YANG KAMU PERLU TAU TENTANG OTAKMU

๐Ÿ MFT (MANIS For Teens)

๐Ÿ“† Jumat, 30 Muharram 1439H/ 20 Oktober 2017

๐Ÿ“• PSIKOLOGI

๐Ÿ“ Bu Dina Farihani S. Psi.

๐Ÿ“– *YANG KAMU PERLU TAU TENTANG OTAKMU*

==========☆☆☆==========
๐Ÿ’ฆ๐ŸŒˆ๐Ÿ’ฆ๐ŸŒˆ๐Ÿ’ฆ๐ŸŒˆ๐Ÿ’ฆ๐ŸŒˆ๐Ÿ’ฆ

_Assalaamu’alaikum_ Sobat MFT,
Semoga selalu semangat dalam taat ๐Ÿ˜ƒ✊๐Ÿป

Pada kesempatan kali ini kita akan bahas tentang perkembangan otak remaja. _Apa saja yang kamu perlu tau tentang perkembangan otakmu?_ Simak yang berikut ini ya !

1⃣ *_Your brain is changing. But you have enormous capacity to influence those changes_*
Otakmu Berubah, tapi Kamu Punya Kemampuan yang Besar untuk Mempengaruhi Perubahannya.
〰〰〰〰〰
Otak berkembang menjadi lebih efisien, lebih kuat dan meningkat potensinya, tapi kamu perlu panduan yang tepat untuk dapat mengembangkannya dengan optimal. Dengan banyak pengalaman dan mempelajari hal-hal baru, neuron-neuron otak semakin banyak yang terhubung. Sel-sel otak akan menguat bila sering digunakan. Keterampilan dan kemampuan yang dipelajari pada masa remaja akan semakin meningkat dan berkembang.

2⃣ *_Your brain is like a high-performance sports car but your brakes aren’t ready yet_*
Otakmu seperti mobil sport berkekuatan tinggi, tapi rem-nya belum siap.
〰〰〰〰〰
Otak berkembang dimulai dari bagian belakang, kemudian bagian otak depan. Bagian otak yang pertama kali berkembang adalah amigdala—yang berperan dalam kemampuan bertahan hidup; insting, reaksi agresif, dan emosi. Sedangkan kemampuan pengambilan keputusan merupakan peran otak bagian depan-- *pre frontal cortex*, bagian inilah yang berfungsi sebagai “rem”—kemampuan kontrol diri, logika, dan tanggungjawab terhadap konsekuensi.

Pada usia remaja, otak depan ini belum berkembang sempurna, sehingga seringkali sikap dan cara remaja merespon suatu masalah lebih dipengaruhi oleh dorongan otak belakang yang cenderung reaksioner dan emosional.

3⃣ *_Your brain is like an open window. Expose it to good and it will thrive. Expose it to bad and that window will slam shut_*
Otakmu seperti jendela yang terbuka. Paparkan pada hal positif maka akan berkembang, paparkan pada hal negatif maka akan terhambat.
〰〰〰〰〰
Otakmu akan sangat dipengaruhi oleh paparan yang diberikan, apakah positif atau negatif. Paparan yang positif seperti aktifitas belajar, menuntut ilmu, berorganisasi, akan mendorong perkembangan otak secara optimal. Paparan negatif seperti pornografi, game dan penggunaan gadget berlebihan, akan menghambat bahkan merusak otak sehingga tidak berkembang kemampuannya.

4⃣ *_You might want to push against the norm or take risks_*
Kamu mungkin mulai berpikir kritis terhadap norma dan aturan yang berlaku.
〰〰〰〰〰
Otak remaja cenderung terbuka dengan pemikiran-pemikiran baru, mudah menerima ide/hal baru, dan mempertanyakan hal-hal yang sebelumnya ditanamkan oleh orangtua maupun lingkungan sekitar.  Dorongan untuk mencoba hal baru, tantangan dan petualangan adalah hal penting yang perlu disalurkan dengan tepat. Berusahalah untuk tetap mempertimbangkan positif dan negatif dari suatu aktifitas, pikirkan risiko terburuknya, sehingga kamu dapat dengan tepat memilih petualangan dan tantangan yang bukan sekedar seru, tapi bermanfaat dan aman baik bagi dirimu maupun oranglain di sekitarmu.

5⃣ *_You will worry more about what people might be thinking of you_*
Kamu mulai mengkhawatirkan apa yang orang pikirkan tentang dirimu.
〰〰〰〰〰
Salah satu ciri khas yang berkembang pada remaja yaitu kecenderungannya untuk memikirkan apa yang orang lain pikirkan tentang dirinya, bagaimana oranglain memandang atau menilainya, dan apakah ia diterima atau ditolak oleh lingkungannya.
Ini hal yang wajar dan menjadi bekal bagi remaja untuk mempersiapkan dirinya menjalankan peran-peran sosial di masyarakat. Untuk dapat mengemban amanah tentu perlu kepekaan dan kemampuan menempatkan diri secara tepat. Latihlah dengan belajar berorganisasi, bekerjasama, dan kembangkan keterampilan komunikasi dengan oranglain.

Nah, Sobat. Demikian pembahasan kita hari ini, _and see you next time_.

Wassalaamu'alaikum warahmatullah wabarakaatuh

*Reff : http://www.heysigmund.com

๐Ÿ’ฆ๐ŸŒˆ๐Ÿ’ฆ๐ŸŒˆ๐Ÿ’ฆ๐ŸŒˆ๐Ÿ’ฆ๐ŸŒˆ๐Ÿ’ฆ

Dipersembahkan oleh:
www.manis.id

๐Ÿ“ฒSebarkan! Raih pahala

==========☆☆☆==========
Ikuti Kami di:
๐Ÿ“ฑ Telegram : https://is.gd/3RJdM0
๐Ÿ–ฅ Fans Page : https://m.facebook.com/majelismanis/
๐Ÿ“ฎ Twitter : https://twitter.com/majelismanis
๐Ÿ“ธ Instagram : https://www.instagram.com/majelismanis/
๐Ÿ•น Play Store : https://play.google.com/store/apps/details?id=id.manis
๐Ÿ“ฑ Join Grup WA : http://bit.ly/2dg5J0c

0 Response to "YANG KAMU PERLU TAU TENTANG OTAKMU"

Post a Comment

NASEHAT HARI INI