Sukses Atasi Masalah Tanpa Keluh Kesah

๐Ÿ MFT (MANIS For Teens)

๐Ÿ“† Jum'at, 15 Dzulhijjah 1438 H / 8 September 2017

๐Ÿ“• Psikologi

๐Ÿ“ Bu Dina Farihani S.Psi

๐Ÿ“– *Sukses Atasi Masalah Tanpa Keluh Kesah*
~~~~~~~~~~~~~~~~~~
๐Ÿ’๐Ÿ“•๐Ÿ’๐Ÿ“•๐Ÿ’๐Ÿ“•๐Ÿ’๐Ÿ“•๐Ÿ’

Assalaamu’alaikum, Sahabat Muda! Jumpa lagi dengan sesi psikologi di grup MFT.

Guys.. tahu gak sih? setiap kita pasti mengalami masalah, entah itu berkaitan dengan urusan sekolah, rumah, ataupun ibadah.

"Masalah" seperti sebuah paket yang otomatis menempel pada diri setiap manusia, sebagaimana "potensi" yang secara alami Allah karuniakan juga untuk kita. Suka atau tidak suka, masalah akan terus ada. Bahkan, ketika kita ingin melakukan riset atau penelitian, wajib bagi kita untuk punya 'masalah', yang justru menjadi alasan utama dilakukannya sebuah penelitian.

'Masalah' akan menjadi 'berkah' jika kita menyikapi dan mengatasinya dengan tepat. Sebaliknya, 'masalah' akan menjadi 'musibah' ketika kita merespon dengan cara yang salah. Nah, bagaimana sikap yang tepat ketika kita mengalami masalah???
Yuk kita simak yang berikut ini.

Tips Sukses Menghadapi Masalah

1⃣ Hadapi
Ya, hadapi aja dlu pokoknya. Nggak perlu nyari-nyari alasan untuk lari. Apalagi curiga dan sibuk nyalahin sana-sini karena bisa jadi masalah yang muncul akibat ulah kita sendiri.

2⃣ Ambil Hikmahnya
Ini momen penting buat kita, ambil hikmahnya untuk pelajaran di masa depan. Ya, walaupun biasanya kita menyadari setelah peristiwa terjadi.

3⃣Jangan Putus Asa
Ingat! Kegagalan bukanlah akhir dari segalanya. Realistis saja. Ibarat dua sisi mata uang, kalo yang satu sisi adalah kegagalan, maka sisi lainnya adalah keberhasilan. Jadi, masih ada kesempatan untuk mencobanya lagi.

4⃣ Belajar dari Kesalahan
Orang pintar selalu belajar dari kesalahan diri sendiri, sedangkan orang bijak belajar dari kesalahan orang lain. Sooo, share with your beloved people spy kita juga bisa belajar dr kesalahan orang lain sehingga ketika bertemu masalah yg sama kita udh tahu bagaimana cara menghadapinya. Yeapyy !

5⃣Cari dan Minta Dukungan Sosial
Ada saatnya dimana kita butuh orang lain, jadi jangan malu untuk bercerita dan meminta pendapat orang lain.

6⃣ Tumbuhkan Rasa Percaya Diri
Ingalah bahwa Allah menciptakan manusia dg 'kelebihannya' masing2. Everyone is unique daaaann bukankah setiap masalah sepaket dengan jalan keluarnya?? *Belive Your Self*

7⃣ Baca Biografi Orang yg Sukses
Kamu bisa baca kisah para sahabat Nabi SAW, ataupun kisah orang-orang sukses masa kini. Biasanya, kita jadi ketularan semangat setelah membaca kisah-kisah tersebut. Just try that guys 

8⃣ Bersabar~
Kesabaran akan membuat kita lebih bijak menerima masalah. Nggak akan berharap terlalu tinggi dan kalo kebetulan kecewa nggak bakalan berlarut-larut. Kesabaran pun akan membuat kita lebih tahan goncangan dan tekanan, sehingga kita masih bisa berpikir positif dalam hal apa pun.

Oke Guys, beberapa tips diatas tidak akan bermanfaat jika sekedar menjadi pengetahuan yang kita simpan. *Let's practice !*

"Maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan,
Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan."
(Q.S. Al Insyirah 5-6)
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
๐ŸŒผ๐ŸŒฟ๐Ÿ๐ŸŒฟ๐ŸŒผ๐ŸŒฟ๐Ÿ๐ŸŒฟ๐ŸŒผ

Dipersembahkan oleh:
www.manis.id

๐Ÿ“ฒSebarkan! Raih pahala
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Ikuti Kami di:
๐Ÿ“ฑ Telegram : https://is.gd/3RJdM0
๐Ÿ–ฅ Fans Page : https://m.facebook.com/majelismanis/
๐Ÿ“ฎ Twitter : https://twitter.com/majelismanis
๐Ÿ“ธ Instagram : https://www.instagram.com/majelismanis/
๐Ÿ•น Play Store : https://play.google.com/store/apps/details?id=id.manis
๐Ÿ“ฑ Join Grup WA : http://bit.ly/2dg5J0c