Sepulang Haji Doakan Saudaramu​

Syaikhul Islam, Imam Zakariya Al Anshari Rahimahullah berkata:

وَيُنْدَبُ لِلْحَاجِّ الدُّعَاءُ لِغَيْرِهِ بِالْمَغْفِرَةِ وَإِنْ لَمْ يَسْأَلْهُ وَلِغَيْرِهِ سُؤَالُهُ الدُّعَاءَ بِهَا وَفِي الْحَدِيثِ «إذَا لَقِيت الْحَاجَّ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ وَصَافِحْهُ وَمُرْهُ أَنْ يَدْعُوَ لَك فَإِنَّهُ مَغْفُورٌ لَهُ» قَالَ الْعَلَّامَةُ الْمُنَاوِيُّ ظَاهِرُهُ أَنَّ طَلَبَ الِاسْتِغْفَارِ مِنْهُ مُؤَقَّتٌ بِمَا قَبْلَ الدُّخُولِ فَإِنْ دَخَلَ فَاتَ لَكِنْ ذَكَرَ بَعْضُهُمْ أَنَّهُ يَمْتَدُّ أَرْبَعِينَ يَوْمًا مِنْ مَقْدِمِهِ وَفِي الْإِحْيَاءِ عَنْ عُمَرَ - رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ - أَنَّ ذَلِكَ يَمْتَدُّ بَقِيَّةَ الْحِجَّةِ وَالْمُحَرَّمِ وَصَفَرٍ وَعِشْرِينَ يَوْمًا مِنْ رَبِيعٍ الْأَوَّلِ 

Dianjurkan bagi orang yang haji (sepulangnya) mendoakan orang lain dengan ampunan walau orang tersebut tidak memintanya dan memintanya untuk mendoakan seperti itu.

📌Hal ini berdasarkan hadits: "Jika engkau berjumpa dengan orang yang haji maka ucapkanlah salam kepadanya dan jabatlah tangannya, dan perintahkanlah dia untuk mendoakanmu karena dia telah diampuni." 1)

Al 'Allamah Al Munawi mengatakan bahwa secara zhahir permohonan doa ampunan kepada orang yang haji adalah sementara saja selama dia belum melakukan jima', jika si haji itu sudah jima' maka telah habis waktunya.

Tapi, sebagian ulama mengatakan bahwa itu berlangsung sampai 40 hari dari sejak kepulangannya dari haji.

Dalam Al Ihya, disebutkan dari Umar Radhiyallahu 'Anhu, bahwa itu tetap berlaku sampai Muharram, Shafar, dan 20 hari Rabi'ul Awwal.

📚 Lihat kitab:

- Hasyiyah Al Jamal 'ala Syarhil Minhaj, 2/554

- Hasyiyah Al Qalyubi wa 'Amirah, 2/190

- Hasyiyah Al Bujairimi 'alal Khatib, 2/420

📌 Catatan:

[1] Hadits yang disebutkan oleh Imam Zakariya Al Anshari, didhaifkan oleh umumnya ulama seperti Imam Ibnu Rajab dan Imam Al Haitsami. Sementara Imam Al Munawi menandakannya sebagai hadits Hasan. Wallahu a'lam

0 Response to "Sepulang Haji Doakan Saudaramu​"

Post a Comment