Mindfulness Skill

๐Ÿ MFT (MANIS For Teens)

๐Ÿ“† Jum'at, 07 Safar 1439 / 27 Oktober 2017

๐Ÿ“• Psikologi

๐Ÿ“ Bu Dina Farihani S.Psi.

๐Ÿ“– Mindfulness Skill
==========☆☆☆==========
๐Ÿซ๐Ÿฌ๐Ÿซ๐Ÿฌ๐Ÿซ๐Ÿฌ๐Ÿซ๐Ÿฌ๐Ÿซ

_Assalaamu’alaikum_ Sobat Muda๐Ÿ˜ƒ

Jumpa lagi dengan sesi materi psikologi di MFT, 
Sibuk dengan tugas-tugas sekolah? Sibuk dalam kegiatan organisasi? Jadwal padat merayap ikut pelatihan atau les disana-sini? PR dan ulangan yang selalu menanti? Arrgghh...

Lelah pastinya ya, dengan berbagai urusan dan kewajiban yang harus dijalankan.

Taukah Sobat, ketika kepala kita penuh dengan berbagai beban pikiran dan pekerjaan yang harus dilakukan, ada kalanya kita merasa begitu lelah, tertekan, dan kemudian kehilangan konsentrasi bahkan minat dalam melakukan sesuatu.

Tiba-tiba saja kita jadi serba _“tidak fokus”_ dengan diri dan lingkungan sekeliling kita, tiba-tiba saja jadi _“ngga nyambung”_, _“gagal fokus”_, _“salah nangkep”_, atau _“salah tingkah”_... pernah? Atau sering?

Nah Sobat, menyambung soal –stres dan ngga fokus--tema kita kali ini adalah tentang “mindfulness”.. hmm, apa tuhh?

*MINDFULNESS SKILLS* adalah keterampilan untuk membangun kesadaran, memusatkan perhatian secara penuh pada apa yang sedang kita lakukan atau hadapi.
Penelitian menyebutkan bahwa ketika kita sejenak keluar dari _“ruwetnya pikiran dan hati”_, lalu membangun kesadaran tentang keberadaan diri dan sekeliling kita, sedang apa, seperti apa, apa yang terjadi, dan berusaha menghadirkan diri kita seutuhnya—maka akan terjadi penurunan stress dan timbul perasaan bahagia.

*MINDFUL ACTIVITY*
Tujuan dari mindful activity yaitu menghadirkan pikiran secara penuh pada kondisi yang saat itu dihadapi.
Sebagai latihan, coba pikirkan satu aktifitas yang biasanya pada saat melakukan aktifitas itu pikiranmu melayang kemana-mana alias tidak fokus.
Contoh, misalnya pada saat belajar di kelas. Guru sedang menjelaskan, tapi pikiranmu melayang ke rumah, tempat tidur, atau kafe, lalu membayangkan kamu sedang bersantai, dan seterusnya. Cobalah untuk fokus, menghadirkan seluruh indera, dengarkan, perhatikan, dan simaklah pada saat guru menjelaskan di kelas. Coba dipraktekkan ya, lalu coba bandingkan apa yang terjadi pada emosi dan pikiranmu.

Cobalah berlatih fokus pada kegiatan sehari-hari yang kamu lakukan. Contoh;
Indera Penglihatan :
Saat kamu keluar rumah untuk berangkat sekolah, lihatlah langit biru yang terang, pohon-pohon, dan jalanan yang lengang.

Indera Pendengaran :
Dengarkanlah hembusan angin, atau suara daun yang berguguran dan berserak diatas tanah.
Indera Peraba :
Rasakan hangatnya sinar matahari yang mengenai kulitmu, atau dinginnya angin pagi yang berhembus.

Indera Pengecap :
Nikmati manisnya teh hangat atau susu hangat yang melengkapi sarapanmu. Nikmati menu sarapanmu dengan penuh kesyukuran akan rizi yang Allah berikan hari itu.

Indera Pencium :
Hiruplah aroma udara yang berhembus, kamu mungkin akan mencium aroma tanah, pohon, dan dedaunan yang berguguran, atau wangi bunga di tepi jalan.

Nah, Sobat. Cukup tergambar ya apa itu yang disebut dengan mindfulness—kehadiran fisik,hati,dan pikiran secara utuh sehingga kita dapat melakukan suatu aktifitas dengan penuh pemaknaan.

Konsep mindfulness dikenal belum lama ini sebagai salah satu teknik mengatasi stres dan mencapai ketenangan maupun kebahagiaan jiwa. Sebagai seorang Muslim, sebenarnya kita sudah mengenal ini dalam bentuk tuntunan untuk khusyu’, terutama dalam shalat. Dalam kitab tazkiyatunnafs bahkan dijelaskan bahwa khusyu’ merupakan wujud tertinggi dari sehatnya hati, dan tidak adanya khusyu menjadi salah satu tanda bagi kematian hati, dimana hati yang mati akan sulit menerima nasihat dan dikuasai oleh hawa nafsu.

MasyaAllah, beruntunglah kita sebagai Muslim dengan tuntunan agama yang demikian sempurna.
Rasulullah saw bersabda, _‘Sesungguhnya didalam jasad terdapat suatu gumpalan yang bila gumpalan ini baik maka baik pulalah seluruh jasad dan apabila rusak maka rusaklah seluruh jasad. Ketahuilah bahwa gumpalan itu adalah hati.”_ (H.R. Bukhari-Muslim).

Oke Sobat, sampai jumpa dengan sesi MFT di kesempatan berikutnya.
Salam sehat dan semangat!! 

_Wassalaamu’alaikum warahmatullah wabarakaatuh._

_Reff : TazkiyatunNafs (Sa’id Hawwa)
Mindfulness Skill (TherapistAid.com)_

๐Ÿซ๐Ÿฌ๐Ÿซ๐Ÿฌ๐Ÿซ๐Ÿฌ๐Ÿซ๐Ÿฌ๐Ÿซ

Dipersembahkan oleh:
www.manis.id

๐Ÿ“ฒSebarkan! Raih pahala

==========☆☆☆==========
Ikuti Kami di:
๐Ÿ“ฑ Telegram : https://is.gd/3RJdM0
๐Ÿ–ฅ Fans Page : https://m.facebook.com/majelismanis/
๐Ÿ“ฎ Twitter : https://twitter.com/majelismanis
๐Ÿ“ธ Instagram : https://www.instagram.com/majelismanis/
๐Ÿ•น Play Store : https://play.google.com/store/apps/details?id=id.manis
๐Ÿ“ฑ Join Grup WA : http://bit.ly/2dg5J0ct5

0 Response to "Mindfulness Skill"

Post a Comment