BUKTI-BUKTI KEBERADAAN ALLAH SWT (3)

๐Ÿ MFT (MANIS For Teens)

๐Ÿ“† Senin, 06 Dzulhijjah 1438H/ 28 Agustus 2017

๐Ÿ“• AQIDAH

๐Ÿ“ Ustadzah Prima Eyza

๐Ÿ“–
ุงู„ْุฃَ ุฏِ ู„َّุฉُ ุนَู„َู‰ ูˆُุฌُูˆْุฏِ ุงู„ู„ู‡ِ

BUKTI-BUKTI KEBERADAAN ALLAH SWT
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
๐ŸŒธ๐Ÿƒ๐ŸŒธ๐Ÿƒ๐ŸŒธ๐Ÿƒ๐ŸŒธ๐Ÿƒ๐ŸŒธ

Assalaamu'alaikum wr.wb.

Apa kabar adik-adik ?  Mudah-mudahan senantiasa dalam kebaikan iman dan Islam, dalam limpahan kenikmatan dan rahmat Allah SWT, serta dalam semangat dan kesungguhan di jalan Allah SWT... Aamiin..
Mari kita lanjutkan kembali pembahasan kita tentang Bukti-Bukti Keberadaan Allah SWT yang pada pembahasan lalu kita telah mengkaji bukti keberadaan Allah SWT yang kedua yaitu bukti inderawi (ุงู„ุฏَّู„ِูŠْู„ُ ุงู„ْุญِุณِูŠُّ).
Sekarang mari kita lanjutkan pembahasan pada bukti yang ketiga, yaitu bukti akal (ุงู„ุฏَّู„ِูŠْู„ُ ุงู„ْุนَู‚ْู„ِูŠُّ).

ูฃ. ุงู„ุฏَّู„ِูŠْู„ُ ุงู„ْุนَู‚ْู„ِูŠُّ

(Bukti Akal)

▪ Penggunaan Akal

Islam mengajari kita tentang identitas Pencipta yang keberadaan-Nya kita temukan dan buktikan pula melalui akal kita. Melalui ajaran Islam yang diungkapkan kepada kita, kita memahami bahwa Dia-lah Allah, Maha Pengasih dan Maha Pemurah, Yang Menciptakan langit dan bumi yang sebelumnya berawal dari kehampaan. Meskipun kebanyakan manusia tidak menyadari dan tidak mengetahui hal itu.
Kebanyakan manusia itu, apabila mereka memandang lukisan pajangan saja misalnya, maka mereka menjadi takjub kepada pelukisnya. Lalu, mereka memuji-muji senimannya panjang-lebar perihal keindahan karya seninya. Padahal pada kenyataannya, mereka bahkan menghadapi begitu banyak keaslian yang menggambarkan keindahan hal itu di sekeliling mereka. Namun masih banyak saja manusia yang tidak mengakui keberadaan Allah SWT dan tidak beriman kepada-Nya, yang merupakan Satu-Satunya Pencipta dan Pemilik keindahan-keindahan alam semesta raya ini.

▪ Pikirkan...

Sejenak, lihatlah di sekeliling kita dari tempat duduk kita. Maka kita akan dapati bahwa segala sesuatu di ruang ini adalah “buatan”; dindingnya buatan, pelapisnya juga buatan, begitu pula dengan atapnya, kursi tempat kita duduk , gelas di atas meja dan pernak-pernik lain yang tak terhitung jumlahnya. Semuanya adalah buatan; dibuat, dan ada pembuatnya. Tidak ada satu pun yang berada di ruang di sekitar kita ini yang mereka tercipta dengan sendirinya; tercipta dengan kehendak mereka sendiri. Bahkan sebuah tikar sederhana pun pastilah dibuat oleh seseorang; tikar tersebut tentulah tidak muncul dengan spontan, tiba-tiba langsung ada atau secara kebetulan. Pun seseorang yang hendak membaca buku misalnya, pastilah ia mengetahui bahwa buku tersebut ditulis oleh pengarangnya karena alasan tertentu. Pastilah tak pernah terpikir olehnya bahwa buku itu muncul dengan sendirinya secara kebetulan.
Maka apatah lagi bumi, langit; seluruh alam semesta yang kompleks ini. Tentulah ia tidak ada dengan sendirinya; tidak terjadi secara kebetulan. Pastilah ada Yang Menciptakan seluruh alam semesta ini. Ialah Allah Azza wa Jalla, Sang Khaliq. Satu-Satunya Pencipta alam raya; bumi, langit, beserta segala isinya.

▪ Kehidupan di Setiap Milimeter

Begitu pula jika kita merenung panjang tentang hal yang paling dekat yakni diri kita sendiri. Tubuh manusia ini menyediakan begitu banyak bukti tentang keberadaan Allah Ta’ala yang mungkin tidak terdapat dalam berjilid-jilid ensiklopedi. Bahkan hanya dengan berpikir beberapa menit saja mengenai itu semua, itu sudah cukup memadai bagi kita untuk memahami dan meyakini tentang keberadaan Allah SWT dan mengimani-Nya dengan keyakinan yang sempurna.
Seluruh tatanan yang ada dalam tubuh manusia ini dilindungi, diatur dan dipelihara oleh Allah SWT. Dan tubuh manusia bukanlah satu-satunya bahan pemikiran. Sebab kehidupan itu ada di setiap milimeter bidang di bumi ini, baik itu yang bisa diamati oleh manusia maupun yang tidak bisa dideteksi oleh manusia. Dunia beserta segala isinya ini mengandung begitu banyak makhluk, dari organisme uniseluler hingga tanaman, dari serangga hingga binatang laut, dan dari burung yang terbang di udara, binatang melata, hingga manusia. Juga gunung, laut, lembah, sungai, langit, bintang, bulan, dan yang lainnya.
Atau cobalah jika kita menjumput segenggam tanah saja misalnya, pandangilah dan renungkanlah, di segenggam tanah ini pun kita bisa menemukan banyak makhluk hidup dengan karakteristik yang berlainan. Atau misalnya kita memperhatikan kulit kita sendiri, di sini pun terdapat banyak makhluk hidup yang namanya tidak kita kenal. Atau merenungkan isi perut semua makhluk hidup yang di sana terdapat jutaan bakteri atau organisme uniseluler yang membantu pencernaan.
Allaahu Akbar....Allah Maha Besar dengan segala penciptaan dan kuasa-Nya.

▪ Berjalan dengan kesadaran

Semua bukti-bukti diatas mengarahkan kita kepada suatu kesimpulan bahwa alam semesta ini semuanya berjalan dengan “kesadaran” (consciousness) tertentu. Semuanya berjalan dengan pengaturan tertentu.
Lantas, apa yang menjadi sumber kesadaran dan pengaturan tersebut?
Tentu saja bukan makhluk-makhluk yang terdapat di dalamnya. Sebab tidak ada satu pun makhluk yang sanggup menjaga seluruh keserasian tatanan ini. Maka keberadaan dan keagungan Allah-lah sumbernya, yang keberadaan Allah SWT ini terungkap sendiri melalui bukti-bukti yang tak terhitung di alam semesta.
Maka sebenarnya, tidak ada satu manusia pun di bumi ini yang tidak akan menerima kenyataan atas bukti-bukti keberadaan Allah ini di dalam hati sanubarinya.
Sekalipun demikian, sebagian mereka masih mengingkarinya.
Sebagaimana fiman Allah Taala,

ูˆَุฌَุญَุฏُูˆุง ุจِู‡َุง ูˆَุงุณْุชَูŠْู‚َู†َุชْู‡َุง ุฃَู†ْูُุณُู‡ُู…ْ ุธُู„ْู…ًุง ูˆَุนُู„ُูˆًّุง ۚ   ...

"Dan mereka mengingkari karena zhalim dan angkuh, kendati hati mereka meyakininya. ..."
(QS. An Naml [27] : 14)

Demikianlah, sesungguhnya akal manusia akan membuktikan bahwa Allah Ta'ala itu ada, pasti ada, benar ada, dan nyata ada; dengan pembuktian yang sebenarnya tak terbantahkan.

Wallaahu a'lam bishshowab...
Bersambung...

๐ŸŒธ๐Ÿƒ๐ŸŒธ๐Ÿƒ๐ŸŒธ๐Ÿƒ๐ŸŒธ๐Ÿƒ๐ŸŒธ

Dipersembahkan oleh:
www.manis.id

๐Ÿ“ฒSebarkan! Raih pahala
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Ikuti Kami di:
๐Ÿ“ฑ Telegram : https://is.gd/3RJdM0
๐Ÿ–ฅ Fans Page : https://m.facebook.com/majelismanis/
๐Ÿ“ฎ Twitter : https://twitter.com/majelismanis
๐Ÿ“ธ Instagram : https://www.instagram.com/majelismanis/
๐Ÿ•น Play Store : https://play.google.com/store/apps/details?id=id.manis
๐Ÿ“ฑ Join Grup WA : http://bit.ly/2dg5J0c