Bertawashul dengan Amalan Sholih Kita


Assalamu'alaikum, ustadz/ustadzah ....
Saya pernah denger cerita,nyata dialami.
seseorang kehilangan sesuatu,lalu beliau merutinkan baca ayat kursi tiap abis solatnya untuk barang yg hilang itu supaya ketemu,alhasil tiba2 keesokan harinya si barang yg hilang ini ketemu. Akhirnya tips ini dia kasih tau ke orang lain.Ini gimana hukumnya ya ust?
Apakah memang ayat kusinya yg berpengaruh atau memang ada kemusyrikan lain?

Jawaban
----------

‌و عليكم السلام و رحمة الله و بركاته

Membaca ayat kursi dan ayat-ayat lain merupakan amal shalih bagi seorang muslim. Dan islam membolehkan kita bertawashul dengan amal shalih kita. Hal ini sebagaimana kisah tentang tiga orang yang terkurung didalam goa lalu mereka meminta kepada Allah swt dengan menyebutkan amal-amal shaleh yang pernah dilakukannya agar dikeluarkan darinya dan doa-doa itu pun dikabulkan oleh-Nya.

Karena itulah Ibnu Mas’ud mengatakan di waktu sahur,
”Wahai Allah Engkau telah memerintahkanku maka aku menaati-Mu dan Engkau telah menyeruku maka aku pun menyambut-Mu. Dan (dengan) sahur ini maka ampunkanlah (dosa) ku.”

Hadits Ibnu Umar yang mengatakan di bukit Shafa,”Wahai Allah sesungguhnya Engkau pernah mengatakan dan perkataan-Mu adalah benar,”Berdoalah kepada-Ku (maka) Aku kabulkan (doa) mu.’ Dan sesungguhnya Engkau tidaklah menyalahi janji.” Kemudian dia menyebutkan doa yang ma’ruf dari Ibnu Umar… (Majmu al Fatawa

Dan tidak ada pelarangan terhadap seseorang untuk meminta kepada Allah swt berbagai permintaan yang dikehendakinya baik terkait dengan urusan-urusan dunia maupun akherat melalui berdoa dengan perantara suatu amal shaleh yang paling afdhal yang pernah dilakukannya. Firman Allah ﷻ

رَبَّنَا آمَنَّا بِمَا أَنزَلَتْ وَاتَّبَعْنَا الرَّسُولَ فَاكْتُبْنَا مَعَ الشَّاهِدِينَ

Artinya : “Ya Tuhan kami, kami Telah beriman kepada apa yang Telah Engkau turunkan dan Telah kami ikuti rasul, Karena itu masukanlah kami ke dalam golongan orang-orang yang menjadi saksi (tentang keesaan Allah)”. (QS. Al Imron : 53)

Wallahu a'lam.

🌿🌺🍂🍀🌼🍄🌷🍁

Dipersembahkan oleh: manis.id

📲Sebarkan! Raih pahala
====================
Ikuti Kami di:
📱 Telegram: @majelismanis
🖥 Fans Page: @majelismanis
📮 Twitter: @majelismanis
📸 Instagram: @majelismanis
🕹 Play Store
📱 Join Grup WA

0 Response to "Bertawashul dengan Amalan Sholih Kita"

Post a Comment