Tafsir Surat Al-Fiil

๐Ÿ MFT (MANIS For Teens)

๐Ÿ“† Sabtu, 21 Safar 1439 / 11 November 2017

๐Ÿ“• Al - Qur'an

๐Ÿ“ Ida Faridah

๐Ÿ“– Surat Al - Fiil
==========☆☆☆==========
๐Ÿ˜๐Ÿƒ๐Ÿ˜๐Ÿƒ๐Ÿ˜๐Ÿƒ๐Ÿ˜๐Ÿƒ๐Ÿ˜

Surat ini Makkiyah, terdiri dari 5 ayat. Di surat ini Allah menceritakan kisah Ashabul Fil yang ringkasnya berikut ini.

ุฃَู„َู…ْ ุชَุฑَ ูƒَูŠْูَ ูَุนَู„َ ุฑَุจُّูƒَ ุจِุฃَุตْุญَٰุจِ ูฑู„ْูِูŠู„. ุฃَู„َู…ْ ูŠَุฌْุนَู„ْ ูƒَูŠْุฏَู‡ُู…ْ ูِู‰ ุชَุถْู„ِูŠู„ٍ. ูˆَุฃَุฑْุณَู„َ ุนَู„َูŠْู‡ِู…ْ ุทَูŠْุฑًุง ุฃَุจَุงุจِูŠู„َ. ุชَุฑْู…ِูŠู‡ِู… ุจِุญِุฌَุงุฑَุฉٍ ู…ِّู† ุณِุฌِّูŠู„ٍ. ูَุฌَุนَู„َู‡ُู…ْ ูƒَุนَุตْูٍ ู…َّุฃْูƒُูˆู„ٍۭ

_"Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap tentara bergajah? Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka (untuk menghancurkan Ka'bah) itu sia-sia? dan Dia mengirimkan kapada mereka burung yang berbondong-bondong, yang melempari mereka dengan batu (berasal) dari tanah yang terbakar, lalu Dia menjadikan mereka seperti daun-daun yang dimakan (ulat)."_ (QS. Al-Fil : 1-5)


Tafsir

Tidakkah kau tahu tentang kisah populer, yang karena populernya ia menjadi ilmu tersendiri yang didasarkan pada kisah nyata. Ceritakan kepadaku tentang Ashabul Fil dan ceritakan kepadaku bagaimana Allah memperlakukan mereka. Bukankah Allah telah menjadikan makar dan tipu daya mereka untuk menghancurkan Ka'bah gagal. Akhirnya, mereka tidak dapat melakukan apa yang mereka inginkan.

Allah telah mengirim burung yang datang bergerombol membawa batu yang berisi kuman penyakit untuk menghancurkan sebagian besar tentara itu. Hingga mereka gagal dan pulang dengan kehinaan. Burung-burung itu melempari tentara dengan kerikil dari tanah liat yang mengeras. Mayoritas mereka binasa dan menjadi mangsa burung-burung tersebut. Kondisi mereka seperti daun yang dimakan binatang, yakni daun yang mulai kering setelah buahnya dipanen.

Diyaman terdapat seorang raja bernama Abrahah Al-Asyram. Ia membangun gereja besar di San'a. Bangunan itu sangat besar dan megah. Ia in mengalihkan ibadah haji dari Ka'bah ke gereja tersebut. Ia memberitahu hal itu kepada Najasyi, raja Habasyah.

Diriwayatkan bahwa seorang Arab buang kotoran didalam gereja itu dan hal itu membuat sang raja murka. Ia bersumpah untuk menghancurkan Ka'bah. Dipersiapkannya tentara yang banyak dan mulai bergerak menuju Mekkah. Di depan barisan tentara itu terdapat seekor gajah besar.

Ketika melewati kota Mekkah, Abrahah memerintahkan tentaranya agar merampas harta benda penduduknya. Di antara yang dirampas itu seekor unta milik Abdul Muthalib, kakek Nabi saw.

Unta itu digiring oleh seorang tentara. Ketika Abdul Muthalib mengetahui kejadian itu, ia hendak menemui raja Abrahah. Dia pun menemuinya dan berbicara perihal unta. Raja pun menjawab, "Ketika melihatmu aku kagum. Dan ketika kamu berbicara, aku terdiam. Kamu meminta unta itu dan membiarkan Baitullah yang merupakan agamamu dan agama nenek moyangmu."

Abdul Muthalib menimpali, "Unta itu milikku, sedangkan rumah itu, ia milik Tuhan yang menjaganya." Abrahah pun mengembalikan untanya.

Keesokan harinya, Abrahah bersiap-siap untuk memasuki Mekkah. Gajah-gajah dan tentaranya disiapkan untuk menghancurkan Ka'bah. Setelah itu, ia berencana pulang ke Yaman.

Ketika mereka mengarahkan gajah itu ke arah Mekkah, binatang itu terduduk, namun ketika di arahkan ke Yaman atau ke Syam ia bangun dan berdiri. Pada saat itulah Allah mengutus burung yang membawa batu-batu dengan paruh dan kaki mereka untuk dilemparkan kepada mereka. Penyakit pun mewabah dan melanda sebagian besar mereka. Akhirnya mereka tak ubahnya seperti daun yang telah kering.

Apakah batu-batu itu sendiri yang membinasakan mereka atau karena kuman yang mereka bawa. Hanya Allah yang tahu. Yang jelas setelah mereka dilempari batu-batu itu, sebagian besar mereka mati. Akhirnya Abrahah dan orang-orang dekatnya tidak jadi menghancurkan Ka'bah. Abrahah sendiri mati di perjalanan.

๐Ÿ˜๐Ÿƒ๐Ÿ˜๐Ÿƒ๐Ÿ˜๐Ÿƒ๐Ÿ˜๐Ÿƒ๐Ÿ˜

Dipersembahkan oleh:
www.manis.id

๐Ÿ“ฒSebarkan! Raih pahala

==========☆☆☆==========
Ikuti Kami di:
๐Ÿ“ฑ Telegram : https://is.gd/3RJdM0
๐Ÿ–ฅ Fans Page : https://m.facebook.com/majelismanis/
๐Ÿ“ฎ Twitter : https://twitter.com/majelismanis
๐Ÿ“ธ Instagram : https://www.instagram.com/majelismanis/
๐Ÿ•น Play Store : https://play.google.com/store/apps/details?id=id.manis
๐Ÿ“ฑ Join Grup WA : http://bit.ly/2dg5J0c

0 Response to "Tafsir Surat Al-Fiil"

Post a Comment

NASEHAT HARI INI