Belajar Berhikmah Agar Meruah Berkah

© Mengambil hikmah dari setiap episode yang hadir dalam kehidupan kita merupakan keniscyaan. Lantaran tak sia-sia ketika Allah menetapkan keputusan atas apa saja yang terjadi tanpa terlewat sedikit pun. Semua akan bermakna bila kita bisa mengerti maksud setiap peristiwa.

▪Sejarah pun banyak mengajarkan pada kita tentang banyak hal. Dan dari kisah sejarah kita belajar untuk memperbaiki diri. Namun sayang tak banyak orang yang mampu mengambil pelajaran.

® Ada nilai-nilai tersirat yang ingin disampaikan oleh sejarah. Namun, mereka kebanyakan menganggap bahwa apa yang terjadi hanya menjadi sejarah yang dijadikan monumen kebanggaan.

© Bagi siapa yang di dalam hatinya bersemayam segenggam iman niscaya hikmah meruah akan dirasakan. Banyak pelajaran yang bisa diambil untuk melangkah ke depan. Menapaki kehidupan yang kian hari terasa kian menyesakkan.

▪Karut marutnya dunia membuat kita harus bersiap dengan mental pejuang. Pengorbanan tak sedikit yang harus kita persembahkan untuk sebuh kemuliaan karena itulah sunatullah jika ingin berjumpa dengan Allah swt.

® Hikmah kebaikan yang tiada berkesudahan kala ujian menerpa kehidupan. Semua baik adanya bagi orang yang mengimani takdir. Justru bagi orang yang beriman ujian itu merupakan harta kekayaan yang tiada bernilai. Rasulullah pun mengingatkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi yang isinya,

”Sesungguhnya bagi setiap umat ada ujian dan ujian bagi umatku adalah harta kekayaan.”

© Tak pernah mampu kita menolak ujian bila Allah ingin hadirkan untuk kita. Kadang kita pernah berpikir panjang bahwa ada hikmah di balik setiap ujian. Inilah saat yang tepat Allah sedang mendidik kita. Allah tak hanya akan beri kekuatan namun Allah beri kesulitan agar kita belajar bagaimana menyelesaikannya.

▪ Kala kita lemah saat itulah Allah mendidik kita menjadi kuat dan tangguh. Banyak pelajaran kala kesulitan menerpa. Bila kesulitan demi kesulitan hadir silih berganti, Allah beri kesempatan pada kita untuk berdoa tiada henti. Bila kesulitan datang beruntun sesungguhnya Allah beri kesempatan bagi kita agar senantiasa doa itu terlantun. Dan bila kesulitan tak mampu segera terselesaikan, saatnya kita menyadari bahwa hakikat kehidupan adalah perjuangan dan butuh pengorbanan.

® Allah SWT pasti akan menciptakan kemudahan setelah kesulitan. Tidakkah engkau tahu, sesungguhnya pasti ada keadaan lain yang Allah berikan setelah kesulitan? Allah telah memberi janji dengan firman-Nya itu, dibalik kesulitan, pasti ada jalan keluar yang begitu dekat. Dalam surat Alam Nasyroh, Allah Ta’ala berfirman,

“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (QS. An-Nasyr: 5)

Ayat ini pun diulang setelah itu,

“Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (QS. An-Nasyr: 6)

Wallahu A'lam

0 Response to "Belajar Berhikmah Agar Meruah Berkah"

Post a Comment