Samudera Hindia di Era Kekhilafahan Turki Utsmani (5/5)​


​​Menulis Kehidupan, Menjadi Saksi Sejarah​​

Setelah ekspedisi kedua dinilai tidak cukup berhasil, maka diutuslah Seydi Ali Reis sebagai admiral pada tahun 1553. Ketika ia sampai ke Basra melalui jalur darat, apa yang dia temukan adalah armada yang terbengkalai. Dengan perbaikan sekadarnya, beliau memutuskan untuk berlayar.

Setelah Selat Hormuz berhasil dikelabuhi, Seydi Ali Reis mengambil jalur pesisir Oman. Pada jalur yang seharusnya aman pun, Seydi Ali Reis sempat dipergoki dan bertempur dua kali dengan patroli kapal perang Portugis. Dengan cekatan ia berlayar menuju Hadhramaut untuk segera menuju pesisir Yaman yang dikuasai kekhilafahan Turki Utsmani.

Namun, qadarulLaah bahwa armada dengan admiral cekatan ini dihantam taifun ganas yang oleh pelaut lokal disebut Tufan al-Fil atau Taufan Gajah. Dari ke-13 kapal yang berangkat dari Basra, hanya 6 galley yang berhasil lolos dari taifun. Keenamnya lolos dari taifun dengan berbalik arah menuju India. Selebihnya terpaksa menepi darurat di berbagai tempat.

Seydi Ali Reis menembus hutan tropis untuk sampai ke ibukota Daulah Mughal. Beliau diterima dengan hormat oleh Pangeran Akbar, putera mahkota berusia 12 tahun, yang kelak menjadi sultan Mughal.

Dari pedalaman India, rombongan Seydi Ali Reis menempuh jalur darat untuk kembali ke İstanbul. Sebuah perjalanan jauh lagi berbahaya karena menembus wilayah Kerajaan Safavi syi'ah yang bermusuhan dengan Khilafah Turki Utsmani. Mereka sampai ke İstanbul setelah Perjanjian Amasya ditandatangani oleh kedua pihak tersebut tahun 1555.

Sekembalinya Seydi Ali Reis, ia menulis kitab Mir’at al-Mamalik tentang riwayat perjalanannya serta kumpulan nasihat bagi para pemimpin pada tahun 1557. Buku ini dipersembahkannya kepada Sultan Süleyman Kanuni.

Agung Waspodo, merasakan betapa ringannya permasalahan yang pernah ia hadapi dibandingkan ummat terdahulu.

Pondokcina, 23 Oktober 2017
---
🔹Ilustrasi menunjukkan peta perjalanan Seydi Ali Reis serta koin kehormatan yang pernah dicetak Republik Turki untuk tokoh ini.🔸

🌿🌺🍂🍀🌼🍄🌷🍁

Dipersembahkan oleh: manis.id

📲Sebarkan! Raih pahala
====================
Ikuti Kami di:
📱 Telegram: @majelismanis
🖥 Fans Page: @majelismanis
📮 Twitter: @majelismanis
📸 Instagram: @majelismanis
🕹 Play Store
📱 Join Grup WA

0 Response to "Samudera Hindia di Era Kekhilafahan Turki Utsmani (5/5)​"

Post a Comment