†ِุฆَูƒَ ู‡ُูˆَ ูฑู„ْุฃَุจْุชَุฑُ

_"Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah. Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus."_ (QS. Al-Kautsar : 1-3)

© Tafsir

Saat orang-orang musyrik melihat Nabi saw dan kaum muslimin berjumlah sedikit dan miskin, mereka meremehkan dan menghinakan kondisi ini. Mereka mengira bahwa kebenaran dan kebaikan sebanding dengan kekayaan. Saat melihat anak laki-laki Nabi meninggal dunia, mereka mengatakan, _"Muhammad putus keturunannya. Dan dia tidak diingat orang lagi nantinya."_

Orang-orang munafik juga seperti itu, setiap kali melihat kesusahan dan derita yang menimpa kaum muslimin, mereka menunggu-nunggu keburukan itu dan menganggap telah mengalahkan kaum muslimin. Ini barangkali yang menyebabkan orang-orang lemah dikalangan kaum muslimin merasa sempit dadanya ketika mendapat musibah.

Oleh karena itu, surat ini turun untuk menjelaskan kondisi sesungguhnya yang dialami Nabi saw. Berikut banyaknya kebaikan yang dikaruniakan kepada beliau, di dunia dan akhirat. Termasuk apa yang akan menimpa orang-orang yang dengki kepada beliau. Barangkali dengan demikian, kita bisa mengambil pelajaran dan ridha atas apa yang diberikan kepada beliau.

Sesungguhnya Kami telah memberimu kebaikan yang amat banyak, ya Muhammad. Bukankah Tuhanmu telah menganugerahkan kenabian dan agama yang benar kepadamu? Mengutusmu untuk semua manusia? Menjadikan agamamu sebagai pamungkas semua agama? Akhir dari semua risalah? Yang menggabungkan antara kebaikan dunia dan akhirat? Yang menggabungkan semua Kebagusan dan kesempurnaan dalam berbagai aspek.

Bukankah Dia telah memberimu Al-Quran, ilmu, dan hikmah? Bukankah Dia juga memberimu kemuliaan yang banyak dan kebaikan yang luas? Hidayah dan petunjuk? Kebahagiaan dunia dan akhirat bagimu berikut umat, sampai hari kiamat?

Ya, Allah telah memberimu semua itu. Diantaranya adalah Al-Kautsar. Sebab, ada yang mengartikannya dengan sungai di surga. Jika begitu Muhammad, maka shalatlah untuk Tuhanmu dan menghadaplah hanya kepada-Nya. Bertakwalah kepada-nya dan jangan bersandar kepada selain-Nya. Dialah sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong.

Shalatlah untuk Allah dan sembihlah hewan kurban sebagai ibadahmu untuk-Nya. Semua itu kamu persembahkan hanya untuk-Nya. Karena hanya Dialah yang memeliharamu, memberimu, memberi petunjuk kepadamu, dan merestuimu.

Adapun orang-orang yang menghinamu, yang hasad kepadamu, dan membuatmu marah, mereka itulah sebenarnya yang putus warisan mereka dan tidak lagi dikenang secara baik. Allah menganalogikan kenangan yang bagus dengan ekor binatang, karena ekor itu akan selalu mengikuti dan menjadi penghias. Sedangkan orang yang yang terputus warisannya diibaratkan dengan ekor yang terputus.

Sebagian ulama ada yang menafsirkan shalat dengan shalat 'Ied dan korban dengan kurban pada 'Iedul Adha saja. Tentunya pendapat ini kurang tepat.

Sekian
Wallahu alam bisawwab

๐Ÿ’❄๐Ÿ’❄๐Ÿ’❄๐Ÿ’❄๐Ÿ’

Dipersembahkan oleh:
www.manis.id

๐Ÿ“ฒSebarkan! Raih pahala

==========☆☆☆==========
Ikuti Kami di:
๐Ÿ“ฑ Telegram : https://is.gd/3RJdM0
๐Ÿ–ฅ Fans Page : https://m.facebook.com/majelismanis/
๐Ÿ“ฎ Twitter : https://twitter.com/majelismanis
๐Ÿ“ธ Instagram : https://www.instagram.com/majelismanis/
๐Ÿ•น Play Store : https://play.google.com/store/apps/details?id=id.manis
๐Ÿ“ฑ Join Grup WA : http://bit.ly/2dg5J0c

0 Response to "Tafsir Surat Al-Kautsar"

Post a Comment