Tiga Belas Tahun itu Pendek!​





Ketika balatentara Italia menginvasi Libya, status negeri ini masih merupakan wilayah kekhilafahan Turki Utsmani. Karena lemahnya kekuatan militer, terutama angkatan laut, maka İstanbul hanya dapat menyelundupkan senjata bagi para pejuang Muslimin dari Suku Sanussi.

Salah seorang panglima perang mereka yang terkenal adalah Umar (Omar) Mukhtar yang perjuangannya pernah diangkat menjadi sebuah film layar lebar berjudul Lion of the Desert (1981) yang diperankan oleh Anthony Queen.

Sekumpulan perwira menengah Turki Utsmani juga merelawankan dirinya untuk berangkat mengawal bala bantuan ini agar sampai kepada para pejuang Muslimin tersebut.

Tersebutlah seorang kapten Yüzbaşı (يوزباشي) senior bernama Mustafa Kemal dalam rombongan itu. Mustafa baru saja mendapatkan penurunan pangkat akibat kritik terbuka kepada atasannya di Korps XV. Kekecewaan yang cukup mendalam mendorongnya untuk menjadi relawan ke pedalaman Libya meninggalkan politik angkatan bersenjata Turki Utsmani. Tidak semua relawan itu ternyata tulus dalam perjuangannya.

​Kapten Mustafa Kemal ini kelak bersinar kembali karirnya, bahkan naik mendapat gelar Atatürk sebagai kepala negara Republik Turki. Dia pula yang ​menghapus kekhilafahan Turki Utsmani​, 13 tahun kemudian.​

Foto: inspeksi kesatuan sukarelawan (gönüllüler) dari Suku Senussi di pedalaman Tripoli (Tarabulus), Libya, 1911, AND.

Agung Waspodo, mengevaluasi kembali jiwa kerelawanannya.

Depok, 2 Oktober 2017

🌿🌺🍂🍀🌼🍄🌷🍁

Dipersembahkan oleh: manis.id

📲Sebarkan! Raih pahala
====================
Ikuti Kami di:
📱 Telegram: @majelismanis
🖥 Fans Page: @majelismanis
📮 Twitter: @majelismanis
📸 Instagram: @majelismanis
🕹 Play Store
📱 Join Grup WA

0 Response to "Tiga Belas Tahun itu Pendek!​"

Post a Comment

NASEHAT HARI INI