Me And Gadget

๐Ÿ MFT (MANIS For Teens)

๐Ÿ“† Jum'at, 13 Shafar 1439 / 02 November 2017

๐Ÿ“• Motivasi dan Pengembangan Diri

๐Ÿ“ Bu Dina Farihani S.Psi

๐Ÿ“– Me and Gadget
==========☆☆☆==========
๐Ÿ‘ถ๐Ÿป๐Ÿ“ฒ๐Ÿ‘ถ๐Ÿป๐Ÿ“ฒ๐Ÿ‘ถ๐Ÿป๐Ÿ“ฒ๐Ÿ‘ถ๐Ÿป๐Ÿ“ฒ๐Ÿ‘ถ๐Ÿป

Hai Sobat, semoga sehat dan selalu semangat! ๐Ÿ˜€

Sob, soal gadget pastinya akrab banget ya dengan dunia remaja. Sambil makan, liat gadget. Abis mandi, ngecek gadget. Mau pergi, update status dulu buka gadget. Mau belajar, ditemani gadget. Tidur pun didamping gadget. Ffiiuuhhhh๐Ÿ˜”

Pernah ngga Sob, kamu merenungi perihal hubunganmu dengan gadget? Seberapa intens dan sekuat apa keinginan untuk selalu ber-gadget yang kamu rasakan? Adakah perubahan yang terjadi antara sebelum dan setelah kamu intens ber-gadget?

*Dampak Negatif Media dan Paparan Konten Media*

_Hei Sob, kalau kita coba sadari, gadget itu ibarat pisau, bisa bermanfaat tapi bisa juga berbahaya, tergantung dari bagaimana kita menggunakannya._

Sebuah studi di Korea meneliti tentang psychological well being (PWB) aliyas kesejahteraan psikologis dan kaitannya dengan penggunaan gadget (online social networking) pada remaja Korea. Analisis menunjukkan adanya hubungan antara online social networking dengan kondisi psikologis murid-murid di Korea, yang diukur dari masalah-masalah mental yang dialami dan ide/ pikiran tentang bunuh diri.

Media mempengaruhi remaja dengan membentuk perilaku dan nilai/keyakinan melalui proses adaptasi dan imitasi (meniru). Sebagai contoh, paparan video game yang menampilkan kekerasan cenderung mendorong perilaku maupun pikiran agresif anak baik secara jangka pendek maupun jangka panjang.

*Faktanya*, penelitian menunjukkan bahwa konten kekerasan dan media interaktif secara signifikan mendorong munculnya perilaku anti sosial dan kecenderungan perilaku agresif pada remaja. Paparan media juga ditemukan berkaitan dengan pembentukan persepsi negative tentang diri dan penyalahgunaan zat. Komunikasi  via online seringkali menjadi sarana bullying yang cenderung berulang. Sering menggunakan situs jejaring sosial dikaitkan dengan fungsi psikologis yang buruk di antara anak-anak dan remaja; kecemasan, kepribadian, kesehatan mental.

_Gimana Sob? Adakah masalah-masalah tersebut kamu temukan dalam kehidupanmu? Tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki keadaan, membangun harapan untuk masa depan._

*Manfaat Positif Penggunaan Gadget*

Sebaliknya, penelitian lain menunjukkan manfaat dan dampak positif dari penggunaan media elektronik. Penelitian menunjukkan bahwa jenis media tertentu dapat menghasilkan perilaku positif atau pro-sosial di kalangan remaja dan bahwa sosialisasi online, dalam kondisi tertentu, dapat bermanfaat bagi mereka.

Penggunaan media online juga dapat memperluas jaringan sosial pengguna, memperkuat hubungan sosial mereka dan membantu menyalurkan lebih banyak dukungan sosial.

Mensosialisasikan secara online juga dapat menurunkan perasaan kesepian di antara remaja, sehingga berkontribusi pada kondisi psikologis mereka. Selain itu, situs web media sosial dapat berfungsi untuk mengkompensasi keterampilan sosial peserta yang lemah, dengan memungkinkan mereka memenuhi keinginan mereka untuk interaksi sosial, persahabatan, dan eksplorasi identitas.

*Tips Sehat Ber-Gadget*

1⃣ Buatlah aturan penggunaan gadget dan patuhilah
> Aturan penggunaan gadget meliputi waktu, etika, dan tujuan penggunaannya. Misal, gadget digunakan hanya untuk keperluan mencari materi pelajaran atau berkomunikasi dengan teman sekolah terkait tugas-tugas.

2⃣ Tentukan batas waktu penggunaan gadget
> Pertimbangkan juga masalah kesehatan, seperti misalnya maksimal penggunaan gadget adalah jam 10 malam, setelahnya tubuh perlu istirahat dengan tidur malam.

3⃣ Hindari komunikasi online yang negatif
> Hargai dan hormati dirimu dengan berusaha menghargai dan menghormati orang lain. Tinggalkan pembicaraan online yang merendahkan oranglain ataupun menggunakan kata-kata kasar dan tidak sopan.

4⃣ Utamakan kualitas daripada kuantitas penggunaan gadget
> Meskipun kamu punya jatah 2 jam untuk menggunakan gadget, tapi jika saat itu keperluanmu cukup diselesaikan dengan 1 jam saja, maka cukupkanlah. Kualitas penggunaan gadget ditentukan oleh manfaat yang kamu peroleh, dan pastikan tidak terjebak dalam kesia-siaan.

5⃣ Jagalah privasi
> Hindari menulis status curhat atau yang sangat personal (masalah pribadi/keluarga, menyindir dan menyinggung orang tertentu, dsb). Kalau kamu butuh menuangkan uneg-uneg atau curhat masalah pribadi, tulislah di buku diary atau catatan pribadimu, bukan di media sosial dimana orang lain bisa membaca dan sangat mungkin salah persepsi tentang statusmu.

Baiklah Sobat, sekian jumpa kita kali ini. Please, yuk jadi remaja yang bijak menggunakan gadget!
See you!

Reff :
_The impact of online social networking on adolescent psychological well-being (WB): a population-level analysis of Korean school-aged children_ (http://www.tandfonline.com/)
_10 Strategies to Help Kids Use Smartphones Wisely and Prevent Cyberbullying_ (https://www.huffingtonpost.com)

๐Ÿ‘ถ๐Ÿป๐Ÿ“ฒ๐Ÿ‘ถ๐Ÿป๐Ÿ“ฒ๐Ÿ‘ถ๐Ÿป๐Ÿ“ฒ๐Ÿ‘ถ๐Ÿป๐Ÿ“ฒ๐Ÿ‘ถ๐Ÿป

Dipersembahkan oleh:
www.manis.id

๐Ÿ“ฒSebarkan! Raih pahala

==========☆☆☆==========
Ikuti Kami di:
๐Ÿ“ฑ Telegram : https://is.gd/3RJdM0
๐Ÿ–ฅ Fans Page : https://m.facebook.com/majelismanis/
๐Ÿ“ฎ Twitter : https://twitter.com/majelismanis
๐Ÿ“ธ Instagram : https://www.instagram.com/majelismanis/
๐Ÿ•น Play Store : https://play.google.com/store/apps/details?id=id.manis
๐Ÿ“ฑ Join Grup WA : http://bit.ly/2dg5J0c

0 Response to "Me And Gadget"

Post a Comment

NASEHAT HARI INI