Samudera Hindia di Era Kekhilafahan Turki Utsmani (4/5)​


​​Kecakapan Teknikal, Semua Musti Memilikinya​​

Setelah dieksekusinya Muhiddin Piri Reis terkait fitnah atas tindakannya meninggalkan armada Turki Utsmani di Basra maka ditugaskan Kapten (Reis) Murad Yaşlı (Bapak Tua) untuk menyelesaikannya. Viceroy untuk Kegubernuran Portugis di India dipegang oleh Afonso de Noronha (November 1550-September 1554).

Ekspedisi besar keempat ini dipimpin oleh Murad Reis Yaşlı yang kedudukannya pada waktu itu adalah Sancak-Beğ untuk Qatif atau setara gubernur. Qatif adalah sebuah pelabuhan di pesisir barat Teluk Arab sekitar 50 kilometer sebelah utara Pulau Bahrain. Murad Reis ditugaskan untuk membawa armada yang tertambat di Basra balik ke pangkalan utama Armada Samudera Hindia di Suez.

Dalam pelayarannya mendekati Selat Hormuz pada bulan Juli 1553, armada Murad Reis tercegat oleh patroli armada Dom Diogo de Noronha sehingga terpaksa bertempur. Sejarah mencatat ini sebagai pertempuran di laut terbesar antara armada Portugis dan Turki Utsmani. Murad Reis berhasil menenggelamkan kapal bendera Noronha. Namun, perubahan arah angin secara mendadak membuat Murad Reis kewalahan menghadapi kapal-kapal Portugis yang lebih gesit. Oleh sebab itu Beliau memutuskan untuk menarik mundur sisa armadanya kembali ke Basra.

Salah satu taktik yang dilakukan oleh Murad Reis untuk menyelamatkan armadanya adalah dengan manuver ke laut dangkal penuh karang. Hal ini menyebabkan sisa armada Portugis tidak berani mengejarnya diantara pulau-pulau lepas pantai Hormuz itu.

Armada Portugis juga tidak memanfaatkan perubahan cuaca ini untuk mengejar armada kekhilafahan Turki Utsmani. Mungkin juga tenggelamnya kapal bendera membuat mereka ragu-ragu.

Agung Waspodo, merasa perlu belajar pelayaran.

Kalibata, 23 Oktober 2017

🌿🌺🍂🍀🌼🍄🌷🍁

Dipersembahkan oleh: manis.id

📲Sebarkan! Raih pahala
====================
Ikuti Kami di:
📱 Telegram: @majelismanis
🖥 Fans Page: @majelismanis
📮 Twitter: @majelismanis
📸 Instagram: @majelismanis
🕹 Play Store
📱 Join Grup WA

0 Response to "Samudera Hindia di Era Kekhilafahan Turki Utsmani (4/5)​"

Post a Comment

NASEHAT HARI INI